6 Oleh-oleh Khas Sidoarjo Terpopuler dan Enak

Masa pulang dengan tangan kosong? Kalau lagi main ke Sidoarjo jangan lupa beli oleh-oleh khas Sidoarjo yang paling populer berikut ini.

6 Oleh-oleh Khas Sidoarjo Terpopuler dan Enak

Ceroboh.com – Pernahkah kamu berkunjung ke Sidoarjo? Atau sekarang sedang berada disana dan lagi kebingungan mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang? Nggak perlu khawatir masalah ini.

Kali ini saya akan mengulas beberapa oleh-oleh khas Sidoarjo yang bisa kamu beli sebagai tanda buah tangan saat pulang ke kota asal.

Memang rasanya kurang lengkap jika berkunjung ke suatu tempat, pulangnya tidak membawa oleh-oleh. Ketika sampai rumah juga selalu saja ada yang menanyakan, mana nih, oleh-olehnya? Yaa mungkin ini sudah menjadi tradisi juga di Indonesia kita.

Banyak sekali oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang setelah berkunjung dari Kota Sidoarjo. Kamu bisa membawa makanan khas Sidoarjo untuk dijadikan oleh-oleh. Salah satunya adalah kerupuk.

Tahukah kamu bahwa Sidoarjo adalah kota penghasil kerupuk yang sudah terkenal? Kalau belum tahu, maka sekarang udah tahu, kan? Nah, kerupuk yang paling terkenal adalah kerupuk udangnya.

Berikut ini adalah oleh-oleh khas Sidoarjo yang paling populer dan banyak dicari wisatawan :

Kerupuk Udang Khas Sidoarjo

6 Oleh-oleh Khas Sidoarjo Terpopuler dan Enak
Kerupuk Udang

Oleh-oleh yang paling populer dan terfavorit adalah Kerupuk Udang Sidoarjo.

Kerupuk yang satu ini memiliki rasa udang yang khas dan mantap saat dimakan. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan kerupuk ini. Karena sepanjang jalan utama Sidoarjo, banyak toko oleh-oleh yang menjualnya.

Jangan lewatkan makanan khas ini, karena ini merupakan asli Sidoarjo. Tentunya keluarga di rumah juga harus merasakan mantapnya kerupuk ini dong.

Terasi Khas Sidoarjo

6 Oleh-oleh Khas Sidoarjo Terpopuler dan Enak
foto instagram/@ainurrofiqoh6232019

Berikutnya yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Sidoarjo adalah terasinya. Terasi merupakan penganan  yang sudah populer di daerah Jawa Timur, termasuk Kota Sidoarjo.

Tak aneh, karena bahan baku dari terasi melimpah di Jawa Timur. Sehingga terasi banyak diproduksi disini. Terasi Sidoarjo memiliki rasa yang khas, gurih dan harum.

Tak jarang terasi ini dibawa pulang oleh wisatawan yang berkunjung ke Sidoarjo. Selain itu saking terkenalnya banyak juga di kota-kota luar yang menjual terasi Sidoarjo.

Wader Kriuk Asli dari Sidoarjo

6 Oleh-oleh Khas Sidoarjo Terpopuler dan Enak
Wader Kriuk

Wader Kriuk juga merupakan oleh-oleh khas Sidoarjo yang sangat populer dan terkenal. Wader ini sangat berbeda dengan wader air tawar. Wader asli Sidoarjo memiliki rasa yang enak karena berasal dari laut Sidoarjo dan sekitarnya secara langsung.

Wader kriuk air laut ini memiliki cita rasa yang gurih, khas, dan renyah. Sehingga akan sangat nikmat jika dijadikan camilan. Atau dibuat lauk nasi dengan campuran sambal bawang atau sambal terasi. Mantap, kan?

Bandeng Asap Khas Sidoarjo

6 Oleh-oleh Khas Sidoarjo Terpopuler dan Enak
foto instagram/@yulianing_dia

Bandeng Asap juga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Sidoarjo. Karena ia memiliki rasa yang khas. Makanan yang satu ini dibuat dengan campuran bumbu seperti bumbu teh, bawang merah, bawang putih, merica, dan garam. Dan untuk bahan sambalnya memakai kecap manis, jeruk nipis, petis, cabe rawit dan air.

Petis Khas Sidoarjo

6 Oleh-oleh Khas Sidoarjo Terpopuler dan Enak
foto instagram/@yokeark

Penganan primadona Sidoarjo yang bisa dijadikan oleh-oleh adalah Petis. Warna dari makanan ini adalah hitam pekat serta memiliki rasa yang gurih dan wangi yang harum.

Makanan khas yang satu ini sangat cocok digunakan bersama tahu petis atau bisa juga pelengkap rujak cingur. Sedap pokoknya.

Otak-otak Bandeng Khas Sidoarjo

6 Oleh-oleh Khas Sidoarjo Terpopuler dan Enak
foto instagram/@zhazhanan_feeryzz

Selain di gersik, Otak-otak Bandeng juga ada di Kota Sidoarjo. Kamu bisa membeli Otak-otak Bandeng untuk dijadikan oleh-oleh dan dibawa pulang. Otak-otak Bandeng asal Sidoarjo sangat berbeda dengan Otak-otak Gresik.

Karena Otak-otak Bandeng asal Sidoarjo menggunakan kelapa sebagai pelengkap isinya. Dilengkapi juga dengan telur kocok dan bumbu halus disampingnya.

Demikianlah beberapa oleh-oleh khas Sidoarjo yang bisa kamu pilih salah satunya. Jangan sampai salah membeli oleh-oleh, yaa.

Baca Juga : Oleh-oleh khas Palu

BERI KOMENTAR