11 Oleh-oleh Khas NTB (Nusa Tenggara Barat) Terpopuler

Ayo bawa pulang Oleh-oleh Khas NTB berikut ini, bagikan kepada keluarga, rekan kerja tidak lupa gebetan atau mantan.

Ceroboh.com – Ketika kita membahas tentang Lombok, Nusa Tenggara Barat, selalu saja tidak ada habisnya, ya. Baik itu pembahasan tentang keindahan alamnya, tempat-tempat pariwisatanya, makanan khasnya, hingga oleh-oleh khas Nusa Tenggara Barat yang unik dan beragam macamnya.

Lombok, Nusa Tenggara Barat memang salah satu tempat yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Baik itu wisatawan lokal Nusantara, hingga wisatawan dari manca negara. Hal ini menyebabkan NTB memiliki kelebihan tersendiri karena dapat menjadi sumber pemasukan daerah.

Sebelumnya ceroboh.com sudah mengulas tentang tempat-tempat wisata kuliner yang bisa kamu kunjungi saat berada di Nusa Tenggara Barat. Dan kali ini, kita akan membahas tentang oleh-olehnya yang khas, yang bisa kamu bawa pulang dan dijadikan sebagai cendramata. Bisa juga untuk hadiah kepada keluarga atau kerabat dekat.

Ketika berkunjung ke Nusa tenggara Barat, tentu saja akan kurang lengkap jika pulang ke rumah dengan tangan kosong tanpa membawa apa-apa. Maka dari itu, kami menyarankan untuk membeli salah satu dari banyaknya jenis oleh-oleh yang bisa kamu pilih.

Berikut ini adalah 11 oleh-oleh khas NTB (Nusa Tenggara Barat) yang bisa kamu beli dan di bawa pulang:

Kaos Nuansa Lombok

Oleh-oleh Khas NTB
Foto @lombok.ethnic

Oleh-oleh khas Lombok yang paling sederhana dan paling iconik adalah kaos nuansa Lombok. Kamu bisa membeli kaos dengan sablonan nuansa Lombok untuk dijadikan oleh-oleh saat akan pulang ke kota asal. Kaos tersebut harganya tidak terlalu mahal, sehingga kamu bisa beli dalam jumlah yang banyak dan bisa dibagikan kepada keluarga di rumah sebagai tanda mata kamu pulang dari Lombok.

Kaos juga merupakan oleh-oleh yang paling banyak diburu oleh wisatawan yang sedang berkunjung ke NTB, hal ini dikarenakan kita tidak perlu mengeluarkan budget dalam jumlah besar untuk membeli baju. Meskipun begitu, kualitasnya tak kalah bagus kok.

Dodol Rumput Laut

Permen Oleh-oleh Khas NTB
Foto @phoenixfood_online

Berikutnya adalah Dodol Rumput Laut. Dodol ini bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Nusa Tenggara Barat dan dibawa pulang ke rumah. Dodol Rumput Laut dibuat dengan bahan utama rumput laut yang berasal asli dari Lombok.

Rasa dari rumput lautnya sangat unik. Dan dari segi keamanan pangannya sudah tidak diragukan lagi. Rumput laut juga bagus untuk kesehatan dan pencernaan tubuh. Jadi, jangan ragu untuk membeli makanan khas satu ini untuk dijadikan oleh-oleh.

Lihat juga :Tempat Wisata di NTB paling populer

Tuak manis Lombok

Tuak Oleh-oleh Khas NTB

Oleh-oleh khas Nusa Tenggara Barat yang selanjutnya berjenis minuman. Namanya Tuak Manis Lombok. Sudah terdengar dari namanya, bahwa minuman yang satu ini berasal dari daerah Lombok. Tuak Manis Lombok termasuk kekhasan Lombok yang populer dan diminati banyak orang.

Tuak Manis Lombok sangat cocok jika dijadikan oleh-oleh. Selain rasanya yang enak, minuman ini juga sehat karena bisa menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit.

Kain Songket Sasak

Songket Oleh-oleh Khas NTB
Foto @ojang_29

Kamu juga bisa menjadikan Kain Songket sasak sebagai oleh-oleh khas Nusa Tenggara Barat yang bisa kamu bawa pulang. Kain Songket merupakan pakaian adat tradisional untuk wanita Suku Sasak, dibasa dikenal dengan sebutan Baju Lambung.

Kain Songket Sasak, biasanya berbentuk selendang dengan varian warna dan motif yang menarik. Kain Songket dapat kamu jadikan oleh-oleh atau bisa juga kamu jadikan sebagai hadiah. Baik untuk pasangan tercinta, kerabat, saudara atau rekan bisnis.

Harga dari Kain Songket Sasak cukup beragam, mulai dari harga Rp. 200.000,- hingga Rp. 2.000.000,-. Harga tergantung motif dan kesulitan dalam pemembuatannya.

Kain Tenun Sasak

Kain tenun Oleh-oleh Khas NTB
Foto @ironman703lombok

Kain Tenun Sasak hanya bisa kamu dapatkan di Desa Sade, Lombok Tengah. Merupakan sesuatu yang mewah jika dijadikan oleh-oleh khas Nusa Tenggara Barat. Jadi, jangan sampai melewatkan kerajinan yang satu ini ketika berkunjung ke NTB. Kain Tenun Sasak memiliki keindahan dalam motif dan warnanya, sehingga sangat sayang jika tidak dibeli.

