Peluang Usaha Arang Tempurung Kelapa Saat Ini

Peluang usaha arang tempurung kelapa sangat menjanjikan, sebab usaha ini merupakan salah satu usaha yang tidak ada masa kadaluarsanya.

CEROBOH.COM – Tahukah kamu kenapa pramuka dilambangkan dengan pohon kelapa? Ya! Pohon kelapa adalah pohon yang bisa dimanfaatkan seluruh bagian-bagiannya. Istilahnya, tanaman zero waste. Mulai dari batangnya, daunnya  hingga batok atau tempurung kelapa. Nah, anak pramuka harus seperti pohon kelapa. Bisa bermanfaat dimanapun, kapanpun dan dalam keadaan apapun—layaknya pohon kelapa.

Nah, yang ingin dibahas di sini adalah tempurung kelapa. Tempurung kelapa bisa diolah menjadi arang tempurung kelapa. Sebab, beberapa usaha yang bergerak di bidang ini seperti penjual sate, pedagang kaki lima, restoran, warung makan dan lain sebagainya tentu setiap hari membutuhkan arang

Peluang Usaha Arang Tempurung Kelapa

Peluang Usaha Arang Tempurung Kelapa

Jika membahas mengenai pengolahan, tentunya arang tempurung kelapa ini sangat mudah dan bisa dikerjaan di rumah. Pengolahannya pun sederhana. Selain itu, arang tempurung kelapa ini adalah barang yang tidak memiliki kadaluarsa. Pokoknya, banyak sekali peluang usaha arang tempurung kelapa.

Lihat juga: Cara Mengatur Keuangan Di Masa Sulit Paling Praktis

Lalu, apa saja sih peluang usaha untuk bisnis arang tempurung kelapa yang menghasilkan untung besar?

Di bawah ini akan dibahas satu-satu mengenai beberapa peluang usaha yang mungkin bisa dijadikan patokan jika kamu ingin mendirikan usaha arang tempurung kelapa, yuk simak baik-baik ya:

1. Bisnis Arang Tempurung Kelapa Bisa dikerjakan di Lahan Terbatas

Peluang pertama jika kamu ingin berbisnis arang tempurung kelapa, kamu musti tahu bahwa bisnis arang tempurung kelapa bisa dikerjakan di lahan terbatas. Sebab, untuk membuat arang tempurung kelapa tidak dibutuhkan tempat yang luas.

Kamu bisa menggunakan halaman belakang atau halaman samping rumah. Dengan memanfaatkan lahan-lahan yang ada di sekitar, ini tentu akan menghemat juga biaya untuk penyewaan tempat.

2. Pebisnis Sate Mulai Beralih Menggunakan Tempurung Kelapa

Selanjutnya, peluang usaha arang tempurung kelapa yang mungkin bisa kamu ketahui adalah bahwa saat ini pebisnis sate atau makanan yang dibakar lain seperti ayam bakar, mereka mulai beralih menggunakan tempurung kelapa. Sebab, tempurung kelapa harganya lebih terjangkau.

Selain itu, arang tempurung kelapa jika dibakar bisa lebih tahan lama dibanding arang biasa. Jadi arang ini tidak mudah mati. Apalagi arang tempurung kelapa juga menghasilkan panas yang lebih tinggi. Debu dan asapnya pun tidak banyak. Jadi tidak terlalu mencemari lingkungan sekitar. Jadi, jika kamu berbisnis arang tempurung kelapa, ini akan menjadi peluang besar buat kamu. Sebab, kamu tentunya akan mendapat pasar yang lebih luas dan pelanggan tetap.

Baca juga: Peluang Usaha Agen Distributor Pakan Ternak Saat Ini

3. Tempurung Kelapa Merupakan Limbah

Di awal sudah disinggung bahwa pohon kepala adalah zero waste. Kita tetap bisa memanfaatkan semua bagian-bagiannya bahkan tempurung kelapanya. Kita bisa lihat, orang-orang yang berjualan kepala seringkali membuang limbah tempurungnya karena tidak dipakai. Dan itu bisa kita manfaatkan untuk kemudian kita jadikan arang. Arang ini bisa dijual untuk orang-orang yang menjual sate atau ayam bakar. Kita tidak perlu mengeluarkan modal.

4. Arang Tempurung Kelapa Tidak Ada Masa Kadaluarsa

Peluang usaha arang tempurung kelapa berikutnya adalah bahwa arang tempurung kelapa tidak memiliki masa kadaluarsa. Tidak seperti makanan, arang tempurung kelapa sangatlah awet—awet sampai arang tersebut dipakai.

5. Pasarnya Luas Dan Jelas

Tidak bisa kita pungkiri, berbisnis arang tempurung kelapa adalah bisnis yang memiliki peluang tinggi. Sebab bisnis ini pasarnya luas dan jelas. Mulai dari pedagang kaki lima, restoran dan juga warung makan.

Dengan pasar yang jelas, ke depannya kamu bisa mendapat pelanggan tetap dan bisa menjalin kerjasama. Dan ini tentunya tidak perlu repot-repot promosi karena sudah memiliki pelanggan tetap

Tips Berbisnis Tempurung Kelapa

Tips Berbisnis Tempurung Kelapa

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis arang tempurung kelapa:

1. Mulailah Dari Yang Kecil

Tips pertama yang harus kamu catat baik-baik jika kamu ingin membangun bisnis arang tempurung kelapa adalah kamu bisa memulainya dari yang kecil terlebih dahulu. Misalnya, jika ada tetanggamu yang berjualan kelapa, tempurungnya bisa mengambil dari situ.

Selanjutnya kamu bisa menawarkannya kepada para pedagang kaki lima seperti penjual sate, ayam bakar dan sejenisnya. Jika sudah jelas kamu memiliki pelanggan, barulah kamu melebarkan sayapmu dan memperbanyak stok.

2. Seringlah Berinteraksi Dengan Tukang Sate

Setelah mengetahui peluang usaha arang tempurung kelapa, kamu juga harus mengetahui kunci berbisnis adalah memperluas jaringan atau networking. Carilah networking yang luas, maka rezeki akan datang kepadamu. Jika kamu berbisnis arang tempurung kelapa, kamu tahu bahwa pasarmu adalah para pedagang kaki lima seperti sate atau ayam bakar.

Nah, dekatilah mereka, ajaklah mereka berinteraksi dan kemudian sembari sisipkan bisnis arangmu di antara obrolan-obrolan yang sedang berlangsung. Dengan sering berinteraksi maka kamu akan mendapat rezeki yang banyak.

3. Kalau Kamu Paham Marketplace, Juallah di Marketplace

Zaman sekarang adalah zaman digital. Bukan hal aneh lagi jika pasar sekarang beralih ke marketplace. Nah, kamu bisa menjual arangmu di marketplace. Dengan begitu, pelanggan akan mengetahui produkmu.

Itulah beberapa peluang usaha arang tempurung kelapa. Semoga tips-tips dan beberapa peluang di atas bisa membantu, ya.

Tulisan lainnya: Peluang Bisnis Toko Obat Herbal Masih Dikit Pesaingnya

BERI KOMENTAR