Pengertian Content Marketing: Belajar Memahami Pemasaran Konten

Pada materi ini saja jelaskan pengertian content marketing secara lengkap. Agar kamu bisa belajar memahami pemasaran konten dengan tepat.

Pengertian Content Marketing: Belajar Memahami Pemasaran Konten

Ceroboh.com – Content marketing atau jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yaitu pemasaran konten—merupakan salah satu teknik marketing yang saat ini banyak diandalkan.

Menurut para ahli marketing, saat ini content marketing merupakan cara memasarkan produk yang paling efektif. Terlebih, di zaman 4.0 orang-orang banyak mengandalkan teknologi digital.

Nah, di era ini content marketing banyak digunakan untuk mengenalkan produk secara halus.

Lalu, sebenarnya apa itu content marketing?

Dan kenapa content marketing lebih efektif dibandingkan dengan pemasaran secara tradisional?

Mari kita bahas dengan lengkap!

Apa itu Content Marketing?

Jika diartikan secara bahasa (Indonesia), content marketing sama dengan pemasarkan konten.

Namun, mari kita belajar memahami content marketing secara mendalam.

Pengertian Content Marketing Secara Umum

Secara umum:

Content Marketing adalah sebuah teknik pemasaran produk atau jasa dengan menggunakan media berupa teks, gambar, audio atau video, untuk menarik audience agar mereka menjadi pelanggan yang potensial.

Pengertian Content Marketing Menurut Para Ahli

Sekarang saya mengutip dua orang ahli marketing berpendapat tentang pemasaran produk.

Menurut Gunelius (2011): Content marketing adalah cara promosi sebuah bisnis dengan menggunakan media teks, video dan audio, dengan tujuan agar bisnis tersebut memiliki nilai tambah, bisa dilakukan secara online ataupun offline.

Menurut Handley (2010): Content marketing adalah teknik promosi perseorangan atau organisasi dengan cara menceritakan bisnis mereka layaknya sebuah percakapan, sehingga bisa menarik simpatisan atau audience.

Sehingga dapat disimpulkan, maksud dari content marketing adalah untuk menarik simpatisan agar mereka tertarik dengan produk yang kita tawarkan. Lebih dalam lagi akan saya bahas pada poin selanjutnya.

Pengertian Content Marketing: Belajar Memahami Pemasaran Konten

Tujuan Content Marketing

Dari pengertian content marketing di atas dapat kita simpulkan, tujuan dari content marketing adalah:

  • Memberitahu Audience;
  • Menarik Audience; dan
  • Mengonversi Audience.
Pengertian Content Marketing: Belajar Memahami Pemasaran Konten

Mari simak penjelasannya:

#1 Memberitahu Audience

Bahan utama membuat konten adalah teks, gambar, audio, video dan atau gabungan dari keempat elemen tersebut.

Nah, pembuatan konten fungsinya untuk memberitahukan audience bahwa kamu memiliki produk. Dari sini, sudah terlihat tujuan dari content marketing adalah memberitahukan calon konsumen bahwa kamu memiliki produk.

Dengan melihat konten tersebut, audience akan mengenal informasi terkait produk yang ditawarkan.

#2 Menarik Audiennce

Setelah audience mengenal produk yang ditawarkan, tujuan dari content marketing adalah untuk menarik audience baru.

Dengan harapan setelah mengenali produk kita, mereka tertarik—kemudian membeli produk yang ditawarkan.

Intinya, dari pemirsa, menjadi pembeli.

#3 Mengonversi Audience

Pertama memberi tahu audience, kedua menarik audience menjadi pembeli/pelanggan. Nah, tujuan content marketing yang terakhir adalah mengonversi pembeli menjadi pelanggan tetap.

Pelanggan tetap ini sering disebut dengan pelanggan potensial. Mereka tidak hanya sekali membeli produk. Melainkan, menjadikan mereka ketergantungan terhadap produk yang kita tawarkan.

Sehingga membeli produk yang kita produksi menjadi sebuah rutinitas. Dan terjadi pengulangan pembelian produk secara rutin.

