Modal Usaha Nasi Goreng, Inilah Perhitungannya

Bagi yang ingin memulai usaha nasi goreng, mungkin bertanya-tanya berapa sih modal usaha nasi goreng? Nah berikut ini perhitungannya!

Modal Usaha Nasi Goreng, Inilah Perhitungannya

CEROBOH – Semenjak bisnis menjadi hal populer, kini banyak masyarakat yang beralih profesi menjadi pebisnis atau pengusaha. Bahkan, ada beberapa orang yang sengaja resign dari kantor tempatnya bekerja. Dan beralih membuka bisnis dari nol. 

Tak sedikit dari mereka yang kemudian memutuskan memilih bisnis bidang kuliner untuk digeluti. Pasalnya, bisnis satu ini adalah bisnis yang tak ada matinya. Namanya manusia, pasti butuh makan dong.

Menghitung Modal Usaha Nasi Goreng

Nah, salah satu bisnis kuliner yang kini semakin berkembang dan berpeluang tinggi. Baik di kota atau pun di desa adalah bisnis nasi goreng. Kita tahu sekali.

Bahwa nasi goreng adalah makanan segala jenis kalangan. Mulai dari kalangan anak-anak, kalangan remaja milenial bahkan kalangan para orang tua. Semua doyan dengan nasi goreng.

Kalau kamu sore-sore sedang berjalan-jalan, atau pulang kerja mungkin. Nah, di sepanjang jalan itu kamu pasti akan menemukan banyak sekali penjual nasi goreng.

Baik nasi goreng yang memanfaatkan gerobak. Atau nasi goreng di restoran dan kafe-kafe. Memang tak bisa dipungkiri, nasi goreng menjadi makanan sejuta umat deh pokoknya! 

Bicara tentang bisnis usaha, tentu tak jauh-jauh pembahasannya dari modal. Apalagi ini adalah bisnis kuliner lokal. Bukan bisnis fashion atau mainan anak.

Baca juga: Tips Usaha Nasi Goreng Agar Laris

Lalu pertanyaannya, bagaimana sih, modal perhitungan nasi goreng agar untung? 

Berikut ini adalah modal usaha nasi goreng yang bisa kamu jadikan gambaran ketika kamu ingin berbisnis kuliner lokal satu ini:

Modal Awal Peralatan Bisnis Nasi Goreng:

DeskripsiJumlah
Gerobak nasi gorengRp. 2.000.000,-
Kompor dua tungkuRp. 250.000,-
Gas Elpiji 12 kgRp. 500.000
Wajan dan sutilRp. 300.000,-
Meja dan kursiRp. 2.000. 000
PiringRp. 300.000,-
GelasRp. 300.000,-
Sendok dan garpuRp. 200.000,-

Perhitungan tersebut adalah perhitungan kasar modal awal, ya. Dan perhitungan ini buat kamu yang memanfaatkan tempatmu sendiri untuk berdagang. Jadi tidak ada biaya sewa. 

Nah, sekarang setelah menghitung modal awal, mari kita hitung biaya operasional hariannya. Yuk simak langsung rincian modal biaya operasional bisnis nasi goreng:

Modal Biaya Operasional Nasi Goreng

DeskripsiJumlah
Beras 5 kg50.000
Daging kambing 1 kg130.000
Daging ayam 1 ekor30.000
Sawi 1 kg10.000
Bakso 2 kg100.000
Minyak goreng 2 liter25.000
Kol 1 kg10.000
Kerupuk 1 bal70.000
Bumbu untuk menggoreng150.000
Kecap25.000

Pelajari juga: Peluang Usaha Nasi Goreng

Demikian estimasi perhitungan kasar untuk biaya operasional harian bisnis nasi goreng. Bisa jadi biaya di atas akan lebih atau bahkan akan kurang jika ada bahan lain yang dibutuhkan atau malah tak dibutuhkan.

Semoga rincian modal usaha nasi goreng ini membantu memberikan gambaran buat kamu yang berniat ingin membuka bisnis nasi goreng. Selamat berbisnis!

BERI KOMENTAR