10 Oleh-oleh Khas Banjarmasin Paling Terkenal

Kalo kamu lagi di Banjarmasin jangan lupa beli oleh-oleh khas Banjarmasin yang unik, dan kamu juga bisa beli oleh-oleh berupa makanannya.

Ceroboh.com – Keanekaragaman Indonesia rasanya selalu saja menarik. Jika kita membahas satu persatu, selalu tidak ada habisnya. Kali ini kita akan membahas seputar oleh-oleh khas Banjarmasin. Ada yang tahu apa saja yang bisa dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke kota yang satu ini?

Kota Banjarmasin merupakan ibukota Kalimantan Selatan yang sudah terkenal dengan julukan Kota Seribu Sungai. Tentu saja jika main ke kota ini atau mungkin sekedar lewat, rasanya kurang lengkap jika pulang ke kota asal tapi tidak membawa buah tangan.

Kota yang satu ini memiliki banyak sekali aneka barang dan makanan yang bisa kamu bawa pulang. Tentunya dengan harga yang variatif juga. Ada yang paling murah hingga yang paling mahal.

Tentu saja kamu harus menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Jangan sampai terlalu memaksakan. Yang penting pulang ke rumah membawa oleh-oleh khas Banjarmasin, meski dengan harga yang relatif murah.

Berikut adalah oleh-oleh khas Banjarmasin yang unik dan menarik dikoleksi oleh para wisatawan:

Miniatur Rumah Adat Khas Banjarmasin

Oleh-oleh khas Banjarmasin yang unik, yang bisa kamu bawa pulang adalah Miniatur Rumah Adat. Oleh-oleh yang satu ini sangat unik, karena Miniatur Rumah Adat merupakan replika dari rumah adat asli di Banjarmasin. Di Banjarmasin sendiri masih kental dengan kebudayaan dan adatnya. Sehingga Miniatur Rumah Adat merupakan rekomendasi untuk dijadikan oleh-oleh.

Kayu agatis merupakan bahan baku utama yang sering dijadikan kerajinan miniatur rumah adat khas Banjarmasin. Kayu agatis ini juga merupakan kayu khas Banjarmasin yang dijadikan untuk membuat rumah adat Banjarmasin.

Miniatur ini sangat menarik dan unik kalo dijadikan pajangan di rumah. Jadi jangan sampai kelewat untuk membeli replika rumah adat khas Banjarmasin, ya!

Baca juga : Makanan Khas Sulawesi Paling Enak

Batu Mulia Khas Banjarmasin

Batu Mulia atau terkenal juga dengan batu akik bisa menjadi oleh-oleh khas Banjarmasin yang unik. Apalagi kalo kamu gemar mengoleksi batu-batuan mulia. Pasalnya, Kota Banjarmasin sudah cukup terkenal dengan sebutan Kota Intan. Tentunya penghasil batu mulia yang berkualitas.

Jika kamu menginginkan Batu Mulia dengan aneka pilihan yang berkualitas, kamu bisa mengunjungi pusat penjualan batu mulia yang berada di kota Martapura dekat dengan Banjarmasin.

Kamu bisa menemu batu akik dengan beragam harga. Mulai dari yang harganya murah, hingga yang harganya jutaan rupiah. Batu mulia ini bisa kamu jadikan oleh-oleh, atau bisa dijadikan hadiah kepada teman atau rekan bisnis.

Batik Sasirangan Khas Banjarmasin

Oleh-oleh Khas Banjarmasin Terpopuler
Batik Sasirangan

Oleh-oleh khas Banjarmasin yang selanjutnya adalah Batik Sasirangan. Kami sangat merekomendasikan kamu untuk membeli batik yang satu ini. Hal ini karena Batik Sasirangan memiliki corak yang elegan dan khas.

Batik sasirangan merupakan batik asli buatan Banjarmasin Kalimantan Selatan. Dan tentunya pengrajinnya juga asli dari kota ini.

Kamu bisa memilih salah satu motif yang ada. Diantaranya yaitu Gigi Haruan (gigi ikan gabus), Sinapur Karang (motif ombak yang menerjang batu karang), Dara Manginang (motif remaja yang makan daun sirih), Turun Dayang (motif garis-garis), Naga Balimbur (motif ular naga)  dan aneka motif lainnya yang sangat menarik. Tentu, nuansa Indonesianya sangat kental terasa.

Panting Khas Banjarmasin

Selanjutnya adalah Panting. Alat musik yang satu ini juga bisa dijadikan oleh-oleh khas Banjarmasin. Panting merupakan alat musik tradisional asli Kalimantan Selatan. Tampilannya hampir mirip dengan alat musik dari Arab yang bernama Gambus Arab. Namun dari segi ukuran, panting ukurannya lebih kecil.

Alat musik khas Kalimantan Selatan ini dimainkan dengan cara dipetik dan memiliki tiga dawai. Tidak banyak orang yang bisa memainkan alat musik yang satu ini. Akan tetapi alat musik ini sangat menarik dan unik jika dijadikan pajangan rumah. Sehingga kamu bisa membelinya dan di simpan di rumah sebagai pajangan atau hiasan.

Aneka Kaos Khas Banjarmasin

Rekomendasi oleh-oleh khas Banjarmasin yang berikutnya adalah Kaos Banjarmasin. Kaos ini memiliki harga yang relatif terjangkau. Sehingga bisa menjadi peitimbangan ketika kamu memiliki budget terbatas.

