Oleh-oleh Khas NTT (Nusa Tenggara Timur) Terpopuler

Banyak sekali oleh oleh khas NTT yang bisa kamu bawa pulang saat berwisata ke Nusa Tenggara Timur, diantaranya adalah kain tenun.

Ceroboh.com – Sekarang kita akan mengeksplor NTT atau nama panjangnya adalah Nusa Tenggara Timur. Ketika berkunjung ke NTT atau ketempat lainnya dengan tujuan berlibur atau berwisata rasanya kurang lengkap jika hanya menikmati keindahan dan kenyamanannya saja.

Tradisi di negara kita, biasanya sepulang dari suatu tempat harus ada buah tangan yang dibawa. Maka dari itu sepulang dari NTT tentu saja sebagai pelengkap kamu harus membeli oleh-oleh yang menjadi khas kota Nusa Tenggara Timur ini.

Namun untuk membeli oleh-oleh, kadang terasa bingung mau membeli apa. Pertama karena bingung tidak tahu apa saja yang bisa dijadikan oleh-oleh dan yang kedua bingung karena oleh-oleh yang ada dikota tersebut banyak sekali aneka ragamnya.

Kali ini ceroboh.com akan mengulas beberapa oleh oleh khas NTT yang menjadi pilihan terbaik, sehingga kamu pengunjung web ini tidak bingung lagi dalam memilih oleh-oleh yang menjadi khas Nusa Tenggara Timur.

Mau tahu apa saja yang menjadi oleh-oleh khas NTT yang bisa kamu bawa pulang dan bisa dijadikan buah tangan? Mari simak penjelasan singkat berikut ini.

Di bawah ini merupakan beberapa sajian oleh-oleh khas NTT pilihan terbaik:

Kain Tenun khas NTT

Oleh Oleh khas NTT (Nusa Tenggara Timur)
Kain Tenun NTT

Nusa Tenggara Timur, atau lebih sering dikenal dengan singkatan NTT merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang memiliki banyak ragam kain tenun. Dan setiap daerah, NTT memiliki beraneka ragam corak tenun yang berbeda-beda dan tentunya memiliki ciri khas masing-masing.

Beberapa contohnya adalah kain tenun manggarai, rote, sumba, ngada dan yang lainnya. Setiap corak, bahan baku dan kerumitan pembuatannya akan memengaruhi harga jual.

Semakin bagus kualitas bahan dan semakin rumit corak yang diciptakan, maka semakin lama pula proses pembuatannya. Biasanya akan semakin mahal harga jualnya.

Baca Juga : Oleh-oleh Khas Palu yang Wajib Dibeli

Kain tenun ini bisa kamu dapati di toko-toko penjual kain tenun yang ada di NTT. Kamu tidak akan sulit menjumpai toko oleh-oleh kain tenun asli NTT. Karena sudah banyak penjual dan pengrajin tenun yang membuka toko di pinggir jalan di beberapa daerah di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Jangan heran kamu menemui kain tenun dengan kualitas bagus kemudian harganya mahal. Bagi kamu yang memiliki budget lebih, tentu saja tidak boleh melewati untuk membeli kerajinan tenun dari NTT ini.

Kerajinan tenun khas NTT bisa kamu jadikan sebagai hadiah yang mewah, atau bisa juga kamu jadikan koleksi di rumah.

Namun kamu juga bisa mendapati kain tenun dengan harga terjangkau untuk dijadikan oleh-oleh kas NTT. Pintar pintar saja dalam menawar dan memilih toko yang menyediakan kerajinan tenun ini.

Daging Se’i Khas NTT

Daging Se’i Khas NTT
Daging Se’i Khas NTT

Apakah kamu tahu Daging Se’i itu apa? Atau pernah memakan daging yang satu ini? Daging Se’i adalah daging khas yang berasal dari NTT (Nusa Tenggara Timur).

Daging Se’i merupakan jenis daging yang diasap dari beberapa macam hewan seperti daging ikan, daging sapi dan juga daging babi.

Bagi kamu yang beragama Islam/Muslim, hati-hati dalam membeli Daging Se’i ini. Jangan sampai salah membeli daging yang diharamkan oleh agama. Usahakan bertanya dulu sebelum membeli Daging Se’i dan pastikan juga toko penjual sudah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia).

Daging Se’i ini merupakan daging yang diawetkan menggunakan asap, sehingga kamu bisa membawa pulang untuk dijadikan oleh oleh khas NTT (Nusa Tenggara Timur) yang kemudian bisa disantap bersama keluarga di rumah atau bisa juga dibagikan ke teman-teman dan tetangga. Jangan sampai melewatkan makanan khas NTT satu ini, ya!

Baca Juga : Tempat Wisata di Ambon Paling Aduhai

Sambal Lu’at khas NTT

Sambal Oleh-oleh khas NTT

Berikutnya adalah Sambal Lu’at. Apakah kamu tahu Sambal Lu’at itu apa? Jika kamu kali pertama mencicipinya, pasti akan memberikan kesan yang luar biasa dan rasanya selalu teringat dan menjadi pengalaman tersendiri memakan makanan khas yang satu ini. Hal ini karena Sambal Lu’at memiliki rasa yang sangat asem dan pedas, tentunya.

Rasa asam pada sambal ini dihasilkan dari jeruk nipis yang mendominasi. Sampai-sampai terlihat ptongan-potongan jeruk nipis di dalamnya. Kemudian dicampur juga dengan daun kemangi. Sehingga selain memiliki rasa asam, tentunya segar juga.

Lihat juga: Oleh-oleh Khas Blora Terpopuler

Kuliner ini merupakan kuliner khas yang sangat direkomendasikan untuk kamu yang cinta akan rasa pedas. Yang tidak suka pedas, jangan coba-coba, ya.  Harga dari Sambal Lu’at per bungkusnya adalah sekitar Rp. 15.000. Masih terjangkau, kan? Sambal ini bisa jadi alternatif oleh oleh khas NTT.

Demikianlah ulasan sederhana ketiga oleh oleh khas NTT (Nusa Tenggara Timur) yang bisa kamu jadikan oleh-oleh dan bisa dijadikan buah tangan saat puLang ke rumah atau ke kota asal.

Kamu bisa membeli salah satunya untuk dijadikan hadiah dan bisa juga untuk konsumsi sendiri di rumah bersama keluarga. Semoga informasinya bermanfaat.

Baca Juga : Oleh-oleh dari Wonosari yang Khas

BERI KOMENTAR