Platform Content Marketing

Pengertian Content Marketing: Belajar Memahami Pemasaran Konten

Untuk mendapatkan pelanggan potensial, kamu harus membuat konten yang menarik. Selain itu, posting konten tersebut di platform yang tepat.

Sebagaimana yang sudah diketahui, bahwa content marketing memiliki empat elemen utama, yaitu: teks, gambar, audio dan video.

Nah, agar lebih efektif keempat elemen tersebut harus diposting menggunakan media yang tepat. Mari kita bahas satu persatu.

#1 Pemasaran Konten Teks

Konten teks atau konten artikel bisa dipasarkan melalui media blog atau website. Platform yang bisa digunakan untuk pemasaran konten teks adalah: Blogger, WordPress, Joomla, atau media publikasi lainnya.

Nah, biasanya konten artikel diproduksi sesuai dengan materi yang berkaitan produk yang ditawarkan.

Contoh: Sebuah perusahaan “Jasa Pembuatan Website”, membuat sebuah blog dengan tema seputar tutorial blog/website. Kemudian mereka memproduksi artikel sebanyak-banyaknya yang berkaitan dengan jasa tersebut. Misal:

  • Artikel tentang cara membeli domain
  • Artikel tentang instal wordpress
  • Artikel tentang optimasi sebuah website
  • Dan artikel lain yang berkaitan

Dengan artikel-artikel tersebut, mereka bisa mendapatkan trafik pengunung web yang potensial. Sehingga para pengunjung tersebut bisa dikonversi menjadi calon pelanggan.

#2 Pemasaran Konten Gambar

Sudah banyak sosial media yang mumpuni untuk memasarkan konten bergambar. Misalnya seperti Instagram, Facebook, WhatsApp Story, bahkan Twitter.

Namun platform yang paling potensial untuk mempublikasikan konten bergambar adalah Instagram. Sebab, Instagram memiliki fitur galeri yang dapat menayangkan banyak gambar.

#3 Pemasaran Konten Audio

Dulu, konten audio merupakan konten pemasaran yang paling potensial. Yakni ketika zamannya radio banyak diminati. Nah, membuat materi promosi dalam bentuk audio bisa dipasarkan dengan menggunakan jaringan radio lokal.

Saat ini, konten audio bisa dipasarkan dengan cara bekerjasama dengan para podcaster. Podcast sedang banyak digandrungi oleh kalangan anak muda. Dan ini pasarnya lumayan luas.

Adapun platform yang bisa mempublikasikan konten audio adalah: SoundCloud, Google Podcast, dls.

#4 Pemasaran Konten Video

Prediksi para ahli marketing, ketika jaringan 5G sudah terdistribusi secara merata, maka konten video akan menggeser konten teks dan gambar.

Sudah terlihat, saat ini platform seperti Youtube menjadi peringkat teratas sebagai platform yang banyak digunakan.

Pemasaran menggunakan konten video bisa lebih interaktif. Karena audience dapat melihat juga mendengar konten yang kita publikasikan.

#5 Pemasaran Konten Kombinasi

Keempat konten tersebut bisa dikombinasikan, kemudian dibuat satu konten yang menarik. Nah, itu akan lebih efektif dalam pembuatan content marketing.

Dengan mengkombinasikan keempat elemen, kamu bisa mempublikasikan konten tersebut di berbagai platform. Hal ini bisa memangkas biaya dalam pembuatan content marketing.

Kesimpulan Content Marketing

Dapat disimpulkan bahwa content marketing merupakan kegiatan pendekatan kepada calon pelanggan. Agar mereka mengenal kita kemudian tertarik terhadap produk yang ditawarkan.

Lebih dari itu, tentu supaya dapat memberikan nilai tambah. Sehingga mereka merasa puas, kemudian melakukan pengulangan untuk menggunakan produk yang kita produksi.

Banyak platform content marketing yang bisa digunakan untuk mempublikasikan konten. Namun yang paling efektif adalah mengkombinasikan keempat elemen konten (teks, gambar, video dan audio). Kemudian mempublikasikannya di berbagai platform.

Dengan belajar memahami pengertian content marketing, kegiatan marketing menjadi lebih terarah dan tertarget. Sehingga mendapatkan pelanggan potensial menjadi lebih mudah.

BERI KOMENTAR