Jadwal Promosi di Bulan Ramadhan Agar Tepat Sasaran

Promosi di Bulan Ramadhan perlu sedikit strategi pemasaran yang tepat, tujuannya agar produk yang dipasarkan bisa laris dan mendapat keuntungan.

Jadwal Promosi di Bulan Ramadhan Agar Tepat Sasaran
ilustrasi freepik/@rawpixel-com

Ceroboh.com – Sebagai bisnis yang handal, barang pasti kamu memerlukan strategi yang tepat dalam menjalankannnya. Termasuk strategi dalam melakukan promosi yang benar seperti apa.

Kini, menjelang Bulan Ramadhan, para pebisnis mulai berlomba mempersiapkan strategi untuk memromosikan produk mereka dengan tepat. Baik promosi online maupun promosi offline.

Karena setiap orang di setiap minggu Ramadhan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, maka promosi produk setiap minggu di Bulan Ramadhan semestinya juga berbeda.

Jadi, seorang pebisnis harus memperhitungkan dan mempertimbangkan dengan matang waktu-waktu dan juga jenis produk yang akan dipromosikan di setiap minggunya.

Lalu bagaimana cara menyesuaikan waktu promosi di Bulan Ramadhan? Apa saja produk yang pas di minggu pertama, kedua atau mungkin ketiga? Kapan merilis produk A, produk B atau produk C?

Inilah jadwal promosi saat Bulan Ramadhan agar tepat sasaran:

Promosi Ramadhan di Minggu Pertama

Pada minggu pertama Ramadhan, kamu akan menemukan berbagai macam tema dan topik yang berkaitan dengan Bulan Ramadhan itu sendiri. Mulai dari iklan di televisi, video-video di Youtube hingga artikel-artikel di internet dan sosial media.

Namun jika dilihat dari keseluruhan sih, sebenarnya topik Ramadhan sudah gencar sejak dua minggu sebelum memasuki Bulan Ramadhan. Nah, memasuki minggu pertama Ramadhan inilah, tema pembahasan Ramadhan sedang berada di puncak-puncaknya.

Buat kamu pebisnis Ramadhan, sebaiknya di minggu pertama Ramadhan kamu tak perlu gencar terlebih dahulu dalam melakukan strategi promosi produkmu.

Namun tentunya ada hal-hal lain yang bisa kamu lakukan. Semacam pembukaan produk yang akan kamu jual. Dengan kamu menebarkan konten-konten bertema Ramadhan di kulwa (kuliah Whatsapp), misalnya.

Atau kamu mulai merilis artikel-artikel di web produkmu dengan berbagai macam tema bahasan Ramadhan. Kamu bisa memulainya satu hingga dua minggu sebelum memasuki Ramadhan.

Promosi Ramadhan pada Minggu Kedua

Produk yang laris di minggu kedua: restoran/kafe/rumah makan. aneka sembako seperti sirup, susu, gula pasir dan teh. kurma.

Pada minggu kedua Ramadhan, produk-produk di atas akan meroket dan dijamin laris manis di pasaran. Terutama adalah kafe dan restoran.

Di minggu kedua ini, orang-orang mulai mengadakan buka bersama dengan teman, kerabat bahkan pasangan. Maka dari itu, buat para pebisnis rumah makan sebaiknya di minggu kedua lakukan promosi dengan gencar. Adakan diskon dan promo yang menarik.

Aneka sembako seperti produk teh, gula pasir, susu, sirup dan sejenisnya juga laris di minggu kedua. Nah, buat kamu pebisnis pemula kamu bisa memanfaatkan kesempatan emas ini. Jika kamu memutuskan ingin berjualan sembako, puncaknya ada di minggu kedua Ramadhan.

Pun dengan buah kurma. Para pebisnis kurma pasti akan laris manis diserbu pelanggan. Sebab, tentu saja kurma selalu dibutuhkan di Bulan Ramadhan untuk takjil.

Baca juga: Kue Lebaran Yang Bisa Dijadikan Ide Bisnis Rumahan

Promosi Ramadhan pada Minggu Ketiga

Produk yang laris di minggu ketiga: smartphone, alat-alat masak, barang elektronik.

Memasuki minggu ketiga Ramadhan, sebagian besar masyarakat Indonesia yang bekerja sebagai karyawan telah mendapatkan tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan tempat ia bekerja.

Nah, oleh karena itu mereka akan membeli barang-barang yang harganya lebih mahal. Kadang mereka akan mengganti kulkas mereka, dispenser, kipas angin atau alat elektronik lain untuk menyambut lebaran.

Selain itu, mereka banyak yang berencana mengganti smarphone miliknya dengan smarphone yang baru.

Alat-alat masak juga mulai laris. Seperti misalnya oven, mixer, kulkas, ricecooker, blender dan sejenisnya. Sebab, mereka akan bersiap-siap membuat kue kering untuk persiapan lebaran nantinya.

Nah, ini minggu ketiga Ramadhan cocok sekali buat pebisnis yang menjual smartphone, alat masak atau mungkin alat elektronik rumah.

Promosi Ramadhan pada Minggu Keempat

Produk yang laris di minggu keempat: tiket transportasi. kue-kue kering. fashion.

Minggu terakhir Ramadhan bisa kamu gunakan untuk berpromosi kue-kue kering. Nah, buat kamu yang memiliki bisnis kue kering kamu sebaiknya gencar promosi di minggu keempat Ramadhan. Sebab, menjelang Ramadhan tentunya banyak yang berburu kue-kue lebaran.

Buat pebisnis fashion, minggu keempat juga sangat cocok sekali. Ini dikarenakan, menjelang hari lebaran tentu semua orang ingin tampil keren dengan baju barunya.

Tiket transportasi juga sedang laris-larisnya. Sebab menjelang Ramadhan, tentu orang ingin mudik ke kampungnya masing-masing.

Demikian jadwal promosi di Bulan Ramadhan agar tepat sasaran dan para pebisnis bisa sukses berjualan di Bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat. Selamat berbisnis!

Belajar bisnis di Bulan Ramadhan! Baca kumpulan artikel ini:

BERI KOMENTAR