Inilah, 8 Produk yang Laris di Bulan Ramadhan

 Ada beberapa produk yang laris di Bulan Ramadhan, produk-produk ini bisa kamu jadikan pertimbangan untuk memulai bisnis saat Ramahdan.

Produk yang Laris di Bulan Ramadhan

Ceroboh.com – Bulan Ramadhan tentu berbeda dengan bulan-bulan uang lain. Tak terkecuali di Indonesia. Kenapa berbeda?

Nah, ini dikarenakan pola perilaku hingga pola makan masyarakat Indonesia berubah. Jika pola perilaku masyarakat berubah, tentunya produk-produk populer juga berubah.

Sebagai seorang pebisnis, tentu kamu harus mengetahui hal ini dong. Kamu dituntut pasar mengikuti apa saja tren produk yang populer di Bulan Ramadhan.

Dengan begitu, bisnis yang telah kamu bangun susah payah, tak redup begitu saja. Yang padahal, Bulan Ramadhan justru menjadi kesempatan emas untuk menjulang kesuksesan besar.

Tak sulit sebenarnya membaca tren konsumsi masyarakat Indonesia di Bulan Ramadhan. Tanpa perlu riset pun, dibaca dengan analisis sendiri semestinya mudah.

Untuk lebih matang berstrategi, kamu bisa melakukan riset di Google Trends atau mungkin di Google News. Dengan begitu kamu mengetahui produk apa yang populer di Bulan Ramadhan.

Kira-kira apa saja sih, produk populer yang menjadi tren di Bulan Ramadhan?

Berikut ini akan dijelaskan dengan lengkap mengenai apa saja produk bisnis populer yang menjadi tren di Bulan Ramadhan:

1. Produk Bisnis Fashion Muslim

Produk yang Laris di Bulan Ramadhan

Produk yang laris di Bulan Ramadhan pertama yang menjadi tren di Indonesia di Bulan Ramadhan tentu saja produk bisnis fashion muslim.

Bulan Ramadhan menjelang Hari Raya Lebaran telah melekat sebuah budaya untuk membeli baju baru. Semacam ada yang kurang jika tak membeli baju baru di Hari Lebaran.

Namanya fashion muslim, di Bulan Ramadhan menjelang lebaran orang-orang akan ramai berburu mukena, baju koko, gamis hingga kerudung model terbaru.

Hasil pengamatan Google Trend juga menjelaskan bahwa peningkatan popularitas pakaian muslim pada tahum 2020 “naik tajam” hampir 2 kali lipat jika dibading tahun 2019. Untuk lebih jelasnya, berikut ini grafik pencarian fashion muslim:

Produk yang Laris di Bulan Ramadhan
Kata kunci “Busana Muslim2020”
Produk yang Laris di Bulan Ramadhan
Kata Kunci “Baju Muslim 2020”

Dan ini perbandingan grafik Ramadhan tahun 2019

Produk yang Laris di Bulan Ramadhan
Hasil pencarian di tahun 2019

Pebisnis seperti kamu bisa membuat bisnis fashion muslim yang mungkin bisa diikuti oleh masyarakat dan menjadi trending. Ini akan sangat berguna buat orang yang belum paham, style fashion muslim apa yang kini sedang menjadi tren.

Baca juga: Berkah Bisnis di Bulan Ramadhan

2. Produk Bisnis Kuliner

Produk yang Laris di Bulan Ramadhan
Fotonya @twinkles.officialth

Bulan puasa adalah bulan spesial. Jadi, setiap rumah akan berusaha untuk memasak masakan terbaik. Baik untuk berbuka ataupun untuk sahurnya.

Meski memang Ramadhan identik dengan tak makan, tapi ternyata tema ini menjadi populer di Bulan Ramadhan.

Makanan-makanan dan kuliner yang sering dicari konsumen di Bulan Ramadhan adalah makanan yang berkaitan dengan Bulan Ramadhan dan Lebaran.

 Misalnya resep kue kering, menu sahur, menu buka puasa hingga resep-resep cara membuat kue nastar.

Berdasar penelitian melalui Google Trend, kata kunci yang relate di bulan Ramadhan adalah “Makanan Ramadhan”. Lihat grafik tahun 2019 meningkat tajam:

Produk yang Laris di Bulan Ramadhan
Kata Kunci “Makanan Ramadhan”

Ada kemungkinan tahun 2020 akan lebih banyak lagi orang yang mencari “Makanan Ramadhan”.

Buat kamu yang ingin menjulang kesuksesan dalam bisnismu di Bulan Ramadhan, inilah kesempatan emasmu. Terutama untuk menaikkan popularitas bisnismu di internet.

Misalnya kamu membuat konten-konten video atau artikel mengenai resep masakan di Bulan Ramadhan untuk berbuka dan untuk sahur.

Agar lebih menarik, buatlah diskon-diskon dan promo menarik untuk bisnis kulinermu!

3. Produk Bisnis Smartphone Dan Layanan Internet

Produk yang Laris di Bulan Ramadhan
Fotonya @queencasecover

Jika dilihat dari Google, ternyata produk bisnis smartphone dan layanan internet juga mendominasi loh. Dan merupakan produk yang laris di Bulan Ramadhan. Meski memang tak sebanyak fashion dan kuliner.

Jadi bagi para pebisnis, produk jenis ini sebaiknya juga harus menjadi perhatian tersendiri. Sebab, ternyata produk layanan internet dan smartphone meningkat hingga 20 persen di Bulan Ramadhan. Dibandingkan bulan yang lain.

Sebelumnya pernah dibahas bahwa pola perilaku konsumen di Bulan Ramadhan salah satunya adalah banyaknya waktu luang. Dan waktu luang tersebut kalau nggak dipakai tidur, ibadah, ya tentu berselancar di internet.

