6 Alasan Pentingnya Magang Untuk Mahasiswa

Pentingnya magang akan terasa jika kamu sudah masuk Ke dunia kerja, pekerjaan akan lebih ringan dan penghasilan akan lebih besar.

6 Alasan Pentingnya Magang Untuk Mahasiswa
ilustrasi freepik/@katemangostar

CEROBOH – Banyak rumor yang beredar bahwa kerja magang hanyalah membuang-buang waktu saja.

Selain itu banyak membuang tenaga juga. Bagi yang sempat percaya pada rumor tersebut, saatnya untuk lebih membuka wawasan lagi.

Bahwasannya magang adalah hal yang sangat bermanfaat untuk mahasiswa dan bagi fresh graduate.

Magang bisa menambah wawasan dan jam terbang kamu di beberapa bidang. Hal ini akan bermanfaat sebelum kamu memasuki dunia kerja.

Juga, sebagai proses pengenalan awal sebelum full time bekerja di perusahaan yang kamu impikan.

Apa saja manfaat dan tujuan magang untuk seorang mahasiswa?

Berikut ini adalah 6 alasan kenapa magang itu penting sebelum memasuki dunia kerja:

Membuka Peluang Kerja Full Time

pentingnya magang sebelum kerja

Alasan pentingnya magang yang pertama adalah bisa membuka peluang lebih besar mendapatkan kerja full time. Perusahaan biasanya lebih memilih pelamar yang sudah berpengalaman, minimalnya setahun jam kerja.

Dengan magang, maka kamu memiliki pengalaman kerja. Kamu bisa mencantumkan pengalaman magangmu di CV yang dibuat untuk melamar kerja.

Pengalaman magang ini tentu akan menjadi nilai positif supaya kamu diterima kerja full time di perusahaan yang kamu impikan.

Memperluas Jangkauan Relasi

Alasan Pentingnya Magang Sebelum Kerja Full Time

Melakukan kegiatan magang akan memepertemukan kamu dengan banyak orang. Kenal dengan banyak orang di dunia kerja adalah sebuah investasi membangun relasi.

Bisa jadi orang-orang tersebut adalah calon-calon founder sebuah perusahaan yang kedepannya mengajak kerja sama bekerja denganmu.

Selain itu, dengan magang kamu bisa kenal dengan orang yang seprofesi denganmu. Kamu bisa belajar dari mereka yang lebih ahli.

Banyak-banyaklah belajar hal baru ketika magang di sebuah perusahaan. Terus asah kemamupan bidang yang digeluti.

Baca juga: Alasan Bekerja Di Startup

Mengasah Keterampilan dan Kemampuan

Manfaat melakukan magang

Saat magang kamu akan diberi tugas dan tanggung jawab sebuah pekerjaan. Nah, tanggung jawab yang diberikan kepadamu merupakan langkah untuk mengasah kemampuan dan keterampilan.

Maksimalkan kesempatan ini untuk melatih diri. Sehingga ketika memasuki dunia kerja yang sesungguhnya kamu sudah terbiasa memikil tanggung jawab tersebut.

Maka dari itu jangan ragu unuk melakukan magang ketika masih kuliah, ketika masih banyak waktu luang.

Dapat Meningkatkan Penghasilan

Alasan Pentingnya Proses Magang

Ketika magang bisa jadi kamu hanya dibayar kecil, bahkan tidak dibayar sama sekali. Namun nggak usah khawatir akan hal tersebut, karena magang merupakan kerja investasi.

Biarpun tidak dibayar secara langsung, dengan magang kamu memiliki jam terbang. Artinya kamu memiliki portofolio kerja.

Hal ini akan berguna saat kamu memasuki dunia kerja. Karyawan yang memiliki pengalaman tentu saja akan dibayar lebih mahal ketimbang karyawan yang baru memulai jam kerja.

Jelas, magang sangat bermanfaat kan?

Memahami Proses Dunia Kerja

keuntungan magang Bagi Mahasiswa

Dunia kerja pastinya berbeda dengan lingkungan saat kuliah. Kamu akan menemukan banyak hal baru di lingkungan kerja. Sehingga magang sangat bermanfaat sebelum kamu memasuki dunia kerja.

Dengan melakukan magang kamu bisa mengenal proses berlangsungnya dunia kerja. Kamu akan paham tahapan-tahan bekerja.

Lebih dari itu, kamu akan terbiasa dengan ritme pekerjaan yang sesungguhnya. Magang bisa mendewasakanmu sebelum memasuki dunia kerja.

Lihat juga: Cara Menarik Perhatian HRD

Dari Magang Menjadi Pegawai Tetap

manfaat program magang

Tidak menutup kemungkinan kamu diangkat menjadi pegawai tetap di sebuah perusahaan setelah melakukan magang. Saat magang, bekerjalah dengan maksimal.

Tunjukan bahwa kamu bisa bekerja, dan bisa berbaur dengan lingkungan di perusahaan tersebut.

Apabila pekerjaanmu terpakai, tidak menutup kemungkinan setelah magang selesai kamu diangkat langsung menjadi pegawai tetap.

Ini menjadi peluang tersendiri, pastikan melakukan magang semaksimal mungkin. Dan rasakan hasilnya, dari magang menjadi pegawai tetap. Tentu bisa!

Itulah beberapa alasan pentingnya magang sebelum masuk ke dunia kerja yang harus diketahui oleh mahasiswa atau fresh graduate.

Semoga informasi ini bermanfaat, dan semoga kegiatan magangnya menyenangkan. Tunggu apa lagi? sebelum masuk ke dunia kerja mari magang terlebih dahulu!

BERI KOMENTAR