5 Oleh-Oleh Khas Wonosari, Gunung Kidul yang Wajib di Beli

Kalo main ke Wonosari di Gunung Kidul, jangan lupa pulangnya membawa Oleh-oleh khas Wonosari, nantinya bisa dibagikan ke saudara-saudara di rumah.

Oleh-Oleh Khas Wonosari, Gunung Kidul yang Wajib di Beli

Ceroboh.com – Wonosari Gunung Kidul merupakan aset Indonesia yang sangat terkenal dengan tempat-tempat wisatanya. Mulai dari banyaknya wisata Goa-goa, Hingga banyak juga pantai-pantai yang indah. Belum lagi tempat wisata buatan dengan beragam wahana wisatanya.

Namun kurang lengkap rasanya jika pergi atau berlibur di Wonosari hanya berkunjung ke tempat wisatanya saja. Tentu saja kamu juga harus pulang dengan membawa oleh-oleh ke daerah asal kamu. Tentunya oleh-oleh ini juga bisa kamu jadikan buah tangan sepulang dari Wonosari atau Gunung Kidul, Yogyakarta.

Ada beberapa oleh oleh khas Wonosari. Baik yang berupa kerajinan tangan dan juga oleh-oleh berupa makanan khas Wonosari. Kamu bisa memilih salah satunya, atau memilih beberapa diantara oleh oleh khas kota ini. Tentunya sesuaikan juga dengan budget yang dimiliki.

Berikut ini adalah 5 Oleh-oleh khas asli Wonosari Gunung Kidul yang wajib di beli:

Tiwul Khas Wonosari

5 Oleh-Oleh Khas Wonosari, Gunung Kidul yang Wajib di Beli
Tiwul Wonosari Gunung Kidul

Tiwul merupakan makanan khas Gunung Kidul, dan bisa dijadikan oleh oleh khas Wonosari . Tiwul merupakan makanan pengganti nasi yang terbuat dari olahan singkong. Makanan yang satu ini memiliki rasa yang khas dan sudah menjadi makanan daerah yang diwariskan secara turun-temurun sejak zaman dahulu.

Tiwul memiliki kandungan rendah kalori jika dibandingkan dengan nasi. Sehingga cocok dikonsumsi untuk kamu yang terkena dabetes. Rasa dari makanan khas ini sedikit manis dan memiliki tekstur yang lembut. Aroma dari singkong masih sangat terasa sehingga makanan ini benar-benar khas.

Kamu bisa membawa tiwul ke rumah untuk dijadikan oleh-oleh agar orang rumah juga bisa merasakan nuansa makanan khas Gunung Kidul.

Baca Juga : Tempat Wisata di Cikarang

Walang Goreng Khas Wonosari

5 Oleh-Oleh Khas Wonosari, Gunung Kidul yang Wajib di Beli
Walang Goreng

Makanan khas yang satu ini memang sedikit ekstrim, karena bahan bakunya adalah belalang alias serangga. Tapi jangan khawatir, karena makanan yang satu ini termasuk makanan yang enak dan digemari banyak orang. Juga para wisatawan yang berkunjung ke Wonosari banyak yang memburu makanan khas Wonosari yang satu ini.

Merek Walang  Goreng Wonosari yang paling dicari dan dibeli adalah merek Pak Gareng. Pasalnya tidak ada yang menyamai rasa dari belalang goreng merek yang satu ini. Belalang goreng kemasan merek Pak Gareng memiliki rasa yang gurih, lezat dan renyah.

Namun bagi kamu yang alergi dengan belalang, jangan coba-coba mencicipi makanan yang satu ini, yaa.

Kerajinan Batu Ornamen

5 Oleh-Oleh Khas Wonosari, Gunung Kidul yang Wajib di Beli
Fotonya @kusumacandraalam_

Bagi kamu para pecinta batu atau kerajinan batu, bisa membeli batu ornamen sebagai oleh -oleh khas Wonosari Gunung Kidul. Di Wonosari terdapat pengrajin dari bebatuan asli Yogyakarta.

Aneka corak batu ornamen yang indah dan khas Indonesia banget bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Yang kemudian bisa dijadikan pajangan di rumah atau halaman rumah. Kamu bisa memilih model-model batu ornamen sesuai selera, bisa juga yang berbentuk tulisan kaligrafi.

Baca Juga : Oleh-oleh Khas NTT

Kerajinan Tembaga dan Kuningan

5 Oleh-Oleh Khas Wonosari, Gunung Kidul yang Wajib di Beli
Fotonya @kurnia_gallery

Yang berikutnya adalah kerajinan tangan yang terbuat dari tembaga dan kuningan. Kerajinan ini hasil jadinya yaitu berupa aneka aksesoris yang bermanfaat seperti tusuk konde, bross, timang, hiasan dinding, gantungan kunci, liontin dan aneka aksesoris lainnya.

Kamu bisa memilih salah satunya untuk dijadikan oleh-oleh. Hasil kerajinan tangan ini sangat cocok untuk dihadiahkan kepada seseorang. Kepada anak, ibu atau sahabat. Bisa juga dijadikan hadiah untuk kekasih tercinta.

Lihat Juga : Tempat Wisata di Ambon

Kerajinan Pande Besi

5 Oleh-Oleh Khas Wonosari, Gunung Kidul yang Wajib di Beli
Fotonya @bali_knife

Di Wonosari juga ada kerajinan yang dibuat oleh pande besi. Barang yang dihasilkan seperti kerajinan peralatan dapur atau sejenisnya seperti pisau, pisau cacah, kapak, golok, arit salak dan wadung.

Kerajinan asal Wonosari ini bisa kamu jadikan oleh-oleh yang bisa dimanfaatkan di rumah. Tidak ada salahnya membeli salah satu dari beberapa kerajinan pande besi. Kualitas dari perkakas ini tidak diragukan lagi. Karena pande besi Wonosari sudah terpercaya hasil karyanya.

Demikianlah beberapa oleh oleh khas Wonosari, Gunung Kidul yang direkomendasikan ceroboh.com. Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat kamu yang sedang kebingungan mencari oleh-oleh sepulang dari Wonosari.

Kamu bisa memilih salah satu atau beberapa oleh-oleh yang disebutkan di atas. Bisa membeli makanan khasnya atau bisa juga membeli kerajinan tangan asal Wonosari. Semoga bermanfaat.