7 Alasan Pentingnya Etika Dalam Bisnis Dan Cara Menerapkannya

Alasan pentingnya etika dalam bisnis, salah satunya adalah untuk menjaga sebuah kepercayaan, untuk lebih lengkap berikut ini penjelasannya.

7 Alasan Pentingnya Etika Dalam Bisnis Dan Cara Menerapkannya

CEROBOH – Tujuan utama dari berbisnis adalah untuk mendapatkan profit dan keuntungan sebanyak-banyaknya. Namun, untuk mencapai tujuan itu, bukan dengan menghalalkan berbagai macam cara. Termasuk cara-cara yang merugikan orang lain.

Di sinilah pentingnya etika dalam menjalankan sebuah bisnis. Selain untuk menjaga reputasi bisnis milikmu, etika juga tentu untuk meningkatkan pelayanan terhadap konsumen yang kita layani.

Sehingga dengan adanya etika yang baik, bisnis yang kamu jalani lebih terpercaya. Kemudian, bisa membangun hubungan emosional antara pelanggan dengan produk yang ia gunakan.

Mungkin diantara pembaca ada yang bertanya: Kenapa etika itu penting dalam menjalankan sebuah bisnis atau usaha?

Berikut ini akan dijelaskan 7 alasan pentingnya etika dalam bisnis untuk membangun reputasi yang lebih baik:

1. Menciptakan Kepercayaan

Alasan Pentingnya Etika Dalam Bisnis Dan Cara Menerapkannya

Kepercayaan adalah nomer satu dalam sebuah bisnis. Bisnis yang dipercaya merupakan bisnis jangka panajng. Dengan adanya kepercayaan akan tercipta loyalitas terhadap bisnis tersebut.

Dengan menerapkan etika dalam bisnis, kamu bisa mendapatkan kepercayaan dari banyak lingkup. Mulai dari kepercayaan para pelanggan, hingga kepercayaan dari rekan bisnis. Terlebih lagi, kamu akan mendapatkan kepercayaan dari para karyawan.

Maka dari itu etika bisnis sangatlah benting. Hal ini bertujuan untuk menciptakan kepercayaan dari segala stake holder.

2. Menjalin Hubungan Jangka Panjang

Alasan Pentingnya Etika Dalam Bisnis Dan Cara Menerapkannya

Bisnis atau usaha yang bagus adalah yang bisa bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Disinilah alasakan kenapa menerapkan etika bisnis itu penting bagi para pengusaha.

Sebab, ini bisa menjalin hubungan jangka panjang. Terutama hubungan kamu dengan pelanggan yang sudah menggunakan produk milikmu.

Bayangkan saja ketika kamu tidak beretika ketika berbisnis, kemudian pelanggan kecewa. Maka, sudah dapat dipastikan pelanggan tersebut enggan menggunakan lagi produk milikmu itu.

Hasilnya? Bisnismu tidak bisa berjalan panjang. Sebab, kamu tidak bisa menjaga hubungan dengan konsumen.

Maka dari itu, mulai saat ini waktunya menjaga hubungan tersebut. Tentunya, dengan menerapkan etika-etika yang baik ketika menjalani bisnis.

Baca juga: Keuntungan Bisnis Depot Air Minum

3. Menjaga Reputasi

Alasan Pentingnya Etika Dalam Bisnis Dan Cara Menerapkannya

Alasan pentingnya etika dalam bisnis selanjutnya adalah untuk menjaga reputasi sebuah bisnis. Bisnis yang dilakukan tanpa etika, tentu akan kurang dipercayai. Sehingga hasilnya mendapat reputasi buruk di mata publik.

Bisa kamu lihat beberapa perusahaan yang bangkrut karena melakukan hal-hal curang yang tidak beretika, ketika berbisnis. Ini menghasilkan reputasi buruk terhadap perusahaan tersebut. Sehingga tak aneh jika mereka bisa gulung tikar.

Disinilah pentingnya sebuah etika ketika berbisnis. Etika, bisa menjaga reputasi sebuah bisnis yang kamu jalani.

4. Memperkuat Brand Image

Alasan Pentingnya Etika Dalam Bisnis Dan Cara Menerapkannya

Etika Bisnis juga bisa memperkuat Brand Image. Etika yang baik, pelayanan yang baik dan stategi yang ramah, bisa menciptakan kesan tersendiri di mata para konsumen. Atau di mata para perusahaan yang bekerjasama denganmu.

Kesan tersebut akan selalu diingat, kemudian selanjutnya akan melahirkan brand image yang baik.

Misalnya saja, ketika kamu melayani keluhan pelanggan dengan ramah, dengan sopan santun. Pasti konsumen tersebut akan merasa dilayani. Nah, pelayanan inilah yang akan melahirkan Brand Image yang kuat.

Inilah peran etika bisnis yang harus kamu ketahui. Ketika Barand Image semakin kuat, maka loyalitas pelanggan akan semakin kuat pula. Sehingga mereka tak segan untuk terus-terusan menggunakan produk milikmu itu.

5. Memperluas Koneksi dan Jaringan

Alasan Pentingnya Etika Dalam Bisnis Dan Cara Menerapkannya

Sebuah bisnis yang baik adalah yang bisa menjalin koneksi dan jaringan dengan baik. Kemudian bisa memperluas jaringan tersebut. Sehingga, bisnis bisa semakin maju.

Ini juga menjadi alasan pentingnya etika dalam bisnis, ketika kamu menerapkannya dalam berbisnis. Sudah tentu, bisa memperluas koneksi dan memperluas jaringan.

Dengan demikian, bisnis yang dijalani bisa semakin berkembang dan semakin maju. Karena memiliki banyak relasi dan banyak pelanggan.

6. Menghindari Persaingan Tidak Sehat

Alasan Pentingnya Etika Dalam Bisnis Dan Cara Menerapkannya

Persaingan dalam sebuah bisnis adalah suatu hal yang wajar. Namun harus diperhatikan dulu, persainganya bagaimana? Apakah persaingannya sehat? Atau persaingannya tidak sehat?

Etika bisnis yang buruk, bisa menyebabkan persaingan yang tidak sehat. Sebab ketika kompetitor merasa dikecewakan dengan bisnis milikmu yang tidak beretika. Maka mereka akan melakukan berbagai macam cara untuk mengalahkan bisnis milikmu.

Intinya, dengan etika bisnis yang baik—kamu bisa menjaga hubungan dalam persaingan tersebut. Meskipun bersaing, tapi bersaing secara sehat. Sehingga tidak saling merugikan bagi kedua belah pihak.

Lihat juga: Usaha Yang Menguntungkan di Desa

7. Menjaga Kesehatan Bisnis

Alasan Pentingnya Etika Dalam Bisnis Dan Cara Menerapkannya

Bisnis yang sehat adalah bisnis yang bisa menjaga ke enam poin sebelunya, yang sudah dijelaskan. Mulai dari terciptanya kepercayaan hingga adanya persaingan yang sehat.

Dengan demikian bisnis yang kamu jalani bisa dikatakan sehat. Terlebih jika kamu bisa memiliki banyak pelanggan dan banyak keuntungan.

Itulah beberapa alasan pentingnya etika dalam bisnis yang harus kamu pahami selaku pengusaha. Intinya, etika itu adalah sesuatu yang penting dan harus diterapkan dalam menjalani bisnis atau usaha.

BERI KOMENTAR