5 Produk Bank untuk Menunjang Kebebasan Finansial

Kali ini saya akan membahas produk bank untuk menunjang kebebasan finansial, produk bank ini akan mempermudah kamu mencapai kebebasan finansial.

Produk Bank untuk Menunjang Kebebasan Finansial

Ceroboh.com – Semakin lama, kini semakin marak sekali berbagai produk bank yang sengaja didesain untuk kepentingan finansialmu. Termasuk kepentinganmu dalam memenuhi kebebasan finansial.

Dengan berbagai visi misi dari produk-produk bank yang ada, dipastikan kamu bisa dengan bebas memilih mana yang tepat dan paling cocok untuk kamu manfaatkan.

Produk bank menyediakan banyak layanan. Termasuk meminjam dana, menyimpan dana dan juga bisa mengambil keuntungan dari produk bank tersebut.

Lalu apa saja jenis-jenis produk bank yang bisa kita manfaatkan tersebut?

Nah. Berikut ini akan dijelaskan berbagai produk bank untuk menunjang kebebasan finansial:

1. Produk Bank dalam Bentuk Kartu Kredit

Tentu kita tak asing lagi kan, dengan kartu kredit ini? Sebuah produk yang sengaja dikeluarkan oleh bank-bank, yang menyediakan layanan meminjamkan uang kepada nasabah bank. Jadi, berbeda dengan kartu debit.

Jika kita mengambil layanan kartu kredit, kita akan dikenakan besaran bunga tertentu, iuran tahunan dan pembiayaan lain yang mendukung kartu kredit tersebut.

Untuk suku bunga kartu kredit, semua bank yang ada di Indonesia bahwa besaran bunganya sebesar 2,25 persen.

Untuk memanfaatkan layanan ini memang cukup sulit. Karena pihak bank pun mensyaratkan kriteria tertentu.

Baca juga: Kebebasan Finansial Menurut Islam

2. Produk Bank dalam Bentuk Investasi

Untuk produk bank kedua yang mungkin bisa kamu manfaatkan untuk kebebasan finansialmu adalah investasi. Makin keren saja memang, bank-bank yang ada kini bahkan menyediakan produk investasi.

Untuk memanfaatkan produk investasi, syaratnya mudah sekali. Hanya dengan bermodalkan kartu identitas diri (SIM atau KTP) dan dana investasi dengan jumlah tertentu, kamu sudah bisa menikmati produk bank satu ini.

Biasanya produk-produk keuangan semacam bank-bank seperti ini, akan menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan investasi. Misalnya saja reksadana dan obligasi.

Namanya investasi tentu berbeda dengan tabungan. Investasi tak bisa diambil kapan saja sebagaimana tabungan kalau keuntungannya belum cukup. Bisa, namun biayanya tinggi.

Namun tak bisa dipungkiri bahwa suku bunga dari investasi bisa mencapai 10 persen per tahun.

Lihat juga: Tips Mengoptimalkan Uang Receh

3. Produk Bank dalam Bentuk Simpanan

Produk Bank untuk menunjang kebebasan finansial berikutnya adalah dalam bentuk simpanan. Sebagian besar orang pasti sudah banyak yang menikmati layanan satu ini. Produk bank dalam bentuk simpanan ternyata sangat bermanfaat ketika kita ingin bertransaksi dalam bentuk non tunai.

Karena memang tujuan dibuat produk simpanan hanya untuk menyimpan dana dan bertransaksi non tunai, tentu saja ini berbeda dengan investasi.

Jika investasi memiliki suku bunga hingga 10 persen per tahun, untuk simpanan hanya sekitar 0 persen hingga 3 persen saja.

Simpanan sendiri ada beberapa jenis. Di antaranya tabungan, giro dan deposito. Proses pembuatannya pun cukup mudah. Hanya dengan membawa identitas diri dan jumlah simpanan dengan minimal ada yang hanya 20 ribu-an saja.

Tapi ya itu. Suku bunganya yang kecil kadang malah akan membuat uangnya berkurang tiap tahunnya.

4. Produk Bank dalam Bentuk Bancanssurance

Layanan ini bisa dimanfaatkan oleh siapa saja. Asal memenuhi syarat membawa identitas diri ke bank yang bersangkutan dan kemudian bersedia membayar biaya premi yang disetorkan dalam jangka waktu tertentu.

Bancassurance sendiri adalah kependekan dari Bank and Insurance. Jadi, lembaga produk keuangan bank menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan investasi. Misalnya saja jika di Indonesia seperti BNI life, AXA Mandiri, AIA dan sebagainya.

Baca juga: Ciri Tercapainya Kebebasan Finansial

5. Produk Bank dalam Bentuk Pinjaman

Jika produk kartu kredit meminjamkan dana dalam bentuk saldo pada sebuah kartu, untuk pinjaman sendiri, bentuknya adalah uang tunai yang langsung diberikan.

Tak jauh berbeda dengan kartu kredit, syarat untuk memanfaatkan layanan pinjaman bank memang cukup sulit. Mengingat ada kriteria tertentu yang harus dipenuhi.

Jenis-jenis pinjamannya juga macam-macam. Ada kredit multiguna, kredit tanpa agunan, kredit apartmen, kredit rumah dan sebagainya.

Nah. Sekarang sudah tahu kan, produk bank untuk menunjang kebebasan finansial? Atau mungkin kamu sudah memanfaatkan salah satunya?