Prospek kerja administrasi bisnis

7 Prospek Kerja Administrasi Bisnis dan Peluang Kariernya

Prospek kerja administrasi bisnis terbuka sangat luas, setelah lulus kuliah nanti kamu bisa memilih beberapa pekerjaan berikut ini.
Total
0
Shares

Prospek kerja administrasi bisnis terbuka sangat luas, setelah lulus kuliah nanti kamu bisa memilih beberapa pekerjaan berikut ini.

Prospek kerja administrasi bisnis

CEROBOH.COM – Administrasi bisnis merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati oleh beberapa pelajar. Pasalnya, administrasi bisnis merupakan salah satu ilmu yang sangat diperlukan dalam dunia bisnis yang kini perlombaannya semakin ketat.

Ada banyak sekali yang dipelajari jika kamu memilih perkuliahan jurusan administrasi bisnis. Di antaranya yaitu ilmu pemasaran, perencanaan bisnis, operasi bisnis, sumber daya manusia hingga teori keputusan dan manajemen kepemimpinan.

Nah, jika kamu sudah terjun di dunia pekerjaan, kamu biasanya akan berkutat pada marketing sesuai dengan nama jurusannya—yang berkaitan dengan bisnis. Kamu juga akan mengurus mengenai pengelolaan pemasaran, sumber daya manusia sampai bahkan produksi itu sendiri.

Bagi kamu juga, yang baru lulus SMA dan mungkin saja tertarik memilih jurusan Administrasi Bisnis. Dan penasaran, peluang karier ke depannya seperti apa. Akan dicoba untuk dijabarkan di artikel ini, ya.

Nah, lalu selanjutnya prospek kerja Administrasi Bisnis itu apa saja sebetulnya?

Di bawah ini adalah 7 prospek kerja jurusan Administrasi Negara yang mungkin bisa kamu jadikan referensi setelah kamu lulus perkuliahan di jurusan ini nanti, yuk simak baik-baik:

1. Menjadi HRD (Human Resource Development)

Prospek kerja Administrasi Bisnis pertama yang mungkin bisa kamu jadikan referensi yaitu menjadi HRD atau istilah lainnya adalah staf sumber daya manusia (SDM). Namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi jika memang ingin menjadi seorang HRD. Di antaranya kamu harus memenuhi beberapa kompetensi.

Seperti misalnya kamu harus pandai berkomunikasi dengan orang lain, kamu harus pandai bekerja secara tim dan kamu harus bisa membangun hubungan baik dengan orang lain. Sebab, tugas seorang HRD adalah dalam bidang kontrak kerja dan melakukan perekrutan karyawan yang masuk di perusahaan.

2. Menjadi Staf Administrasi

Posisi berikutnya jika kamu adalah seorang mahasiswa lulusan administrasi bisnis adalah menjadi staf administrasi. Nah, jika kamu adalah seorang lulusan administrasi bisnis dan ternyata penasaran sebetulnya menjadi staf administrasi itu kerjanya apa sih?

Nah, staf administrasi biasanya mengurus mengenai surat-menyurat perusahaan. Seperti misalnya surat pembelian, surat perpanjangan kontrak sampai surat bukti transaksi. Dan tentunya masih banyak lagi.

Baca juga: Prospek Kerja Ilmu Tanah dan Peluang Kariernya

3. Menjadi Seorang Konsultan Bisnis

Nah, prospek kerja administrasi bisnis berikutnya yaitu menjadi seorang konsultan bisnis. Biasanya konsultan bisnis akan memberikan beberapa nasihat dan masukan untuk bisnis-bisnis yang akan didirikan dan juga sedang didirikan oleh pebisnis.

Namun, meskipun memberikan masukan dan nasihat, seorang konsultan bisnis tidak berhak untuk melakukan kebijakan dalam sebuah perusahaan atau mengimplementasikannya. Konsultan bisnis sendiri ada dua yaitu konsultan internal dan konsultan eksternal  (diluar perusahaan)

4. Menjadi Seorang Dosen

Tidak salah jika kamu lulusan administrasi bisnis dan kamu menjadi seorang dosen. Namun tentu saja kamu harus menambah lagi pendidikanmu menjadi S2. Lebih-lebih bisa lulus hingga S3.  Sebab di zaman sekarang, hampir di semua instansi pendidikan setara kampus, syarat menjadi dosen adalah lulus sekolah S2.

Dosen sendiri selain mengajar, ada beberapa hal yang perlu dilakukan seperti misalnya melakukan penelitian pengembangan ilmu

5. Bekerja di Bagian Manajemen  Perusahaan

Selanjutnya prospek kerja administrasi bisnis yaitu bekerja di bagian manajemen perusahaan.  Jika kamu tertarik menjadi seorang manajer, kamu harus memenuhi beberapa aspek kompetensi seperti misalnya kamu harus pandai berkomunikasi, harus bisa memberikan motivasi, mengambil keputusan untuk ke depannya dan lain-lain.

Manajer perusahaan sendiri tugasnya adalah memimpin, melakukan administrasi dan juga memberikan masukan mengenai arah perusahaan yang sedang dikemudi.

6. Menjadi Staf Pemasaran

Posisi lain yang bisa ditempati oleh mahasiswa jurusan administrasi bisnis adalah menjadi staf pemasaran dalam sebuah perusahaan.  Sebab, beberapa hal yang dipelajari saat perkuliahan administrasi bisnis yaitu kebijakan dan strategi pemasaran serta marketing.

Salah satu pekerjaan yang ditangani oleh staf pemasaran adalah dengan mengerjakan administrasi sehari-hari serta membantu manajer perusahaan  dalam memenuhi divisi pemasaran itu sendiri.

Tulisan lainnya: Tipe Wawancara Kerja Dan Cara Sukses Menghadapinya

7. Menjadi Seorang Pengusaha

Jangan kira para mahasiswa lulusan administrasi bisnis tidak bisa berbisnis. Mereka bisa menjadi seorang pebisnis dengan mendirikan perusahaan terlebih dahulu. Namun, jika kamu sudak bertekad bulat menjadi pebisnis, kamu harus kreatif.

Itulah beberapa prospek kerja administrasi bisnis yang mungkin bisa kamu jadikan gambaran. Semoga membantu, ya.

4.9/5 - (27 votes)
Leave a Reply
You May Also Like