7 Peluang Usaha Lulusan SMK, Pasti Bisa!

Peluang usaha lulusan SMK berikut ini bisa menjadi usaha sampingan bagi anak-anak SMK yang ingin mendapatkan uang tambahan. Mari simak!

ilustrasi freepik / @freepik

CEROBOH – Menjadi lulusan SMK kini harus lebih bisa meningkatkan kreatifitasnya. Pasalnya, banyak lulusan perguruan tinggi yang menjadi pesaing anak-anak lulusan SMK. Jadi, mau tak mau, anak SMK harus bisa survive untuk menciptakan lapangan kerja sendiri.

Pada setahun terakhir ini, pengangguran di Indonesia meningkat hingga 60 ribu orang. Jika disorot dari tingkat pendidikannya, TPT (Tingkat Pengangguran Terbuka) yang paling tinggi masih berada pada tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jika dibandingkan dengan tingkat pendidikan lain, yaitu sebesar 8,49 persen.

Jika kita telisik lebih dalam, ternyata banyak sekali peluang yang sebenarnya bisa diambil oleh para lulusan SMK, terutama dalam dunia bisnis dan usaha. Jadi, kalau pandai survive, tak akan kalah dengan para lulusan perguruan tinggi.

Lantas, peluang bisnis apa saja yang mungkin bisa diambil oleh para lulusan SMK ini?

Berikut ini akan dipaparkan beberapa peluang usaha lulusan SMK yang mungkin bisa kamu coba:

1. Menjadi Content Creator

Peluang usaha pertama yang bisa diambil oleh para lulusan SMK yaitu menjadi content creator. Di era digital yang serba online, semua orang memiliki kesempatan untuk menjadi content creator.

Profesi content creator seolah menjadi pekerjaan yang kini banyak diminati oleh banyak orang di semua kalangan. Tak terkecuali anak SMK.

Content creator biasanya membuat video kreatif di Youtube. Atau bisa juga menulis artikel di blog. Asal punya HP, laptop pendukung dan sambungan internet, kamu sudah bisa menjadi content creator.

Asal kamu konsisten dalam berkarya, ini bisa menjadi peluang untuk kamu bisa semakin sukses ke depannya.

2. Usaha Agen Jasa Pengiriman

Selanjutnya buat anak SMK kamu bisa berbisnis agen jasa pengiriman barang. Banyak penjual yang saking sibuknya mereka butuh jasa kurir untuk mengantarkannya. Nah, ini bisa menjadi peluang besar dong, buat kamu para lulusan SMK.

Tak perlu modal besar kok, untuk memulai bisnis jasa pengiriman barang. Asal pandai mencari peluang. Seperti misal mengajak kerjasama dengan toko-toko online yang telah memiliki omset besar.

Yang terpenting dalam menjadi agen jasa pengiriman seperti ini sebenarnya hanya butuh tanggung jawab yang besar. Dengan begitu, baik penjual dan pembeli akan merasa puas dengan pelayananmu.

Baca juga: Bisnis Modal 300 Ribu

3. Usaha Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner merupakan bisnis yang dijamin tak akan pernah ada redupnya di dunia ini. Pasalnya, yang namanya makanan setiap orang pasti membutuhkannya. Karena makanan tentu saja hal pokok yang harus dipenuhi setiap orang.

Nah, lulusan SMK juga memiliki peluang tinggi untuk berbisnis di bidang kuliner ini. Kamu bisa memulainya dengan cara online, membuat outlet kecil-kecilan hingga membesar menjadi sebuah kedai makanan yang membuka banyak cabang.

Banyak sekali kok, ide-ide yang bisa kamu buat bisnis kuliner ini. Mulai dari es yang sedang viral seperti es kepal milo pada zamannya. Atau mungkin indomie pedas pada zamannya. Kuncinya kamu harus pandai berinovasi, menjaga kualitas makanan hingga harga yang kompetitif.

4. Menjadi Guru Les Privat

Peluang usaha lulusan SMK berikutnya yaitu kamu bisa menjadi guru les privat. Baik itu tingkat SD maupun SMP. Jika memungkinkan, kamu juga bisa berkesempatan mengajar anak SMA.

Untuk mata pelajaran, mungkin kamu bisa memilih mata pelajaran yang kamu kuasai. Seperti misal Matematika dasar, Bahasa Inggris dasar dan sebagainya.

Untuk promosi, kamu bisa memulai dengan memasang iklan di sosial media. Lalu pasanglah brosur di sekitarmu bahwa kamu membuka les privat. Dan ini akan menjadi peluang bisnis besar untukmu kalau kamu telaten.

5. Mengelola Toko Online

Mengelola bisnis online juga bisa dijadikan peluang bisnis untuk lulusan SMK. Kamu bisa membuka bisnis online mulai dari jualan baju, sepatu, tas hingga peralatan elektronik.

Untuk memulai bisnis ini, kamu tak perlu modal besar di awal kok. Cukup dengan kemampuan dan keahlian bisnis yang tinggi, kamu akan mendapat peluang sukses besar.

Jika tak butuh modal sama sekali, kamu bisa memulainya dengan menjadi dropshipper. Jadi, berbeda dengan reseller yang harus memiliki stok barang dahulu.

6. Bisnis Menjual Pulsa Elektrik

Peluang bisnis lulusan SMK selanjutnya yaitu kamu bisa berbisnis menjual pulsa elektrik. Apalagi jika kamu adalah anak yang populer dan pandai bergaul di sekolah. Ini bisa menjadi usaha yang menguntungkan.

Tak hanya pulsa elektrik saja yang bisa kamu jual. Berkat kemajuan teknologi, kamu bisa menjual paket internet, token listrik, TV kabel hingga bahkan cicilan motor pun bisa kamu jual.

Untuk modal awal, kamu bisa memulainya dengan deposit mulai 100 ribuan. Jika laris, bisnis ini akan semakin berkembang dan menguntungkan!

Lihat juga: Kuliah Sambil Kerja Di Luar Negeri

7. Jasa Endorse di Media Sosial

Nah, bisnis terakhir yang bisa dijadikan peluang untuk lulusan SMK yaitu jasa endorse di media sosial.

Berkat berkembangnya teknologi terutama palform media sosial seperti Instagram, Twitter atau mungkin Facebook, semua bisa dijadikan peluang bisnis.

Tak perlu menjadi selebgram dulu untuk bisnis jasa endorse. Asal followersmu berkisar 5000 hingga 10.000 saja kamu sudah mungkin membuka jasa endorse.

Itulah beberapa peluang usaha lulusan SMK yang bisa kamu jadikan peluang untuk kamu tekuni. Semoga membantu, ya. Selamat berbisnis!

BERI KOMENTAR