8 Pelajaran dari Perjalanan Karier Selama Bekerja

Banyak suka duka saat meniti karier, dan semua ini akan terasa indah pada waktunya, banyak sekali pelajaran dari perjalanan karier selama ini.

8 Pelajaran dari Perjalanan Karier Selama Bekerja
ilustrasi freepik / @freepik

CEROBOH – Sebagai seorang pekerja dengan waktu yang cukup lama, tentu kamu telah mengalami banyak sekali pengalaman.

Tak hanya tentang bagaimana berkomunikasi yang baik dengan atasan atau pakaian yang rapi dan sopan, akan tetapi juga mengenai pelajaran hidup.

Pengalaman ada guru terbaik, katanya seperti itu. Dan dari guru terbaik tersebut kamu bisa mengambil berbagai pelajaran hidup.

Berikut ini adalah beberapa pelajaran yang mungkin bisa kamu petik dari perjalanan karier yang selama ini dijalani:

Jika Ada Aksi, Pasti Ada Pula Reaksi

Pelajaran dari Perjalanan Karier Selama Bekerja

Jika kamu masih ingat hukum Newton ini, tentu kamu akan memahami dan bisa relate. Bahwa seseorang akan memperoleh reaksi jika dan hanya jika ketika ia melakukan aksi. Dan keduanya pasti sama besar.

Aksi yang dikeluarkan akan sama dengan reaksi yang dihasilkan.

Tak jauh beda dengan sebuah kesuksesan. Kamu ingin menghasilkan kesuksesan besar? Ya tentu saja reaksi, atau usaha yang harus kamu lakukan sebesar kesuksesan yang ingin kamu capai.

Kamu tak perlu iri dengan kesuksesan instan orang lain. Tentu, kamu tak tahu apa yang ada di belakangnya kan?

Nah, jadi kamu tak perlu cemas. Karena usaha tak akan menghianati hasil. Tetap semangat beraksi!

Di Dunia Ini Tak Akan Ada Hal Yang Sia-sia

Pelajaran dari Perjalanan Karier Selama Bekerja

Kamu pasti pernah berada pada titik, dimana semua yang telah kamu lakukan selama ini tak ada gunanya. Padahal, jika kamu menyediakan waktu untuk merenung sebentar saja semua itu tak ada yang terbuang sia-sia.

Atas tenaga, pikiran dan pengorbanan lain itu, percayalah bahwa semua akan indah pada waktunya. Dan pasti, setiap waktu memiliki keindahannya sendiri.

Cobalah untuk berpikir positif. Dan tambah sedikit lagi kesabaran. Bahwa setiap karier itu membutuhkan waktu. Dan karier yang cemerlang kebanyakan memiliki waktu yang panjang.

Meski terkadang menyesal dan terseok untuk bangkit, percayalah semua akan baik-baik saja. Tunggu saja waktunya.

Baca juga: Persiapan Bekerja di Luar Negri

Anggaplah Gagal Adalah Hal Yang Biasa

Pelajaran dari Perjalanan Karier Selama Bekerja

Untuk hidup di lingkungan kerja dengan keadaan apapun, yang perlu dicatat adalah bahwa pasti ada kegagalan di dalamnya.

Jalan terjal, berliku dan berbatu tentu akan menghiasi setiap langkah yang kamu ambil. Capek? Pasti? Menyerah? Jangan pernah.

Untuk menghindari menyerah karena sering gagal, ketahuilah bahwa gagal itu sebuah gerbang untuk menuju keberhasilan.

Wajar saja gagal dalam menggapai karier. Yang tak wajar adalah menyerah dan menganggap segala yang kamu usahakan adalah sia-sia.

Kunci Penting Itu Bernama Komunikasi

Pelajaran dari Perjalanan Karier Selama Bekerja

Komunikasi yang baik merupakan pelajaran dari perjalanan karier. Berada di lingkungan apapun di dunia ini, bekal yang harus kamu kuasai adalah komunikasi.

Baik itu berhubungan dengan orang tua, dengan teman, dan terutama yang kini sedang kamu hadapi yaitu bersama dengan atasan dan para rekan-rekan kerja.

Tapi kita perlu belajar dan meng-upgrade diri terus menerus mengenai komunikasi yang baik itu yang seperti apa.

Pasalnya, jika bekal komunikasimu buruk, pasti nanti yang muncul hanya masalah dan konflik yang akan membuat semuanya runyam. Alhasil, perjalanan karier yang terus kamu bangun itu roboh seketika itu juga.

Komunikasi yang baik juga akan memperluas pergaulan dan networking yang sedang kamu perjuangkan. Jaringan yang luas barang pasti akan memungkinkan naiknya perjalanan kariermu di masa mendatang.

Maka, jagalah komunikasimu agar tetap baik.

Perlunya Work-Life Balance Yang Tepat

Pelajaran dari Perjalanan Karier Selama Bekerja

Jika kamu sudah mulai merasakan bahwa kehidupan di tempat kerjamu mulai menganggu kehidupan pribadimu, mungkin yang kamu butuhkan adalah istirahat sebentar.

Kadang-kadang memang begitu.Kehidupan kantor terbawa oleh kehidupan pribadi. Dan sebaliknya, kehidupan pribadi terbawa oleh kehidupan kantor.

Jadi, untuk itu diperlukan keseimbangan yang baik demi menjaga karier agar semakin naik. Kalau bahasa sekarangnya sih, tak perlu over baper. Sebab jika sedikit-sedikit baper, tentu saja kariermu akan sulit dijaga dengan baik.

Jaga Hubungan Baik dengan Siapapun

Pelajaran dari Perjalanan Karier Selama Bekerja

Dunia kerja selalu bersinggungan dengan banyak orang, baik itu atasan, bawahan, rekan satu tim atau dengan kliean yang menggunakan jasa kita.

Meski kadang bersinggungan dengan beberapa perdebatan. Hubungan baik harus selalu dijaga. Perdebatan-biarlah perdebatan, selagi bisa diselesaikan bersama, kita harus selalu saling mendukung.

Menjaga hubungan baik harus terus dijalin meski sudah keluar dari perusahaan kita bekerja.

Berani Mencoba dan Terus Belajar

Pelajaran dari Perjalanan Karier Selama Bekerja

Tak menutup kemungkinan, tempat kerja dalah tempat kamu banyak belajar. Dari yang awalnya nol besar, kini menjadi seorang ahli. Yang tadinya tidak bisa, kini menjadi serba bisa.

Kerika bekerja, menyadarkan kita, bahwa harus terus berani mencoba dan terus belajar. Dan tentunya ini menjadi kenikmatan tersendiri bagi seorang karyawan ketika meniti kariernya.

Artikel lain: Tips di Hari Pertama Kerja

Hidup Bukan Cuma di Tempat Kerja

Pelajaran dari Perjalanan Karier Selama Bekerja

Dan terakhir, kamu harus sdar bahwa hidup bukan hanya di tempat kerja saja. Ketika pulang ke rumah, atau saat pensiun kamu harus sadar bahwa kehidupan yang sesungguhnya adalah bersama keluarga. Bersama mereka yang kita cintai.

Bekerjalah dengan sungguh-sungguh, dan jangan pernah lewatkan momen bahagia bersama keluarga. Jangan sampai terlalu mengejar karier, sedangkan keluarga terbengkalai.

Itulah beberapa pelajaran dari perjalanan karier yang mungkin bisa kamu petik dalam kehidupan karier yang sedang kamu jalani. Yang terpenting, pandai-pandailah mengambil pelajaran dalam setiap pengalaman kariermu. See you on top!

BERI KOMENTAR