6 Pertanyaan Interview Untuk Sales Dan Jawabannya

Ada beberapa pertanyaan interview untuk sales yang perlu dicatat baik-baik, ini akan sangat berguna ketika wawancara kerja.

6 Pertanyaan Interview Untuk Sales Dan Jawabannya
ilustrasi freepik/@pch-vector

CEROBOH – Setiap orang yang ingin wawancara kerja tentu saja bertanya-tanya.

Apa saja sih, kira-kira pertanyaan yang akan diajukan ketika interview? Sebab seringnya, pertanyaan yang diajukan tak pernah disangka-sangka.

Akan tetapi, jika kamu memang ingin mempersiapkan dulu ketika ingin wawancara, di bawah ini akan dipaparkan mengenai beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan.

Berikut ini adalah 5 pertanyaan interview calon sales yang sering ditanyakan serta Jawabannya:

Pernahkah kamu mengalami kegagalan ketika melakukan penjualan?

Pertanyaan Interview untuk Sales dan Jawabannya
Foto @adrina_shahsavar

Walaupun terdengar sederhana, jika kamu tak hati-hati dalam menjawab pertanyaan ini tentu saja kamu akan terjebak. Sebab, tak sekadar menjawab pertanyaan kegagalan semata, akan tetapi interviewer ingin tahu bagaimana kamu mengatasi kegagalan.

Contohnya saja, ketika kamu ditarget untuk menjual dengan jumlah tertentu ternyata targetmu gagal. Kamu tak perlu bingung apa jawaban yang tepat. Coba jelaskan saja cara agar supaya tak mengalami kegagalan yang sama pada target penjualan berikutnya.

Jadi, kamu jangan terlalu panjang bercerita tentang kegagalan itu sendiri. Akan tetapi jawablah dengan solusi-solusi pasti untuk mengatasinya.

Artikel lain: Cara Konsisten dengan Kebiasaan Baru

Apa sih, kesuksesan tertinggi ketika menjadi seorang sales?

Pertanyaan Interview untuk Sales dan Jawabannya
Foto @agencerivegauche

Pertanyaan tentang kesuksesan ini cukup krusial. Kamu harus menjawab pertanyaan ini dengan jujur. Pertanyaan semacam ini ditanyakan biasanya untuk menguji seberapa siap anda menjadi seorang sales. Kemudian, untuk mengetahui kehebatanmu menjadi seorang sales.

Memang cukup terdengar simpel pertanyaannya. Tapi jawabannya itu loh kadang membingungkan. Tipsnya, kamu bisa menjawab dengan beberapa prestasi pencapaianmu selama menjadi sales. Misalnya pernah menaikkan omset berapa persen? Pernah menjual dengan skala sekian … Dan seterusnya.

Tapi, andai kamu belum pernah punya pengalaman kerja. Kamu bisa menceritakan pengalaman magang saat masih menjadi mahasiswa.

Bagaimana Cara Kamu meraih Kesuksesan Tersebut?

Pertanyaan Interview untuk Sales dan Jawabannya
Foto @centreatlas

Pertanyaan interview ini biasanya ditanyakan setelah pertanyaan sebelumnya. Makanya ketika menjawab pertanyaan sebelumnya kamu harus jujur. Apabila tidak jujur, akan repot sendiri dengan pertanyaan yang satu ini.

Ketika mencapai kesuksesan, tetu saja ada langkah-langkah strategis yang harus kamu lakukan. Nah, langkah-langkah inilah yang harus kamu jelaskan.

Jawab secara singkat, tapi dengan jelas dan masuk akal. Yakinkan penanya bahwa langkah-langkah yang kamu paparkan adalah real dan bisa diaplikasikan.

Apa Kekuatanmu Sebagai Seorang Sales?

Pertanyaan Interview untuk Sales dan Jawabannya
Foto @centreatlas

Pertanyaan interview untuk sales berikutnya yaitu terkait kekuatan yang kamu miliki. Pertanyaan ini ditanyakan untuk menguji seberapa yakin dirimu dengan kemampuan yang dimiliki.

Jika sebelumnya kamu disuruh menjelaskan langkah-langkah menuju sukses. Sekarang kamu harus bisa menjawab dengan keunggulan yang ada pada diri sendiri. Sehingga menjadi pembeda dengan orang lain.

Jawablah secara natural. Misalnya dengan mengatakan bahwa “Saya suka bekerja dengan target yang jelas” …. “Saya suka kerja bersama team dan mengutamakan kepentingan pelanggan”. Atau jawaban serupa lainnya yang sekiranya positif.

Apa Kekurangan yang Ada Pada Dirimu?

Pertanyaan Interview untuk Sales dan Jawabannya
Foto @dongwoogenius

Bisa dikatakan bahwa pertanyaan interview yang ke lima ini cukup sulit di jawab. Pasalnya kadang banyak orang yang salah jawab pada pertanyaan ini.

Alih-alih menjawab secara jujur, malah menjadi bumerang. Hasilnya kamu ditolak dari posisi yang di lamar. Kemudian jika menjawab dengan mengarang sekenanya, juga malah terkesan kurang baik. Serba salah kan?

Jadi, ketika ditanya “apa kekuranganmu?” Maka kamu harus mencari tahu dulu yang menjadi kekuranganmu. Jika ada banyak, maka urutkan satu persatu.

Nah, bila kamu sudah memiliki data terkait kekurangan diri. Cari kekurangan yang bisa dikonversi menjadi kelebihan.

Contohnya:

“Saya sering terlalu fokus jika sedang bekerja, sehingga tak jarang menjadi lupa waktu”

Kekuranganmu yaitu suka lupa waktu, namun ketika kamu digunakan untuk fokus bekerja, ini akan menjadi hal yang baik, atau produktif.

Coba Yakinkan Saya, Kenapa Saya Harus Membeli Produk Ini?

Pertanyaan Interview untuk Sales dan Jawabannya
Foto @centreatlas

Banyak tipe wawancara kerja, salah satunya kamu disuruh praktek langsung. Pertanyaan interview sales semacam ini biasanya untuk menguji seberapa handal kamu bisa menjadi sales. Ini semacam ujian praktek menjadi sales.

Saat ditanya seperti ini, kamu harus bisa meyakinkan pewawancara. Seolah dia itu adalah target konsumen yang akan kamu bidik. Gunakan komunikasi yang baik, jelaskan kelebihan dari produk yang kamu tawarkan.

Bila perlu peragakan secara langsung keunggulan dari produk tersebut. Yakin saja, bahwa kamu bisa menjual produk tersebut.

Sekarang kamu sudah tau kan apa saja pertanyaan interview untuk sales? Catat baik-baik ke 6 pertanyaan di atas. Siapkan beberapa jawaban lalu catat sebagai rangkuman. Dengan begitu, kamu akan lebih siap ketika menjawab pertanyaan-pertanyaan saat interview. Semoga sukses!

BERI KOMENTAR