7 Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Administrasi Fiskal

Ada banyak prospek kerja jurusan Administrasi Fiskal yang bisa kamu pilih setelah lulus kuliah. Nah, berikut ini 7 peluang kerja paling menjanjikan.

7 Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Administrasi Fiskal
ilustrasi freepik/macrovector

CEROBOH – Administrasi fiskal merupakan salah satu cabang ilmu dari ilmu administrasi. Namun lebih spesifik lagi, administrasi fiskal mempelajari administrasi di dunia perpajakan. Mulai dari tata kelola pajak hingga penghitungan pajak.

Bisa jadi kamu baru tau, terutama yang baru lulus SLTA. Bahwa perpajakan ada ilmu administrasinya. Bagi yang baru tau, mungkin kamu tertarik melanjutkan kuliah di jurusan Administrasi Fiskal.

Peluang Kerja Jurusan Administrasi Fiskal

Administrasi Fiskal merupakan salah satu program studi yang biasanya ada di Fakultas Administrasi. Ilmu yang dipelajarinya adalah seputar perpajakan. Dan Administrasi Fiskal mempelajarinya secara luas. Mulai dari aspek hukum, pengelolaan, hingga penerapan pajak itu sendiri.

Nah, karena terkait perpajakan, tak aneh jika peluang kerja jurusan ini bisa dikatakan sangat terbuka lebar.

Memang, apa saja sih peluang kerja jurusan Administrasi Fiskal itu?

Beriku ini saya jelaskan 7 prospek kerja jurusan administrasi fiskal setelah lulus kuliah nanti:

1. Bekerja di Dinas Perpajakan Daerah

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Administrasi Fiskal

Peluang karier yang pertama adalah bekerja di Dinas Perpajakan Daerah. Kenapa ini menjadi peluang karier? Karena di setiap kabupaten daerah pasti memiliki Dinas Perpajakan.

Artinya, kamu bisa berkarier di daerahmu, di tempat kelahiranmu. Dan menjadi pegawai di Dinas Perpajakan merupakan pekerjaan yang menggiurkan.

Pegawai Dinas merupakan Pegawai Negeri Sipil alias PNS. Nah, kamu bisa mendapatkan gaji yang lumayan besar. Selain mendapatkan gaji pokok, kamu juga akan mendapatkan tunjangan dan dana pensiunan.

2. Bekerja di Direktorat Jenderal Pajak

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Administrasi Fiskal

Setiap tes CPNS di buka, biasanya selalu ada formasi di Direktorat Jenderal Pajak. Sehingga selain jadi Pegawai Dinas, kamu bisa menjadi PNS di Direktorat Jenderal Pajak.

Tugas utama Direktorat Jenderal Pajak adalah merumuskan dan melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang perpajakan.

Sehingga, ketika kamu menjadi pegawai di lembaga ini, sudah pasti pekerjaannya tidak akan jauh dari mengurusi pajak.

Prospek kerja jurusan administrasi fiskal yang satu ini merupakan peluang kerja yang sangat menjanjikan. Sebab kamu bisa mendapatkan gaji yang lumayan besar.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Teknologi Hasil Pertanian

3. Bekerja Sebagai Pengawas Imigrasi dan Bea Cukai

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Administrasi Fiskal

Lulusan Administrasi Fiskal juga bisa bekerja sebagai Pengawas Imigrasi dan Bea Cukai. Banyak posisi yang bisa kamu duduki di sini mulai dari menjadi petugas bea cukai, petugas supervisor CBP, direktur bea cukai pelabuhan dan posisi menarik lainnya.

Tugas utama dari Pengawas Imigrasi dan Bea Cukai adalah memeriksa dan menyelidiki manusia, barang, angkutan umum yang datang dari luar negara.

Atau yang akan berangkat ke luar negara. Guna untuk menghindari adanya pelanggaran hukum atau pelanggaran lainnya.

4. Menjadi Akuntan Publik

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Administrasi Fiskal

Berikutnya prospek kerja jurusan administrasi fiskal adalah menjadi akuntan publik. Akuntan publik biasanya bertugas sebagai tenaga review, auditor atau melakukan pemeriksaan terhadap laporan keuangan.

Selain itu juga bisanya menyediakan jasa yang berhubungan dengan keuangan, akuntansi perpajakan dan manajemen kompilasi.

Banyak sekali yang bisa dilakukan seorang kauntan publik. Salah satunya adalah melakukan investigasi untuk mencari solusi dari permasalahan keuangan perusahaan yang ada. Dan yang paling umum adalah melakukan audit terhadap laporan keuangan secara objektif dan sehat.

5. Menjadi Ahli Perencanaan Pajak

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Administrasi Fiskal

Sarjana administrasi fiskal juga bisa menjadi ahli perencanaan pajak. Ahli perencanaan pajak merupakan seorang yang profesional yang bisa membantu individu atau perusahaan dalam mengatur pajak penghasilan.

Yang paling penting, jika kamu ingin menjadi ahli perencanaan pajak. Kamu harus benar-benar memahami terkait regulasi dan peraturan yang berhubungan dengan pajak dan penghasilan. Dan kamu juga harus bisa mengisi doumen-dokumen penting terkait pajak penghasilan.

Menjadi seorang ahli perencanaan pajak merupakan peluang karier yang menjanjikan. Sebab, untuk menyewa ahli perencanaan pajak tidaklah sedikit.

6. Menjadi Konsultan Bisnis

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Administrasi Fiskal

Seorang lulusan administrasi fiskal juga bisa menjadi konsultan bisnis sebuah perusahaan. Pekerjaan sebagai konsultan bisnis juga merupakan peluang karier yang terbuka lebar.

Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan jasa konsultan bisnis. Seorang konsultan bisnis biasanya bertugas memberikan arahan terhadap pengusaha yang hendak memulai bisnis.

Mulai dari perencanaan bisnis, strategi bisnis, hinga menentukan langkah-langkah teknis yang harus dikerjakan sebuah perusahaan.

7. Menjadi Konsultan Pajak

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Administrasi Fiskal

Terakhir, prospek kerja jurusan administrasi fiskal yaitu bekerja sebagai konsultan pajak. Seorang konsultan pajak bekerja melayani klien yang memerlukan bantuan teknis terkait pajak. Agar mereka dapat memanage pajak sesuai dengan peraturan yang berlaku atau sesuai hukum perpajakan.

Jika kamu menjadi konsultan pajak, maka kamu akan mengerjakan pekerjaan seperti membuat perencanaan pajak milik klien, mempersiapkan dokumen-dokumen pendukung pajak, menyelesaikan sengketa pajak dan pekerjaan-pekerjaan lain yang berhubungan dengan perpajakan. Baik pajak individu ataupun pajak perusahaan atau organisasi.

Lihat juga: Peluang Kerja Jurusan Kriminologi

Setelah Lulus Dari Jurusan Administrasi Fiskal

Setelah lulus nanti, kamu bisa memilih beberapa profesi yang sudah dibahas sebelumnya. Namun yang terpenting adalah belajar dengan sunguh-sungguh. Sehingga setelah lulus nanti, tidak kesulitan lagi mencari pekerjaan.

Bagi yang baru lulus SLTA, jangan ragu untuk masuk kuliah di Jurusan Administrasi Fiskal. Sebab, ada banyak profesi yang bisa kamu pilih setelah lulus nanti.

Demikianlah pembahasan tentang prospek kerja jurusan administrasi fiskal setelah lulus kuliah nanti. Kira-kira, kamu tertarik bekerja menjadi apa nih?

BERI KOMENTAR