7 Oleh-oleh Khas Blora Paling Populer

Selain kerajinan dari jati, kira-kira oleh-oleh khas Blora yang harus dibawa pulang apa lagi ya? Mari simak ulasannya satu-persatu.

Ceroboh.com – Seperti yang pernah dibahas sekilas pada makanan khas blora beberapa waktu lalu, Blora merupakan kota kecil yang berbatasan langsung dengan Jawa Timur. Karena Blora merupakan salah satu kota di Indonesia dengan penghasil kayu jati terbaik, maka wajar sekali jika Blora sering dilalui oleh para pengguna jalan yang melintas dari Jawa Tengah ke Jawa Timur atau sebaliknya. Dari Jawa Timur ke arah Jawa Tengah.

Kota Blora yang kini semakin pesat tempat wisatanya. Jika kamu tak sempat menikmati kuliner khas Blora ketika berkunjung ke sini, tidak usah khawatir. Sebab, kamu bisa membeli oleh-oleh khas kota Blora. Tak hanya berbentuk makanan saja. Tapi juga bentuk barang-barang unik.

Berikut ini adalah beberapa oleh-oleh khas Blora yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Simak baik-baik ya.

Oleh-oleh Khas Blora Egg Roll

Oleh-oleh Khas Blora Egg Roll
Foto @freesia.foodnsnack

oleh-oleh asli buatan Blora pertama yang bisa kamu beli ketika berkunjung ke kota ini adalah Egg Roll. Rasa renyah dan empuk yang terpadu menjadi satu ini sangat cocok sekali dibawa untuk keluarga atau sanak saudara ketika kamu pulang ke rumah.

Biasanya orang-orang menikmati egg roll dengan cara dicemil ketike hujan-hujan atau sedang santai mengerjakan sesuatu. Dengan dilengkapi minuman berupa kopi panas yang menghangatkan.

Kalau kamu khawatir tentang bahan pengawet, jangan cemas dulu. Karena egg roll ini dibuat tanpa bahan pengawet. Dengan harga yang berkisar antara 13.000 hingga 20.000 perbungkusnya saja, kamu sudah bisa membawa pulang oleh-oleh lezat satu ini.

Baca juga: Oleh-oleh Khas Demak Paling Populer

Oleh-oleh Khas Blora Dumbeg

Oleh-oleh Khas Blora Dumbeg
Foto @widodo_putra_putra

Kalau kamu masih asing dengan makanan khas Blora satu ini, coba deh jika berkunjung ke Blora belilah dumbeg. Dumbeg berbahan dasar gula aren yang dicampur dengan tepung beras dan garam ini ternyata telah menjadi makanan khas masyarakat tradisional Blora sejak lama.

Bentuknya yang mirip dengan terompet yang wadahnya terbuat dari daun kelapa ini bisa kamu temukan di pasar-pasar tradisional yang tersebar di seluruh kota Blora. Tak perlu mencemaskan harganya. Sebab harga dumbeg sangat terjangkau dan tak akan menipiskan dompetmu.

Oleh-oleh Souvenir Barongan

Oleh-oleh Khas Blora Souvenir Barongan
Foto @yudi.t85

Tahukah kamu bahwa selain dijuluki kota jati, Blora juga dijuluki dengan nama kota barongan. Sebuah kesenian khas yang mirip dengan reog tapi memiliki kekhasan sendiri.

Karena dijuluki dengan kota barongan inilah, sebagian masyarakat Blora berinisiatif untuk membuat oleh-oleh khas berupa gantungan kunci berbentuk barongan. Karena ukirannya yang detail, tak salah jika harga perlusinnya bisa mencapai 100 ribu perlusinnya. Tapi worth it kok, dengan kualitasnya. Tak akan menyesal deh!

Lihat juga: Oleh-oleh Khas Banjarmasin

Oleh-oleh Khas Blora Kaos Samin

Oleh-oleh Khas Blora Kaos Samin
Foto @viestaviesta

Kamu bisa menemukan kaos samin di toko-toko yang menjual oleh-oleh khas Blora di stasiun lama Blora. Harganya juga tak mahal-mahal amat, kok. Masih terjangkau sesuai kualitasnya.

Selain kamu bisa membawa kaos khas samin ini, sebenarnya kamu secara tak langsung juga ikut berpartisipasi dalam mengenang pahlawan lokal dari Blora yang bernama Samin Surosentiko–yang ketika melawan penjajah Belanda, Mbah Samin tak menggunakan kekerasan.

Oleh-oleh Khas Gembol Jati

Oleh-oleh Khas Gembol Jati
Foto @gemboljati

Sesuai dengan namanya, oleh-oleh buatan Blora berupa souvenir ini berbahan dasar kayu jati yang kemudian dibentuk ukiran-ukiran khas seperti meja dan kursi. Gembol jati merupakan satu oleh-oleh souvenir khas Blora yang bisa kamu bawa pulang selain souvenir barongan.

Tapi untuk membeli oleh-oleh satu ini kamu membutuhkan kantong tebal untuk bisa dibawa pulang ke rumahmu. Sebab ukirannya juga rumit dan detail. Jadi, selaras dengan kualitasnya. Kamu bisa menemukan gembol jati di pusat ukiran Blora di daerah Kecamatan Jepon.

Artikel lain: Makanan Khas Kendal Paling Enak

Oleh-oleh Khas Blora Abon Lele

Oleh-oleh Khas Blora Abon Lele
Foto @abwen_abon

Sesuai dengan namanya yaitu abon lele, oleh-oleh khas Blora satu ini terbuat dari bahan dasar ikan lele. Jadi, ikan lele awalnya dihaluskan kemudian dikeringkan agar bisa bertahan lama.

Rasanya yang gurih, tak kalah loh dengan abon sapi. Yah, meskipun abon sapi lebih populer. Apalagi ditambah harganya yang lebih terjangkau, ternyata membuat banyak sekali wisatawan yang memburu abon lele khas Blora.

Oleh-oleh Khas Blora Batik Blora

Oleh-oleh Khas Blora

Walaupun bisa dibilang Blora adalah kota kecil yang terpencil, namun siapa sangka ternyata Blora juga memiliki batik khas Blora. Jadi, jangan pikir hanya Pekalongan atau Jogja saja yang punya batik khas, ya.

Kekhasan batik Blora terletak pada corak dan kombinasi warnanya yang mencerminkan kearifan lokal yang digambarkan melalui seni-seni Blora seperti pohon jati, barongan dan juga tayub.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Blora yang bisa kamu bawa pulang untuk diberikan kepada sanak saudara dan para tetangga maupun teman-temanmu di rumah. Selamat berlibur!

Lainnya: Makanan Khas Karanganyar Terpopuler