Pentingnya Buku Untuk Investasi: Gerakan Ayo Beli Buku!

Ada beberapa alasan pentingnya buku untuk investasi. Selain untuk investasi dalam bentuk barang, kamu juga bisa investasi ilmu.

Pentingnya Buku Untuk Investasi: Gerakan Ayo Beli Buku!
ilustrasi freepik/macrovector

CEROBOH – Bagi beberapa orang yang suka membaca, membeli buku menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Apalagi kalau ada diskon buku, pameran-pameran buku hingga promo-promo menarik ketika launching buku dari penulis favorit.

Bahkan saking senangnya membeli buku, mereka sampai menumpuk buku namun banyak list yang ternyata belum dibaca.

Namun, membeli buku meski belum terbaca, bukan menjadi penyesalan bagi orang yang menyukai buku.

Pentingnya Investasi Buku

Bagi mereka, investasi yang tak akan pernah rugi adalah investasi buku. Sebab, semua orang mengetahui bahwa buku memiliki banyak sekali manfaat.

Bahkan kita tetap akan mendapat pahala ketika ada teman yang meminjam buku kepada kita.

Lalu apa sih, pentingnya buku untuk dijadikan sebagai investasi jangka panjang?

Yuk simak beberapa pentingnya buku untuk investasi dalam jangka waktu yang panjang:

1. Buku Memberikan Materi Yang Bisa Dikembangkan

Pentingnya Buku Untuk Investasi

Pentingnya buku sebagai investasi bahwa buku akan memberikan materi yang bisa dikembangkan oleh pemilik buku.

Jika rumah atau mobil adalah aset yang semakin lama semakin menurun nilainya, maka buku justru adalah aset investasi yang bisa jadi semakin waktu berjalan, maka semakin naik nilainya.

Artinya bahwa membeli buku tak sekadar membeli buku. Namun juga menyediakan materi untuk kemudian dikembangkan dan bahkan bisa menjadi inspirasi untuk karya baru.

2. Buku Merupakan Gudang Ilmu

Pentingnya Buku Untuk Investasi

Siapa sih, yang nggak pernah mendengar kalimat “buku adalah gudang ilmu”? Ungkapan ini pasti akan kamu temukan di mana-mana, terutama di perpustakaan atau di toko-toko buku.

Dengan membaca sebuah buku, maka kamu telah menambah ilmu-ilmu, menyerapnya ke dalam otak dan hatimu—tanpa batas. Itulah pentingnya buku untuk investasi, salah satunya yaitu investasi ilmu.

Jadi, jika kamu bertanya mengenai arti penting investasi buku yaitu, bahwa buku adalah gudang ilmu. Dan membaca merupakan kunci dari gudang ilmu buku tersebut.

Baca juga: Manfaat Membaca Buku Novel

3. Beberapa Buku Dicetak Terbatas

Pentingnya Buku Untuk Investasi

Pentingnya buku untuk investasi selanjutnya yaitu bahwa beberapa buku dicetak terbatas dan tidak setiap tahun masuk dalam pencetakan. Misalnya buku ensiklopedia versi terbatas dan masih banyak lagi.

Karena buku-buku semacam itu dicetak terbatas, maka beberapa tahun yang akan datang kemungkinan besar harganya akan naik karena tak cetak lagi.

4. Buku Melahirkan Motivasi/Dorongan

Pentingnya Buku Untuk Investasi

Beberapa buku yang isinya menarik kerap melahirkan motivasi atau dorongan. Bahkan pada buku-buku tertentu ternyata bisa menjadi motivasi hidup untuk beberapa orang.

Kadang-kadang ada buku yang membuat orang semakin penasaran. Jadi dia terdorong untuk mencari jawaban atas kalimat tertentu yang menggantung–di mana kalimat tersebut sengaja dibuat sang penulis agar pembaca penasaran.

5. Buku Merupakan Warisan Ilmu

Pentingnya Buku Untuk Investasi

Pentingnya buku untuk investasi selanjutnya adalah bahwa buku bisa dijadikan sebagai warisan dalam bentuk ilmu.

Jika rumah dan mobil adalah warisan harta, maka buku bisa menjadi warisan ilmu yang bisa jadi kebaikan di dalamnya mengalir sampai kepada keturunan kelak.

Bukanlah ilmu adalah warisan paling berharga?

6. Buku Menjadi Media Perantara Pertemanan

Pentingnya Buku Untuk Investasi

Pentingnya buku sebagai investasi di kemudian hari, terakhir yaitu ternyata buku bisa menjadi media perantara pertemanan.

Maksudnya, kadang-kadang sebuah buku akan mempertemukan orang-orang yang sama-sama menyukai buku yang sama.

Atau bisa jadi buku juga akan mempertemukan pembaca dengan penulis buku tersebut. Dengan begitu, mereka akan saling mengenal dan akan menciptakan keakraban.

Lihat juga: Review Buku Dear Tomorrow

Gerakan Ayo Beli Buku

Bagaimana, sekarang sudah tau kan kenapa harus berinvestasi dalam bentuk buku?

Maka dari itu, mulai sekarang ayo kita gaungkangerakan membeli buku. Selain untuk investasi dalam bentuk benda, tentu kita juga bisa investasi dalam bentuk ilmu.

Demikian 6 pentingnya buku untuk investasi yang mungkin bisa dirasakan. Jadi, buat kamu yang hobi membaca dan mengoleksi buku, sudah berapa ratus buku yang sudah kamu jadikan investasi hingga sekarang?

BERI KOMENTAR