Peluang Bisnis Air Minum Isi Ulang Dan Cara Memulainya

Sampai saat ini peluang bisnis air minum isi ulang masih menjadi bisnis yang menguntungkan, berikut ini akan dijelaskan cara memulainya.

Peluang Bisnis Air Minum Isi Ulang Dan Cara Memulainya

CEROBOH –  Siapa sih, yang tidak butuh air? Semua orang di dunia ini pasti membutuhkan air. Baik untuk keperluan mandi, memasak hingga keperluan minum sehari-hari.

Bayangkan saja jika sudah tak ada air, tentunya semua makhluk hidup akan mati karena dehidrasi kekurangan air. Ada air saja kadang manusia tetap tak bisa hidup karena airnya kotor.

Oleh sebab itulah, kita sebagai manusia membutuhkan air yang bersih untuk kepentingan kebutuhan sehari-hari—termasuk kebutuhkan untuk minum.

Karena kini sulitnya air bersih untuk kepentingan minum, kini banyak yang memanfaatkan peluang ini, menjadikannya sebuah bisnis dalam bentuk bisnis air minum isi ulang.

Tak dipungkiri dimana-mana bisnis ini semakin hari semakin memiliki peluang tinggi dan menjanjikan. Apalagi semakin bertambahnya penduduk, semakin banyak pula yang membutuhkan air yang bersih dan sehat.

Baik di desa ataupun di kota, bisnis air minum isi ulang ini mulai booming dan menjamur seiring berjalannya waktu. Peluang bisnis air minum isi ulang ini tentunya sangat memberikan keuntungan.

Baca juga: Tips Sebelum Berbisnis

Jadi, bagi kamu yang ingin berbisnis air minum isi ulang tentunya memiliki peluang yang tinggi jika memang memutuskan untuk mendirikan bisnis ini.

Cara Membuat Depot Air Minum Isi Ulang

Buat kamu yang ingin memutuskan untuk berbisnis air minum isi ulang (galon), tentu kamu bertanya-tanya dong. Bagaimana sih, cara memulai atau cara membuat depot air minum isi ulang?

Nah, jangan khawatir. Berikut ini akan saya jelaskan secara singkat mengenai cara memulai atau cara membuat depot air minum isi ulang (galon):

1. Pilih Lokasi Depot Air Minum Terlebih Dahulu

Hal pertama yang mesti kamu lakukan ketika ingin membuat depot air minum isi ulang adalah dengan menentukan lokasi yang tepat terlebih dahulu.

Sebaiknya memilih tepat usaha yang ramai dan strategis. Seperti lingkungan UMKM, dekat kos-kosan para pekerja pabrik, dekat kos-kosan dll.

2. Mintalah Surat Izin Dari Dinas Kesehatan

Selanjutnya yaitu kamu jangan lupa untuk meminta surat izin kepada Dinas Kesehatan. Sebab salah satu hal yang menjadi perhatian bisnis air minum isi ulang adalah kelayakan air minum.

Apakah air minum tersebut memenuhi persyaratan layak atau tidak berdasarkan standarisasi permenkes 492.

3. Tentukan Sumber Mata Air

Menentukan sumber mata air ketika ingin membuka bisnis air isi ulang adalah penting untuk diperhatikan.

Apakah kamu akan memilih sumber mata air pegunungan dengan kualitas tinggi, atau dari PDAM. Dalam hal ini tentu air pegunungan lebih mahal.

4. Siapkan Modal Dan Alatnya!

Terakhir untuk membuat bisnis air isi ulang kamu harus menyiapkan modal dan alat yang akan digunakan nanti.

Setidaknya modal yang kamu pegang sekitar 25 juta-an guna kepentingan mesin dengan kualitas yang sedang.

Selain alat kamu juga harus menyiapkan galon, motor untuk transportasi antar jemput, juga karyawan untuk antar jemput airnya juga.

5. Mulai Bisnismu Sekarang Juga!

Setelah mengetahui peluang bisnis air minum isi ulang: Terakhir, maka mulailah bisnis isi ulang air yang kamu rencanakan, sekarang juga!

Lihat juga: Usaha Yang Menguntungkan di Desa

Cara Mengembangkan Usaha Depot Air Minum

Jika sebelumnya telah membahas mengenai cara membuat depot air minum, selanjutnya kamu pasti bertanya mengenai pengembangannya.

Bagaimana sih, sebenarnya, cara mengembangkan usaha air minum isi ulang?

Berikut ini bisa kamu simak cara mengembangkan usaha depot air minum agar laris dan menghasilkan banyak keuntungan:

1. Tawarkan Kepada Konsumen Langsung

Hal pertama yang musti kamu lakukan ketika ingin mengembangkan depot bisnis air minum adalah dengan menawarkan kepada konsumen langsung.

Kamu juga bisa memasang surat izin dinasmu dengan frame di dinding lokasi depot air minum isi ulang milikmu. Agar pelanggan

2. Buatlah Spanduk Promosi Menarik

Selanjutnya setelah menawarkan secara langsung kepada konsumen, kamu bisa membuat spanduk promosi yang paling menarik.

Usahakan membuat spanduk yang mudah dibaca dan mencolok ya. Supaya konsumen tertarik dan akhirnya membeli air minum isi ulang produksi dari depotmu.

3. Sediakan Peminjaman Galon Gratis

Jika kamu adalah depot air isi ulang pertama di lingkunganmu, kamu bisa menyediakan peminjaman galon free untuk konsumen-komsumen awal.

Sebab kita tahu kan, harga galon tidak murah. Biasanya bisa berkisar hingga 100-ribuan.

4. Lakukan Promosi Secara Online dan Offline

Karena zaman kini semakin maju, maka para pelaku usaha juga harus aktif untuk promosi secara online.

Misalnya saja promosi melalui berbagai sosial media seperti Facebook, Whatsapp hingga bahkan Instagram.

Demikian ringkasan pembahasan mengenai Peluang bisnis air minum isi ulang yang mungkin bisa kamu jadikan gambaran, jika kamu ingin membuka bisnis satu ini.

Namun yang perlu diingat, yang paling penting dari sebuah bisnis adalah semangat dan kekonsistenan tinggi. Namanya bisnis pasti tetap tak jarang gagal dan bertemu kerugian sewaktu-waktu. Jadi jangan menyerah, ya. Selamat berbisnis!

Lihat juga: Modal Usaha Air Minum Isi Ulang

BERI KOMENTAR