Artinya, kebutuhan akan internet di Bulan Ramadhan juga meningkat. Buat kamu para pebisnis smartphone dan layanan internet, inilah kesempatan emasmu untuk melakukan strategi marketing dengan maksimal.

4. Bisnis Jasa Travel dan Mudik

Produk yang Laris di Bulan Ramadhan
Fotonya @eg_reisen

Bulan Ramadhan menjelang lebaran akan identik dengan mudik dan travel. Sebab akan rugi jika bisnis satu ini dilewatkan oleh para pebisnis jasa travel mudik.

Bagi sebagian besar orang, tradisi pulang kampung sudah mendarah daging. Sebab bagi mereka momen Ramadhan dan Lebaran tentunya menjadi momen untuk bersua kembali dengan orang-orang dekat di kampung halaman.

Bahkan jasa mudik dan travel di Bulan Ramadhan tak sekadar dimanfaatkan untuk bermudik saja. Akan tetapi juga liburan bersama keluarga.

Jadi wajar jika kebutuhan jasa-jasa travel membludak seperti tiket KA, tiket bis dan tiket pesawat.

Buat pebisnis tur dan wisata serta jasa agen bus, inilah kesempatan emas untuk meraup untung yang banyak.

5. Bisnis Layanan Buka Bersama dan Ngabuburit

Produk yang Laris di Bulan Ramadhan
Fotonya @fajar99.id

Selanjutnya, produk yang laris di Bulan Ramadhan adalah layanan atau jasa ngabuburit. Tentu kita paham bahwa tradisi ngabuburit dan buka bersama sudah menjadi tradisi yang melekat erat di masyarakat Indonesia.

Inilah bisnis paling populer di Bulan Ramadhan di antara bisnis-bisnis lain. Bahkan dibandingkan bulan biasa, bisnis layanan buka bersama meningkat hingga 13 kali lipat lebih.

Inilah yang mestinya juga menjadi perhatian tersendiri bagi para pebisnis. Terutama pebisnis restoran, kafe, rumah makan dan sebagainya.

Sebagai pebisnis kamu bisa menyediakan promo-promo menarik agar konsumen tertarik untuk berkunjung dan berbuka bersama di tempat makan milikmu.

Ini disebabkan bahwa momen Ramadhan dijadikan sebagai kesempatam untuk berkumpul dan berdua bersama dengan teman dan kerabat.

Selain makanan, tentu mereka butuh tempat nyaman untuk berbincang asyik. Jadi, sediakan juga tempat yang nyaman dan menarik.

Jangan lupa maksimalkan bisnismu di sosial media. Siapa tahu, para pelangganmu dengan suka rela membagikannya di sana.

Lihat juga: Perilaku Konsumen di Bulan Ramadhan

6. Bisnis Kecantikan dan Perawatan Tubuh

Produk yang Laris di Bulan Ramadhan
Fotonya @thedevdaily

Bisnis yang laris di Bulan Ramadhan yaitu bisnis kecantikan dan perawatan tubuh. Sebab, bagi para perempuan terutama, tak hanya fashion saja yang baru. Namun juga wajah yang “baru”.

Di Bulan Ramadhan, topik kecantikan dan perawatan bahk meningkat hingga tiga kali lipat lebih. Jika dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain.

Bagi para pebisnis bidang produk kecantikan seperti make-up dan skincare kamu bisa memanfaatkan kata kunci yang relate. Seperti misal lipstik dan gaya rambut.

Kamu bisa membangun brandmu dengan konten-konten yang berkaitan dengan tips dan trik tampil cantik di Bulan Ramadhan.

7. Bisnis Paket Sembako untuk Hari Lebaran

Produk yang Laris di Bulan Ramadhan
Fotonya @aldi_healty

Bisnis yang cukup laris saat bulan Ramadhan adalah menjual paket sembako untuk hari lebaran. Bisnis ini sistemnya biasanya dengan cara dicicil selama bulan Ramadhan. Dan paket sembako akan diberikan ketika mendekati hari lebaran.

Sistemnya seperti menabung. Konsumen menyicil dengan uang selama bulan ramadhan, biasanya cicilan dilakukan setiap hari. Nanti, pas mendekati lebaran, uang tersebut akan dikalkulasi dan ditukar dengan paket sembako untuk kebutuhan Lebaran.

8. Bisnis Paket Daging Sapi untuk Hari Lebaran

Produk yang Laris di Bulan Ramadhan
Fotonya @newmrbeefid

Terakhir, produk yang laris di Bulan Ramadhan adalah daging. Namun kadang berjualan daging agak sedikit merepotkan, apalagi jika belum tau ilmu pengolahan daging.

Tapi jangan khawatir, ada alternatip yang bisa kamu lakukan. Yaitu menjual daging sapi dengan sistem paket. Paket ini natinya akan diberikan ketika menjelang hari lebaran. Atau pas malam takbiran.

Nah, untuk sistemnya hampir sama dengan produk sebelumnya (pada poin 7). Kamu bisa menghimpun dana selama bulan Ramadhan, kemudian dana tersebut akan ditukar dengan daging ketika lebaran tiba.

Itulah 8 bisnis yang paling laris ketika Bulan Ramadhan. Bagaimana ada yang cocok dengan minatmu? Jangan ragu, siapkan keberanian untuk berbinis. Bulan Ramadhan adalah momen yang tepat untuk memulai bisnis. Semoga bermanfaat.


Yuk belajar bisnis di Bulan Ramadhan! Bisa baca panduan berikut ini:

PANDUAN BISNIS BULAN RAMADHAN

BERI KOMENTAR