Mindset Penting Dalam Menjalankan Bisnis Online

Sebelum memulai bisnis online, kamu harus memiliki mindset bisnis online . Hal ini menjadi pondasi berfikir untuk menjadi seorang pengusaha.

mindset bisnis online
Mindset Penting Dalam Menjalankan Bisnis Online

Ceroboh.com – Satu hal yang selalu menjadi kendala mereka yang ingin berbisnis online yaitu, mereka selalu terganggu dengan pikiran-pikiran seperti ini:

“Saya tidak bakat jualan online,gimana dong?

“Saya tidak bisa nulis iklan, nih.”

Nanti kalau nggak lagu gimana?

Dan pernyataan-pernyataan bernada inferior lain. Seolah-olah mereka sudah mendahului takdir padahal belum terjadi. Padahal, bisnis yang baik adalah bisnis yang dijalankan dan dipraktikkan. Bukan di angan-angan, apalagi hanya diresahkan.

Oleh karena itu, untuk bisa mulai bisnis jangan mikir yang aneh-aneh terlebih dahulu. Pikirkanlah hal yang seharusnya perlu dipikirkan untuk membangun bisnis. Bukan mengkhawatirkan hal yang belum Anda jalani. Itulah mindset!

Tanpa mindset yang benar, kita mungkin tetap mampu membangun bisnis. Tapi mungkin tidak kokoh dan bertahan lama. Karena suatu bangunan yang kokoh memiliki pondasi yang kokoh juga. Dan mindsetlah pondasi utama dalam berbisnis online. Mau sukses dalam personal branding, store branding, ahli dalam copywriting atau apapun, tetap, yang paling penting adalah mindsetnya.

Seperti yang disampaikan oleh Tony Robbins, untuk sukses dalam berbisnis, 80% yang berpengaruh adalah psikologis atau mindsetnya. Sedangkan yang 20% adalah tentang strategi atau sistem kerjanya.

Lalu sebenarnya, mindset yang seperti apa sih, yang dibutuhkan pemula untuk membangun bisnisnya?

Berikut ini mindset bisnis online yang harus kamu miliki:

1. PASSION

Pernahkah Anda mendengar orang berkata seperti ini,

“Pekerjaan terbaik adalah hobi yang dibayar.

Ya! Cobalah lakukan itu. Temukan passionmu!

Tanpa sebuah paksaan, tentu kita akan lebih senang jika kita melakukan sesuatu hal yang kita cintai bukan? Dan kita akan lebih betah berlama-lama melakukannya meskipun belum tentu dibayar atau hasilnya masih minim.

Melakukan apa yang kita senangi akan membuat kita tahan banting dan tetap bertahan saat bisnis kita nanti menurun. Maka, pertama, tentukanlah terlebih dahulu hal apa yang kita sukai dan konsistenlah dalam melakukan hal tersebut.

Baca juga: Strategi Digital Marketing

2. POSITIVE THINKING

Berfikir positif merupakan langkah awal untuk membentuk rasa percaya diri. Dan kepercayaan diri itu diperlukan untuk membangun usaha. Karena kepercayaan diri yang kuat juga mampu membuat usaha yang dijalani tetap bertahan walau menghadapi berbagai tantangan di dunia bisnis online.

Untuk membentuk sikap berfikir positif ini, mulailah dengan fokus pada diri sendiri dan tujuan awal. Katakan pada diri sendiri, “We can do it!”. Dan tidak akan mudah menyerah sampai tujuan dan mimpi tersebut tercapai.

3. DO THE BEST

Selain bekerja keras, ada hal yang juga sama pentingnya untuk membangun pondasi bisnis online, yaitu lakukanlah yang terbaik. Semua orang mampu bekerja keras, tapi belum tentu mampu melaksanakan yang maksimal dan melakukan yang terbaik.

Melakukan yang terbaik di sini dapat diartikan sebagai bekerja keras dengan sepenuh hati untuk mencapai tujuan. Karena tujuannya adalah membangun bisnis online. Maka lakukanlah hal yang bisa menunjang tujuan tersebut dengan maksimal. Misalnya melayani pelanggan dengan baik dan lakukanlah yang terbaik untuk pelanggan.

4. INVESTATION

Investasi adalah hal yang juga sama pentingnya dengan modal bisnis lainnya. Maka berinvestasilah untuk diri sendiri. Ingat! Investasi yang berhubungan dengan tujuan membangun bisnis online, ya. Terutama investasi leher ke atas alias otak kita.

Perbanyaklah belajar ilmu bisnis! Investasikan sebagian profit untuk terus memperkaya diri dengan ilmu. Jangan malas ikut seminar bisnis gratis maupun berbayar, offlinemaupunonline.

Percayalah, penghasilan terkadang berbanding lurus dengan ilmu yang didapat.

Baca juga: Kesalahan Fatal Berjualan di Facebook

5. FOCUS

Apapun jalan bisnis yang akan ditempuh, semuanya akan gagal jika tidak mampu fokus pada tujuan awal. Pilihlah hal yang sekiranya perlu diprioritaskan dan hal-hal yang sebaiknya diabaikan. Jangan lakukan semua hal yang ingin dilakukan dan membuang-buang waktu.

Ingat! Ada bisnis yang perlu dibangun. Bukan untuk jangka pendek semata, tapi juga jangka panjang. Dan semua hal tidak bisa instan. Sehingga perlu perjuangan untuk memprioritaskan hal-hal yang memang perlu untuk diprioritaskan.

6. COMMITMENT

Komitmen atau konsisten merupakan permasalahan yang sering dijumpai oleh mereka yang tidak memiliki mindset yang kuat. Mereka hanya menginginkan hal instan dan langsung memiliki profit besar dengan sekali closing. Kemudian jika tidak terpenuhi, maka akan mudah goyah dengan godaan dan rintangan di dunia bisnis online.

Maka pastikanlah memiliki komitmen yang besar sebelum terjun ke dunia bisnis online. Kemudian konsistenlah dalam membangunnya. Misal anda dalam sehari posting tiga kali, lakukanlah secara konsisten. Mereka yang memiliki komitmen kuatlah yang akan mencapai tujuan di jalan yang tepat.

7. BENEFIT

Hal yang sering dilupakan oleh para pemula adalah mereka lupa kalau produk mereka hadir untuk membantu orang lain. Pernahkah mendengar kata, “Membantu orang dahulu, dibantu Allah kemudian.”

Bukan sekadar membantu saja, tapi cobalah membantu dengan sebenar-benarnya dengan harapan bukan hanya satu orang yang terbantu, tapi ribuan bahkan semua orang.

Itulah yang seharusnya dilakukan, ubahlah mindset bahwa kita jualan adalah untuk membantu orang lain. Lupakanlah perihal hanya sekedar jualan. Fokuslah membantu dan memberikan manfaat dengan produk yang dijual.

Mindset bisnis online yang benar memang diperlukan untuk membangun bisnis online. Tapi mindset tanpa actionbagaikan pohon tak berbuah. Sia-sia! Maka mulai sekarang, biasakan praktik setiap mendapatkan ilmu, pengalaman atau apapun yang dianggap penting bagi keberlangsungan bisnis.(*ds)

Artikel lain: Cara Meningkatkan Penjualan di Facebook Ads