Pentingnya Website Desa untuk Warga

Apa sih pentingnya website desa? Sebenarnya nggak perlu nyari alasan lagi, sekarang sudah saatnya setiap Desa memiliki websitenya masing-masing.

Alasan Kenapa Desa Harus Memiliki Website Desa

Ceroboh.com – Sebelumnya tim ceroboh sudah membahas mengenai pengertian website desa. Lalu selanjutnya terlintas apa sih pentingnya membuat website desa ? dan kenapa kita harus membuat website desa ? apa itu wajib bagi setiap desa ?

Jika ada pertanyaan seperti itu maka kami akan menjawab; Pembuatan website desa sangatlah penting. Setiap desa harus memiliki website untuk mengenalkan desanya kepada dunia, juga sebagai media keterbukaan informasi. Lalu wajibkah membuat website desa ? ini sangat wajib di era revolusi digital ini, terlebih keterbukaan informasi desa ini di atur oleh Undang-Undang Desa.

Kenapa website desa itu penting? Inilah alasan pentingnya membuat website desa:

Sudah Diatur oleh Undang-undang

Jika kamu perangkat desa, atau aparatur desa, maka ini pastinya sudah tidak asing lagi. Bahwasannya Undang-undang Desa sudah diberkakukan. Tepatnya sudah diberlakukan pada tahun 2014.

Nah, pada undang-undang ini sudah diatur tentang keterbukaan informasi publik di tingkat desa. Dimana warga desa berhak menerima informasi terkait kegiatan desa, baik dari segi anggaran, perencanaan pembangunan sampai kegiatan pemberdayaan masyarakat. Tepatnya ini di atur pada pasal 86 Undang Undang Desa Tahun 2014.

Dalam hal keterbukaan informasi ini pemerintah wajib menyampaikannya pada warga desa. Maka dari itu diperlukan alat bantu untuk menyampaikan informasi.

Salah satu alat bantunya adalah penggunaan website. Pemerintah bisa menyampaikan seluruh informasi publik di website tersebut. Sehingga ini akan menjadi lebih mudah, efektif dan efisien.

Pemerintah tinggal masukin informasi di website, dan warga langsung bisa mengaksesnya. Mudah kan?

Baca juga: Cara Mengenalkan Website Desa

Meminimalisir Kecurangan Tingkat Desa

Kenapa poin ini menjadi alasan wajibnya membuat website desa? Karena sekarang desa diberikan madat untuk mengurusi keuangannya sendiri. Anggaran Dana Desa sekarang diberikan pemerintah pusat dan pemerintah daerah secara langsung kepada pemerintahan desa.  Untuk dikelola secara mandiri dan melibatkan warga desa.

Nah, anggaran saat ini banyak bertumpuk di desa, sehingga perlu adanya pengawasan dari warga desa itu sendiri.

Dengan adanya website desa, ini bisa meminimalisir terjadinya kecurangan dalam pengelolaan dana desa. Karena setiap penggunaan anggaran busa dipublikasikan di website desa.

Mantap kan punya website desa ? ayo kita dorong pemerintahan desa untuk memiliki website.

Mengenalkan dan Mengangkat Potensi Desa

Poin yang ketiga yaitu sebagai alat mengenalkan dan mengangkat potensi desa. Selama ini desa selalu identik dengan keterbelakangan, ketertinggalan, dan tidak moderen.

Ini disebabkan karena tidakadanya informasi terkait desa. Tidak adanya pengenalan kehidupan kultur, sosial budaya di tingkat desa. Sehingga keberadaan desa tidak terjamah oleh khalayak.Walhasil tidak banyak yang tau terkait potensi desa ini.

Maka dari itu memiliki website desa adalah kewajiban bagi setiap desa. Karena dengan memiliki website, desa bisa mengenalkan dan mengangkat potensi desa yang ada. Ini menarik kan?

Lihat juga: Tujuan Membuat Website Desa

Keterbukaan Informasi Publik

Poin selanjutnya kenapa memiliki website desa itu wajib, karena ini untuk keterbukaan informasi kepad publik. Sebagaimana yang sudah di ulas pada poin pertama yang di atur oleh Undang-undang Desa. Keterbukaan informasi publik ini sangatlah penting.

Biasanya tidak seluruh warga desa tau apa saja kegiatan yang ada disanya sendiri. Ini disebabkan karena minimnya informasi yang beredar. Sehingga dengan memiliki website, besar kemungkinan informasi yang ada di desa dapat dengan mudah di akses oleh warganya sendiri. Dengan demikian tidak ada lagi informasi yang ditutp-tutupi oleh pemerintah desa.

Meningkatkan Pemberdayaan dan Pendapatan Desa

Terakhir, ini berkaitan dengan poin tiga dimana apabila potensi desa dapat di angkat dan dikenalkan kepada pubik, besar kemungkinan akan meningkatkan pendapatan warga desa.

Juga dapat memberdayakan warga desa yang ada. Sehingga dapat menumbuhkan ekonomi di tingkat desa. Maka dari itu memiliki website desa sangatlah wajib.

Demikianlah beberapa poin yang menjadi alasan kenapa Desa harus memiliki website Desa, jadi mulai sekarang gak usah ragu lagi untuk membuat website desa.

Kalo bisa, jika kamu hanya warga desa segera dorong pemerintahan desa supaya segera memiliki website desa. Ini penting, supaya kita bisa berdaya di desa sendiri.

Lalu bagaimana caranya membuat website desa ? kamu bisa hubungi Tim Ceroboh, kami siap membantu semuanya. Iya, kamu semua yang cinta sama desanya sendiri. uwuwuu.

Lainnya: Cara Membuat Perencanaan Bisnis yang Baik

BERI KOMENTAR