Meskipun harganya tidak mahal, Kaos Banjarmasin juga terlihat menarik dan khas. Karena sablonan atau gambarnya mewakili KotaBanjarmasin, baik itu tulisan atau gambar-gambar yang bertema Banjarmasin. Kamu bisa membeli baju khas Banjarmasin ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah, atau untuk saudara dekat. Bisa juga membelinya untuk teman.

Amplang Ikan Pipih Khas Banjarmasin

Amplang Ikan Pipih Khas Banjarmasin
Amplang Ikan Pipih

Amplang juga dikenal dengan sebutan Kuku Macan merupakan oleh-oleh khas Banjarmasin yang bisa kamu beli dan dijadikan oleh-oleh. Amplang merupakan makanan sejenis  kerupuk yang menggunakan ikan pipih sebagai bahan utamanya.

Ikan Pipin air tawar hanya dapat ditemukan di Banjarmasin Kalimantan Selatan. Sehingga ketika kamu membeli makanan khas Banjarmasin yang satu ini, tentunya akan memberikan sensasi tersendiri. Apalagi untuk keluarga di rumah yang tidak ikut ke kota Banjarmasin.

Kerupuk Amplang Ikan Pipih memiliki rasa yang gurih dan lezat karena diolah menggunakan rempah-rempah pilihan terbaik khas Banjarmasin. Karena ikan pipih merupakan ikan yang termasuk langka, jadi untuk mendapatkan oleh-oleh khas Banjarmasin ini, kamu harus membeli langsung di kotanya.

Lihat Juga : Makanan Dari Bangka Belitung yang Wajib Dicoba

Rabuk Ikan Haruan Khas Banjarmasin

Rabuk Ikan Haruan Khas Banjarmasin
Rabuk Ikan Haruan

Rabuk Ikan Haruan merupakan salah satu makanan khas Banjarmasin. Dan membeli makanan khas ini sebagai oleh-oleh khas Banjarmasin bukanlah masalah. Karena makanan juga akan menjadi sesuatu yang bisa dinikmati sebagai oleh-oleh.

Tahukah kamu kalo rabuk itu adalah sebutan untuk abon di Kalimantan Selatan? Makanan khas Banjarmasin yang satu ini merupakan abon yang terbuat dari ikan haruan.

Sesuai julukan kota ini sebagai Kota Seribu Sungai, sudah pasti banyak sungai-sungai di kota ini. Sehingga karena banyak sungai, banyak pula jenis ikannya. Dan yang terkenal salah satunya adalah ikan haruan ini.

Rasa dari abon ini sangatlah enak, gurih dan lezat. Pokoknya bikin ketagihan orang yang memakannya. Kamu bisa mendapatkan makanan khas ini di toko oleh-oleh yang ada di pinggir jalan kota Banjarmasin.

Wadai Rangai Khas Banjarmasin

Wadai Rangai Khas Banjarmasin
Wadai Rangai

Makanan khas Banjarmasin yang satu ini terbuat dari bahan dasar sagu dan kelapa. Dan cocok juga untuk dijadikan oleh-oleh khas Banjarmasin. Makanan yang satu ini memiliki rasa yang manis dan gurih.

Pada zaman dulu Wadai Rangai disajikan pada saat ada acara adat atau acara-acara formal. Tapi sekarang kamu bisa menikmati makanan ini kapanpun dan bisa juga dibawa ke rumah untuk dijadikan oleh-oleh khas Banjarmasin.

Ikan Seluang Khas Banjarmasin

Ikan Seluang Khas Banjarmasin
Ikan Seluang

Ikan seluang jika di daerah Jawa terkenal dengan sebutan ikan wader. Di Banjarmasin, ikan ini dijual sebagai makanan khas yang bisa dijadikan oleh-oleh para wisatawan yang berkunjung kesana.

Makanan yang satu ini sering dijadikan sebagai makanan cemilan atau snack. Sehingga sangat cocok dijadikan makanan cemilan saat di perjalanan menuju rumah kota tempat kita tinggal.

Selain sering dijadikan cemilan, Ikan Seluang juga enak untuk dijadikan lauk nasi, atau dimakan dengan nasi. Tentu saja ketika ke Banjarmasin jangan lewatkan makanan khas yang satu ini untuk dijadikan oleh-oleh khas Banjarmasin.

Dodol Kandangan Khas Banjarmasin

Dodol Kandangan Khas Banjarmasin
Dodol Kandangan

Rekomendasi oleh-oleh khas Banjarmasin yang terakhir adalah Dodol Kandangan. Dodol Kandangan terbuat dari gula aren dan beras ketan, sehingga rasanya manis. Dan tak kalah dengan rasa dodol asal Garut yang sudah kesohor.

Dodol Kandangan memiliki beberapa varian rasa. Salahsatunya yaitu rasa durian. Dodol kandangan dengan rasa durian ini merupakan dodol yang paling diminati oleh banyak orang. Hal ini karena Dodol Kandangan rasa durian memiliki rasa yang legit.

Kamu bisa dapatkan makanan khas yang satu ini di toko oleh-oleh di Banjarmasin.

Demikian ulasan seputar oleh-oleh khas Banjarmasin yang unik dan enak dimakan. Kamu bisa memilih salah satu atau beberapa oleh-oleh yang direkomendasikan ceroboh.com . Semoga informasi yang disajikan bermanfaat. Jangan sungkan gunakan kolom komentar untuk bertanya seputar oleh-oleh khas dari Banjarmasin, ya.

Baca juga: Oleh-oleh dari Demak yang Bisa Dibawa Pulang