6 Perusahaan Sandiaga Uno di Bawah Saratoga Group

Banyak sekali perusahaan Sandiaga Uno di bawah naungan Saratoga Group, mari kita cari tahu apa saja perusahaan tersebut!

Perusahaan Sandiaga Uno di Bawah Saratoga Group

CEROBOH – Kamu pernah mendengar tentang perusahaan bernama PT Saratoga, nggak? Nah, sebuah perusahaan yang lengkapnya bernama PT Saratoga Investasi Sedaya itu, merupakan salah satu perusahaan yang sebagian sahamnya dimiliki oleh mantan calon presiden Indonesia. Sebut saja Sandiaga Uno.

Sejak munculnya krisis moneter pada tahun 1998 dulu, perusahaan ini telah didirikan oleh Sandiaga dan salah satu rekannya bernama Edwin Soeryadjaya.

Dan sejak awal dirikan, misi utama dari perusahaan Saratoga memberikan sejumlah dana untuk perusahaan-perusahaan yang membutuhkan dana.

Berikut ini akan dipaparkan sejumlah saham perusahaan Sandiaga Uno dalam perusahaan PT Saratoga pada beberapa perusahaan:

PT Mitra Phinastika Mustika Tbk – MPMX

Tahu nggak sih, hingga kini perusahaan Saratoga ternyata masih menguasai saham MPMX sekitar kurang lebih 50 persen, tepatnya 48,62 persen.

Bagi yang nggak tahu apa itu saham MPMX, saham MPMX merupakan kode saham yang didistribusikan oleh sebuah perusahaan otomotif dengan merek mobil yang diproduksinya adalah mobil bermerek Datsun.

Tidak asing kan, dengan merek mobil Datsun ini?

Kemudian selanjutnya sebesar 22,17 persen saham MPMX milik perusahaan otomotif ini berada di bawah kekuasaan Morninglight investment.

Dan sebesar 22,17 persen MPMX PT Mitra Phinastika untuk publik.

PT Provident Agro Tbk – PALM

Perusahaan yang beralamat di kawasan Rasuna Epicentrum seperti nama sahamnya, Perusahaan Provident, sektor utama yang digerakkan adalah bidang perkebunan kelapa sawit.

Dan produk utama yang diandalkan oleh Provident Agro adalah minyak sawit atau CPO. Untuk Saratoga sendiri, saham yang dikuasai dari perusahaan ini sebesar 44, 88 persen.

Sedangkan publik sendiri hanya memperoleh jatah saham sebesar 9,7 persen. Nah, sisa saham lainnya (44,16 persen) dipegang oleh PT Provident Capital Indonesia.

Baca juga: Usaha Modal Kecil Paling Menguntungkan

PT Nusa Raya Cipta Tbk – NRCA

Tahukah kamu, bahwa Saratoga sendiri memegang saham dari PT Nusa Raya hanya sebesar 7,2 persen saham.

Sebab, sebagian besar saham dari PT Nusa Raya yaitu sebesar 64 persen dikuasai oleh Perusahaan Surya Semesta yang bertempat di Jakarta. Dan sisanya yang sebesar 18,28 persen dijatahkan untuk publik.

Perusahaan dengan kode NRCA ini sektor utamanya adalah sektor konstruksi. Untuk pengalaman jangan ditanya ya. PT Nusa Raya sangat kaya pengalaman sekali dalam andilnya membangun gedung-gedung dan hotel-hotel.

PT Merdeka Cooper Gold – MDKA

Nah, untuk selanjutnya saham yang dikuasai oleh Saratoga adalah saham yang ada pada perusahaan PT Merdeka Cooper. Saham yang dikuasai Saratoga di perusahaan ini sebesar 3,4 persen saham MDKA saja.

PT Merdeka Cooper memiliki dua cabang perusahaan yaitu PT Damai Sukesindo dan yang kedua adalah PT Bumi Sukesindo.

Untuk sejumlah saham lainnya di PT Merdeka Cooper  berada di bawah kekuasaan PT Mitra Daya Mustika dan sebesar 28,4 persen saham dijatahkan untuk  publik.

PT Adaro Energy Tbk – ADRO

Sebenarnya komposisi utama dari perusahaan Adaro adalah publik sendiri dengan ASI. Masing-masing dari keduanya menguasai saham Adro sebanyak 43,91 persen dan 43,66 persen.

Hingga kini Saratoga secara tidak langsung bisa dibilang masih menguasai saham Adaro melalui PT Adaro Strategic Investment.Walaupun Saratoga telah memindahtangankan Adaro sebanyak 540 miliar.

Baca juga: Tips Melakukan Transaksi di Kaskus

PT Tower Bersama Infrastruktur Tbk – TBIG

Dalam PT Tower Bersama, saham yang dikuasai oleh Saratoga sendiri adalah sebesar 30,54 persen. Sektor yang digerakkan oleh PT Tower Bersama utamanya adalah sektor bidang telekomunikasi.

Oh iya. Untuk publik sendiri, jatah yang diperoleh dari perusahaan ini sebesar 36,3 persen dan sisanya, sebanyak 26,52 persen saham dikuasai oleh  PT Provident Sejahtera.

Itulah 6 perusahaan Sandiaga Uno di bawah Saratoga Group yang sebagian sahamnya dikuasai oleh Saratoga Investama sendiri. Semoga membantu memberikan informasi, ya!

BERI KOMENTAR