6 Mindset Investasi Saham Yang Harus Diterapkan

Terapkan beberapa mindset investasi saham berikut ini, agar bisa sukses ketika investasi saham. Coba terapkan pola pikir positif, sekarang juga!

Mindset Investasi Saham Yang Harus Diterapkan
ilustrasi freepik/@photoroyalty

CEROBOH – Tahukah kamu, bahwa sebesar 80 persen seseorang untuk bisa sukses dalam meraih suatu hal, atau melakukan suatu hal itu dipengaruhi oleh mindset? Sisanya–20 persen–adalah cara dan teknik yang dipraktikkan. Termasuk dalam melakukan suatu investasi.

Buat kamu yang sejak sekarang memiliki niat untuk berinvestasi pada sebuah instrumen, sebaiknya hal pertama yang kamu lakukan sebelum memilih cara dalam melakukan saham adalah perbaiki dulu mindsetmu terkait dengan saham.

Sebab sudah dijelaskan, pengaruh mindset ternyata sebesar 80 persen lho!

Apa saja sih midset yang harus dimiliki oleh

Berikut ini adalah beberapa hal yang penting untuk kamu ketahui, terkait mindset yang perlu ditanamkan dalam pikiranmu agar kamu sukses dalam berinvestasi saham:

Tanamkan Komitmen Kuat

Mindset Investor Dalam Berinvestasi

Mindset investasi saham yang pertama adalah menanamkan komitmen yang kuat.

Orang-orang sukses pernah berkata, jika seseorang ingin mewujudkan sebuah impian menjadi kenyataan, maka satu hal yang perlu ditanamkan adalah kuatkan komitmen yang kuat dalam melakukannya.

Setelah komitmen telah tertancap kuat, hal selanjutnya adalah konsisten dalam mempraktikannya.

Orang sukses tak peduli dirinya sedang dalam keadaan baik-baik saja atau sebut saja “sedang tidak mood”, dia akan tetap berpegang kepada komitmennya untuk melakukan.

Kalau dari awal sudah berkomitmen untuk bersaham, ya harus tetap dilakukan. Karena itu adalah sebuah komitmen.

Berani Investasi Artinya Berani Gagal

Mindset Investasi Saham

Mindset selanjutnya yang perlu ditanamkan oleh seseorang yang ingin melakukan saham adalah berani untuk gagal. Memang, ada beberapa orang yang ternyata takut gagal karena dia berkali-kali gagal.

Tapi orang sukses tak pernah takut untuk gagal. Sebab karena kegagalanlah, dia bisa belajar tentang banyak hal.

Jika sebagian orang menganggap bahwa berani menghadapi kegagalan hal yang terdengar aneh, tapi anggaplah kegagalan buat dirimu adalah sebuah sarana untuk melakukan pembelajaran. Jadi, tak perlu takut gagal dalam main saham.

Baca juga: Manfaat Investasi di Asuransi CAR

Positive Thinkinglah Saat Bermain Saham

Bagaimana Membangun Mindset Dalam Investasi Saham

Jika kamu memutuskan untuk berinvestasi dalam dunia saham, sebaiknya sejak itu kamu juga sudah siap untuk menghadapi segala jenis rintangan yang terjal, curam dan berbatu di depan.

Dan menanamkan pikiran positif ke dalam diri adalah salah satu cara agar kamu tenang dalam berinvestasi saham.

Sebab, jika di pikiranmu hanya tertanam mindset-mindset negatif, kamu hanya akan dihantui oleh rasa takut gagal dan tidak akan memperoleh keuntungan dalam memainkan investasi saham.

Jadi, positive thinking adalah hal penting yang perlu kamu tegakkan sejak sekarang!

Jangan Sampai Pantang Menyerah

Mindset Investasi Saham yang Sulit

Mindset investasi saham yang harus diterapkan berikutnya yaitu jangan pernah menyerah. Jika kamu gagal dan gagal lagi, biasanya kamu akan capek dan akhirnya pantang menyerah.

Padahal, jika diingat-ingat lagi usaha keras dari awal dalam berinvestasi saham, semuanya akan sia-sia kalau ternyata kamu memilih menyerah.

Karakter pantang menyerah memang karakter yang sulit untuk ditanamkan dalam diri. Dan ini perlu latihan. Semangat, berinvestasi saham, ya.

Jangan mudah menyerah. Karena kesuksesan akan segera menemukanmu. Coba baca-baca buku motivasi, niscaya kamu akan mikir-mikir lagi untuk menyerah.

Sabar Adalah Kunci

Mindset Penting Agar Sukses Main Saham

Kebanyakan orang gagal dalam melakukan investasi karena mereka tidak sabar dalam melakukannya.

Padahal sabar adalah salah satu kunci dasar untuk meraih kesuksesan. Mulailah dari awal. Sedikit-sedikit. Nanti lama-lama juga akan menjadi bukit.

Jika kamu gagal, sabarlah. Coba introspeksi diri dan mengevaluasi hasil kerja lagi. Mulai lagi dari awal.

Pada waktunya nanti, investasi yang sedang kamu jalankan akan sukses dan menghasilkan banyak keuntungan.

Lihat juga: Tips Finansial dari Profesional

Konsisten Dalam Menjalani

Memiliki Mindset Investasi

Last but not least, mindset selanjutnya dalam meraih kesuksesan untuk memainkan investasi saham adalah dengan konsisten dalam menjalani investasi itu sendiri.

Meski gagal dan merasa udah kerja keras tapi ternyata tak membuahkan hasil, jangan sampai membuat kekonsistenanmu goyang.

Bahwa kekonsistenanmu dalam berinvestasi harus tegak meski banyak sekali aral melintang serta badai yang menerjang.

Itulah 6 mindset investasi saham yang perlu kamu tanamkan dalam dirimu ketika kamu ingin sukses untuk memainkan investasi saham. Ingat, tak ada yang bisa membela asa kita kalau bukan kita sendiri. Selamat berinvestasi!

BERI KOMENTAR