7 Cara Membuat Perencanaan Bisnis yang Baik

Bagaimana cara membuat perencanaan bisnis yang baik? Ada beberapa faktor yang perlu kamu perhatikan, mari simak penjelasannya.

Cara Membuat Perencanaan Bisnis yang Baik

CEROBOH – Sebagai seorang pebisnis yang terencana, kamu semestinya perlu mengerti dan mengetahui, sebenarnya bagaimana sih, perencanaan bisnis yang sehat itu?

Sebab kunci dan gembok utama dalam membuat bisnis kita lancar dan tak banyak halangan berarti adalah pembuatan rencana bisnis. Dan yang kedua cara mengamankan modal yang ada di tangan.

Dengan perencanaan bisnis yang teratur dan sistematis, tujuan dasar dalam melakukan usaha barang pasti terlihat lebih jelas.

Lalu, bagaimana sih, langkah cara menyusun perencanaan bisnis yang baik, agar bisnis berjalan lancar?

Inilah 7 cara membuat perencanaan bisnis yang baik dan sehat, bisa langsung kamu aplikasikan:

1. Kenali Strategi Pasar

Cara Membuat Perencanaan Bisnis yang Baik

Cara yang paling pertama untuk bisnismu agar perencanaannya berjalan dengan sehat adalah dengan mengenali strategi pasar. Nah, strategi pasar yang dimaksud adalah fomus pada hasil dari analisis industri yang diselami.

Misalnya saja. Jika kamu ingin membuka bisnis warung kopi, apakah kamu masih sanggup dan memiliki strategi matang untuk bersaing dengan yang lain? Untuk menyiasatinya, mungkin kamu bisa melakukan promo-promo tertentu.

Selain promo, kamu bisa memberikan diskon dalam jangka waktu tertentu dan syarat tertentu.

2. Bahas Poin Bisnis Secara Menyeluruh

Cara Membuat Perencanaan Bisnis yang Baik
foto instagram / @veramint

Cara selanjutnya untuk merencanakan bisnis dengan sehat dan matang adalah, dengan membahas secara keseluruhan poin bisnis yang ingin fokus untuk digeluti.

Misalnya saja. Jika ingin membuka warung kopi, tentunya strategi yang dibangun untuk warung kopinya nanti adalah strategi yang masuk akal. Dan pastikan bisnisnya layak untuk dibangun dan dijalani.

Apakah rencana pemasarannya sudah tepat? Apakah modalnya cukup? Bagaimana penerapan operasionalnya nanti?

Jadi, bahaslah poin-poin bisnis secara keseluruhan, tanpa terkecuali.

Lihat juga: Tips Membuat Website untuk Bisnis

3. Perhatikan Analisis Kompetitif

Cara Membuat Perencanaan Bisnis yang Baik
foto instagram / @veramint

Maksud dari poin ini adalah, jika kamu memang benar-benar ingin menjadi pebisnis hebat, kamu semestinya memahami dengan pasti. Tentang hal-hal yang menjadi kekurangan, maupun menjadi kelebihan dari para pesaingmu.

Jika kamu mengetahui kekurangan pesaingmu, itu bisa kamu jadikan sebuah kesempatan dan peluang besar untuk bisnismu menjadi lebih unggul daripada pesaingmu.

Sebaliknya. Jika kamu mengetahui kelebihan pesaingmu, kamu akan lebih semangat untuk menajamkan insting bisnis dan strategi pasar yang kamu bangun.

4. Rencana Operasional dan Manajemen

Cara Membuat Perencanaan Bisnis yang Baik
foto instagram / @veramint

Maksud dari rencana operasional dan manajemen adalah bahwa kamu sebagai pebisnis mestinya butuh untuk memberikan sorotan khusus mengenai tanggung jawab dari masing-masing tim dalam bisnismu.

Selanjutnya pada tahap ini kami harus mengkalkulasi biaya operasional yang dibutuhkan dalam pengelolaan bisnismu.

5. Perhatikan Deskripsi Bisnis

Cara Membuat Perencanaan Bisnis yang Baik
foto instagram / @keniavelazquezh

Sebagai pengusaha yang hebat, perencanaan yang mantap perlu memperhatikan deskripsi bisnis secara lengkap sekaligus lugas.

Kita harus memiliki visi misi yang jelas di masa depan nanti akan seperti apa. Cara membuat perencanaan bisnis yang baik ini bisa langsung kamu aplikasikan!

Misalnya saja. Jika kita lihat. Kini di Indonesia sedang marak sekali warung makan instagramable. Kita analisis lebih dalam, apakah ini bisa berkompetisi dengan pesaing dalam waktu lama?

Selanjutnya, bisa nggak merebut pasar yang sudah disegmentasi merek A, atau merek B?

6. Ulas Kembali Keuangan Yang Ada

Cara Membuat Perencanaan Bisnis yang Baik
foto instagram / @oky_warda

Meski hal ini terdengar sudah klasik di telinga para pebisnis, tapi ini sebenarnya adalah hal yang paling utama.

Kalau bisa, sengajalah untuk membuat formula rumus mengenai modal yang dikeluarkan nantinya. Dengan membuat formula, kemungkinan rugi akan terminimasir.

Baca juga: Manfaat Sosial Media untuk Bisnis

7. Jabarkan Pengembangan Bisnis dan Desain

Cara Membuat Perencanaan Bisnis yang Baik
foto instagram / @photo_by_andreas_und_xenia

Sebagai seorang pebisnis, perencanaan matang perlu membuat peta perkembangan bisnis yang akan dijalankan di pasaran nanti. Selain itu, pebisnis juya perlu membuat anggaran tersebut berguna secara maksimal di masa depan.

Sebab, memetakan perkembangan bisnis akan memberikan gambaran dengan jelas produk yang kita ciptskan untuk calon investor.

Jika kamu sudah tahu apa saja cara-cara membuat perencanaan bisnis yang baik dan sehat, kamu tentu akan mengetahui gambaran bisnismu di masa depan. Semoga membantu, ya!

BERI KOMENTAR