7 Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia (Update 2020)

Tahukah Negara mana saja yang memiliki banyak emas? Berikut ini adalah Negara penghasil emas terbesar yang ada di Dunia, coba cek sekarang!

Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia
ilustrasi freepik / @macrovector

CEROBOH – Bagi sebagian besar orang seperti kamu, mungkin negara-negara penghasil emas terbesar di dunia tak terlalu penting atau tak terlalu relevan.

Ini juga dikarenakan faktor harga emas di Indonesia jarang turun. Harganya cenderung stabil.

Padahal kita tahu bahwa jika sudah membahas tentang investasi artinya kita sedang membahas tentang dunia yang cenderung dinamis.

Jika kita sudah menyadari bahwa dunia investasi—termasuk investasi emas adalah dunia yang dinamis, maka mengetahui negara penghasil emas di dunia adalah hal yang sangat penting.

Sebab berkat cadangan emas yang dimiliki negara-negara ini, pemasukan mereka masih tetap besar dan bisa memenuhi kebutuhan negara dengan baik

Jika kamu ingin mengetahui negara penghasil emas terbesar di dunia guna kepentingan investasi jangka panjangmu.

Inilah 7 negara penghasil emas terbesar di dunia, data terbaru:

1. Negara China (450 ton emas per tahun)

Negara Penghasil Emas

Hingga kini, China atau biasa disebut dengan negara Tiongkok, masih menduduki peringkat pertama sebagai negara penghasil emas terbesar di dunia.

Berkat kebijakan pemerintah Tiongkok selama kurang lebih 30 tahun ini, yang kemudian membuat iklim investasi emas di negara Tirai Bambu sangat bagus.

Lalu apa kebijakan itu? Bahwa pemerintah Tiongkok sejak tahun 1990 telah memberikan kebijakan kepada masyarakatnya agar mudah dalam dalam membeli emas.

Jadi, secara otomatis permintaan emas menjadi tinggi—termasuk koin dan emas batangan.

Lihat juga: Penyebab Gelang Emas Putih Mudah Rusak

2. Negara Australia (300 ton emas per tahun)

Negara kedua adalah negara Australia. Jumlah  produksi emasnya telah mencapai 270 ton per tahun. Memang, Negara Kanguru ini telah menemukan emas secara komersial pada tahun 1800-an.

Cadangan emasnya telah mencapai 9800 ton yang berada di sekitar Western Australia, South Australia dan New South Wales. Jadi tak salah Autralia menjadi negara penghasil emas terbesar di dunia kedua setelah China.

3. Negara Rusia (255 ton emas per tahun)

Kalau dibandingkan dengan China dan Ausie, emas dari negara Rusia berbeda dikarenakan ia memiliki sumber daya alami saat memproduksi emas. Jumlah produksi emas per tahunnya mencapai 255 ton, loh.

Untuk cadangan emasnya kini totalnya mencapai 5000 ton. Wilayah pertambangannya antara lain Amur, Irkutsk, Khabarovsk, Krasnoyarsk, Magadan dan Sakha-Yakutia.

4. Negara Amerika Serikat (245 ton emas per tahun)

Posisi ke empat negara terbesar tambang emasnya adalah negara Amerika Serikat. Untuk cadangan emasnya telah mencapai 3000 ton. Meski pada tahun 1700-an negara adidaya ini memiliki tambang emas, tapi tetap kalah dengan China.

Bahkan pada tahun 2014 produksi emas AS menurun sebanyak 8,26 persen dari tahun sebelumnya.

5. Negara Kanada (160 ton emas per tahun)

Negara selanjutnya yang menjadi penghasil emas terbesar adalah negara Kanada. Wilayah Benua Amerika satu ini telah memproduksi sebanyak 160 ton emas per tahunnya. Wilayah pertambangannya berada di Ontario.

Meski menempati negara ke lima, tapi tambang emas di Kanada mengalami kenaikan cukup besar, Yaitu sekitar 29 persen atau dari 124 ton menjadi 160 ton.

Baca juga: Cara Cek Harga Emas

6. Negara Peru (150 ton emas per tahun)

Peru merupakan salah satu negara yang menempati Benua Amerika. Kini, jumlah produksi emas yang ada di negara ini mencapai 150 ton—beda 10 ton dengan negara Kanada.

Cadangan emasnya pun sudah mencapai 2100 ton loh. Sayangnya, produksi emas di Peru pernah mengalami penurunan sekitat 0,7 persen.

7. Negara Afrika Selatan (150 ton emas per tahun)

Hampir sama dengan negara Peru, negara selanjutnya penghasil emas terbesar adalah negara Afrika Selatan. Jumlah produksi emas kedua negara ini mungkin hampir sama. Sekitar 150 ton per tahunnya.

Untuk penurunannya pun hampir sama dengan peru yaitu 6,25 persen per tahun atau sekitar 10 ton emas. Cadangan emas negara Afrika Selatan mencapai 6000 ton.

Selain negara-negara di atas, Indonesia juga penghasil emas juga, loh. Lokasi utamanya berada di Papua—yang termasuk tambang emas terbesar di Indonesia.

Meski memang negara penghasil emas di dunia terdengar tak relevan karena tambang emas di negara kita cenderung stabil, tak ada salahnya mengetahui daftar negara penghasil emas di dunia untuk investasi emas di masa depan.

Artikel lainnya: Cara Wujudkan Indonesia Emas 2045

BERI KOMENTAR