Pengertian Website Desa Secara Detail

Sudah seharusnya di zaman sekarang Desa memiliki website sendiri, sebelum membuatnya pahami dulu pengertian website desa.

Pengertian Website Desa

Ceroboh.com – Sebelum masuk pada pembahasan yang lebih detail, baiknya kita mengetahui dulu apa itu website? Kemudian nanti selanjutnya apa itu website desa?

Kenapa sih kita harus mengetahui arti dari website desa? Karena di zaman sekarang ini memiliki website adalah suatu kelaziman, apalagi keterbukaan informasi publik skala desa ini sudah diatur oleh Undang-Undang Desa.

Sehingga mengetahui pengertian website desa menjadi penting. Agar tidak terjadi kesalahan atau penyimpangan saat pembuatan website desa itu sendiri. Paham kan?

Pengertian Website Secara Umum

Pertama, secara garis besar website adalah suatu portal atau situs yang dapat diakses secara online, dimana situs tersebut dapat menampilkan informasi baik berupa teks, gambar, video ataupun konten suara.

Website sangat luas pengeriannya, sehingga tidak bisa dibatasi sampai situ saja. Website juga bisa menampilkan produk barang dagangan atau bisa juga menampilkan profil sebuah perusahaan. Namun pada intinya website itu suatu situs/portal yang menampilkan informasi.

Lihat juga: Tujuan Membuat Website Desa

Pengertian Desa Secara Umum

Sampai disini kita sudah mengetahi apa pengertian dari website itu sendiri. Selanjutnya kita harus mengetahui apa itu desa? Jika kita mengambil rujukan dari Wikipedia, maka Desa bisa diartikan sebuah aglomerasi permukiman di area perdesaan. Atau, istilah desa adalah pembagian wilayah administratif di Indonesia di bawah kecamatan, yang dipimpin oleh Kepala Desa.

Adapun pengertian desa berdasarkan undang-undang tentang Desa, tepatnya Undang-Undang Republik Indonesia  Nomor 6 Tahun 2014, adalah ;

Desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan,  kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem  pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca juga: Cara Mempromosikan Website Desa

Pengertian Website Desa

Setelah mengetahui pengertian kedua kata tersebut, maka kita dapat menyimpulkan bahwa

Website Desa adalah suatu portal atau situs berbasis online yang di dalamnya terdapat informasi publik seputar kegiatan Desa, baik dari segi administrasi, sosial, budaya, kelembagaan dan informasi lainnya yang berkaitan dengan desa tersebut.

Dengan tujuan menyediakan informasi yang akurat agar diketahui oleh khalayak seputar kegiatan desa tersebut, juga bertujuan untuk mengenalkan potensi desa tersebut.

Singkatnya, Website Desa adalah situs online yang didalamnya menyuguhkan informasi seputar desa terkait, dengan harapan adanya keterbukaan informasi dan bertujuan untuk mengenalkan Desa pada publik.

Website desa ini dikelola oleh aparat desa yang sudah dimandati SK oleh Kepala Desa. Atau pihak lain yang masih ada kaitannya dengan aparat desa secara sah dan legal. Sehingga informasi yang disajikan merupakan informasi yang akurat.

Lantas bagaimana cara membuat website desa? Nanti Tim Ceroboh akan menjelaskan secara rinci.

Lainnya: Alasan Harus Membuat Website Desa

BERI KOMENTAR