Mutiara Lombok

Mutiara Oleh-oleh Khas NTB

Bagi kamu yang punya budget lebih, bisa membeli Mutiara Lombok untuk dijadikan oleh-oleh khas Nusa Tenggara Barat. Yang namanya mutiara, sudah pasti memiliki harga yang tinggi. Bagi kamu pecinta dan pengoleksi mutiara, jangan melewatkan untuk membeli mutiara dari Lombok satu ini, ya. Dijamin tidak mengecewakan, deh.

Mutiara Lombok sangat bagus untuk dijadikan perhiasan wanita, jadi cocok sekali untuk dijadikan hadiah istimewa kepada orang-orang tersayang. Kekasih, sahabat atau Ibu misalnya.

Madu Sumbawa

Madu sumbawa Oleh-oleh Khas NTB

Oleh-oleh khas Nusa Tenggara Barat yang kami rekomendasikan berikutnya adalah Madu Sumbawa. Madu Sumbawa ini berasal dari lebah hutan bunga di daerah Sumbawa. Namun, sekarang sudah banyak petani yang beternak lebah madu, sehingga tidak perlu pergi ke hutan lagi untuk mencari madu Sumbawa.

Madu Sumbawa sangat bagus jika dijadikan oleh-oleh, karena ia memiliki khasiat untuk kesehatan dan pengobatan. Diantaranya dijadikan untuk perawatan kulit, mengobati luka, kanker, sakit dan tenggorokan. Oh iya, Madu Sumbawa bagus juga loh, untuk pencernaan tubuh.

Susu Kuda Liar Sumbawa

Susu kuda liar Oleh-oleh Khas NTB

Oleh-oleh khas Nusa Tenggara Barat yang menyehatkan berikutnya adalah berasal dari Sumbawa. Mungkin teman-teman semua sudah tidak asing lagi dengan Susu Kuda Liar Sumbawa karena sudah banyak yang menjual pada produk kemasan. Namun, agar keasliannya terjamin, kamu harus mendapatkan langsung dari daerah Sumbawa.

Baca juga :Tempat Wisata di Jakarta Timur

Susu Kuda Liar sangatlah menyehatkan karena berasal dari kuda liar yang terhindar dari bahan-bahan kimia, dan bukan dari hasil rekayasa genetika. Sehingga, menjadikan susu ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Cocok juga untuk dijadikan oleh-oleh.

Permen Susu Kuda Liar

permen susu Oleh-oleh Khas NTB

Jika kamu tidak ingin ribet membawa cairan susu kuda liar, tentu saja masih ada alternatif lain membeli oleh-oleh Permen Susu Kuda Liar. Oleh-oleh khas Nusa Tenggara Barat satu ini dibuat dari susu kuda liar dengan proses pengolahan yang masih menggunakan cara tradisional.

Permen Susu Kuda Liar diproduksi langsung oleh warga Sumbawa, biasanya permen susu ini memiliki kemasan transparan. Kemudian ia juga memiliki rasa yang manis dan gurih, sehingga terasa lezat di lidah. Tentu saja, Permen Susu Kuda Liar hanya bisa kamu dapatkan di Sumbawa.

Karena rasanya yang enak, permen ini banyak diburu oleh para wisatawan yang berkunjung ke NTB.

Terasi Lombok

terasi Khas NTB
Foto @ilmizaidin

Oleh-oleh khas Nusa Tenggara Barat yang unik adalah terasi Lombok. Terasi Lombok sudah terkenal keberadaannya karena sering menjadi bumbu pelengkap ketika memasak masakan khas Lombok.

Ia memiliki rasa yang khas, sehingga menjadikan masakan yang menggunakan terasi ini menjadi lebih lezat saat dihidangkan. Terasi Lombok sangat sosok untuk dijadikan oleh-oleh, apalagi kalo istri atau ibu kamu gemar memasak di rumah.

Souvenir Khas NTB

Oleh-oleh Khas NTB Terpopuler
Oleh-oleh dari Nusa Tenggara Barat – Foto @lyharmawati

Yang terakhir, oleh-oleh khas Nusa Tenggara Barat yang wajib kamu bawa pulang adalah Souvenir Khas NTB. Souvenir ini bisa berupa kerajinan tangan seperti gantungan kunci, kalung, gelang, dan aneka aksesoris lain yang bernuansa Nusa Tenggara Barat.

Souvenir bisa menjadi alternatif oleh-oleh yang murah meriah, sehingga kamu bisa membawakannya untuk teman-temanmu sebagai tanda mata sepulang dari NTB.  Harga dari souvenir cukup terjangkau dan beragam, mulai dari harga Rp. 2.000 ,- hingga Rp. 10.000 ,- .

Demikianlah beberapa oleh-oleh khas Nusa Tenggara Barat yang wajib dibeli dan bisa kamu bawa pulang. Pastikan kamu membeli oleh-oleh sesuai dengan budget yang kamu miliki, ya. Pastikan juga oleh-oleh itu bermanfaat untuk orang-orang disekitar kamu. Semoga informasinya bermanfaat.

Baca juga :Tempat Wisata di Anyer Terpopuler