Inilah 4 Penyebab Gelang Emas Putih Mudah Rusak

Ada beberapa penyebab gelang emas putih mudah rusak, sebelum hal ini terjadi pada perhiasan yang kamu miliki, simak penjelasan berikut!

Penyebab Gelang Emas Mudah Rusak
ilustrasi freepik / @macrovector

CEROBOH – Selain gelang emas berwarna kuning, gelas emas putih juga diminati oleh beberapa perempuan untuk dipakai keseharian atau bepergian. Hal ini dikarenakan, warna gelang emas putih begitu mengkilau dan lembut.

Tapi, jika keseringan dipakai dalam keseharian, tentu saja ini akan menyebabkan kilau dari emas putihnya akan memudar dan terlihat kusam.

Pertanyaannya, apa saja yang membuat gelang emas putih milik kita menjadi kusam dan terlihat tak terawat?

Berikut ini beberapa penyebab gelang emas putih mudah rusak yang wajib diketahui:

Keringat Menyebabkan Korosi Emas

Penyebab Gelang Emas Putih Mudah Rusak

Tak bisa dipungkiri, ternyata zat asam yang ada di keringat kita ternyata bisa menyebabkan logam campuran gelang emas berkarat.

Meski memang pada dasarnya emas putih bisa tahan dan tak mudah berubah warna karena keringat.

Jika kita telisik lebih dalam, korosi yang ada pada keringat secara perlahan-lahan mampu untuk membuat gelang emas putih kehilangan kilaunya dan terlihat kusam.

Selain itu, kandungan garam dalam keringat juga menyebabkan reaksi oksikadi yang membuat emas putih kita mengalami korosi.

Artikel lain: Cara Cek Harga Emas Harian

Sampo dan Sabun Bisa Memudarkan Kilau Emas Putih

Gelang Emas Putih Mudah Rusak

Penyebab gelang emas putih mudah rusak yaitu karena sering terkena sampo atau sabun.

Jika kita terlalu sering terkena sabun atau sampo, tentu saja sisa sabun yang ada di emas putih yang kita pakai menumpuk-numpuk dan menyebabkan timbulnya kerak tipis. Ini akan membuat gelang emas terlihat lusuh dan kotor.

Hal ini dikarenakan sampo ataupun sabun yang sering kita pakai dalam keseharian membuat kilau emas menjadi pudar.

Jadi, ketika kita akan mandi lebih baik emas putih yang kita pakai dilepas terlebih dahulu. Pun ketika sekadar mencuci tangan.

Jika kita melepas gelang emas putih kita saat ingin cuci tangan atau mandi, tentunya kilau dari emas putih kita tidak akan terlalu cepat memudah dan tetap terawat dengan baik.

Lihat juga: Cara Wujudkan Indonesia Emas 2045

Parfum Merusak Lapisan Gelang Emas

Gelang Emas Putih

Faktor penyebab lain yang timbul ketika emas kita menjadi terlihat lusuh adalah parfum yang kita pakai. Jadi, jika kita menyemprotkan parfum di area pergelangan tangan tentunya gelang emas kita akan terkena parfum.

Ha ini dikarenakan EDP (eau de parfum) dengan konsentrasi yang tinggi akan menyebabkan kerusakan pada lapisan gelang emas milik kita. Kita tahu, kandungan kimia pada EDP parfum akan merusak lapisan gelang emas, bukan?

Nah, untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya kita tak menyemprotkan parfum di pergelangan tangan kita yang sedang memakai emas putih.

Lotion Menarik Kotoran Menempel di Gelang Emas

Gelang Emas Mudah Rusak

Penyebab gelang emas putih mudah rusak terakhir emas milik kita tak awet dan terawat dengan baik adalah karena liton yang kita pakai.

Sebagian besar lotion yang ada di pasaran tentunya mengandung minyak yang kadarnya lumayan besar. Dan jika minyak dalam lotion tertempel di gelang, hal ini akan menyebabkan gelag emas putih kita menarik debu dan kotoran.

Efeknya tak terlihat dalam waktu dekat. Tapi lama kelamaan, akan terlihat paparan yang menyebabkan kusamnya gelang karena lotion.

Jadi sebaiknya jika memakai lotion, hindari untuk memakai di pergelangan tangan sama halnya ketika menyemprotkan parfum.

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan gelang emas putih milik kita tak terawat dengan baik. Dan ini menyebabkan gelang milik kita jadi cepat kusam, memudar dan tak lagi berkilau. Jadi, tetap bijak dalam memakai emas, ya.

Atau lebih baik emas milik kita, kita investasikan untuk ditabung di masa depan. Itu lebih baik daripada hanya dipakai di pergelangan tangan dan malah menjadi kusam karena kurangnya perawatan dan mudah rusak.

Baca juga: Alasan Harus Menabung Emas

BERI KOMENTAR