7 Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Administrasi Negara

Prospek kerja administrasi negara sangat terbuka lebar, berikut ini adalah peluang kerja jurusan administrasi negara yang menjanjikan.

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Administrasi Negara
ilustrasi freepik/macrovector

CEROBOH – Program studi jurusan administrasi negara merupakan salah satu jurusan kuliah yang mempelajari seputar ilmu pemerintahan, kebijakan publik dan dan pelayanan kepada masyarakat.

Administrasi Negara merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati oleh para lulusan SLTA. Sebab, banyak yang melihat, bahwa peluang kerja jurusan ini terbuka lebar.

Bagi kamu juga, yang baru lulus SLTA mungkin saja tertarik memilih jurusan Administrasi Negara. Dan penasaran, peluang karier ke depannya seperti apa.

Nah, peluang kerja jurusan Administrasi Negara itu apa saja sih?

Berikut ini adalah 7 prospek kerja jurusan Administrasi Negara setelah lulus kuliah nati:

1. Manajer Layanan Administrasi

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Administrasi Negara
ilustrasi freepik/@freepik

Manajer layanan administrasi merupakan salah satu peluang kerja bagi para lulusan Administrasi Negara. Tugas dari manajer layanan administrasi adalah melayani publik, nasabah atau pelanggan yang sifatnya administratif.

Dimana tugas utamanya adalah menghimpun data sebuah organisasi/perusahaan. Diantaranya yaitu pemnyaluran surat, membuat manajemen arsip, pemberkasan dokumen-dokumen berharga hingga menjaga aset-aset perusahaan yang bersifat dokumen atau administratif.

Setelah lulus nanti, ini bisa menjadi peluang karier yang menjanjikan. Seorang manajer layanan administratif biasa dibayar besar.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan PGSD

2. Manajer Regulasi

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Administrasi Negara
ilustrasi freepik/@pressfoto

Setelah lulus dari jurusan Administrasi Negara kamu juga bisa menjadi seorang Manajer Regulasi. Tugasnya adalah mengawasi regulasi sebuah program atau proyek, agar program tersebut berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku. Atau sesuai dengan aturan yang disepakati.

Selain mengawasi, ia juga bertugas membuat regulasi yang bisa diterima oleh kedua belah pihak. Kemudian, menyampaikain terkait regulasi yang telah dibuat tersebut.

Menjadi Manajer Regulasi merupakan profesi yang menjanjikan. Kamu bisa di bayar dengan gaji yang besar.

3. Manajer Layanan Sosial

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Administrasi Negara
ilustrasi freepik/@pressahotkey

Sebuah lembaga, organisasi dan perusahaan, tentu tidak terlepas dan akan selalu berhubungan dengan pelayanan terhadap sosial. Nah, disinilah tugasnya seorang manajer layanan sosial. Yaitu membuat program-program menarik yang bisa diterima oleh masyarakat atau komunitas.

Manajer layanan sosial juga bertanggung jawab terhadap segala keluhan konsumen, atau masyarakat yang menggunakan layanan lembaga tersebut.

Seorang sarjana Administrasi Negara sangat berpotensi menjadi Manajer Layanan Sosial. Kamu bisa dibayar besar oleh perusahaan atau lembaga lainnya di tempat kamu bekerja.

4. Staff Administrasi Di Instansi Pemerintahan

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Administrasi Negara
ilustrasi freepik/@tirachardz

Prospek kerja jurusan Administrasi Negara berikutnya adalah bekerja di instansi pemerintahan sebagai staff administrasi.

Saat ini, lulusan Administrasi Negara sangat dibutuhkan di berbagai instansi pemerintahan. Baik itu di dinas-dinas tingkat kabupaten. Ataupun di kedinasan tingkat provinsi. Bahkan, lulusan Administrasi Negara bisa bekerja sebagai staff administrasi di kementrian. Atau di Pemerintahan pusat.

Staff administrasi di instansi pemerintahan merupakan profesi Pegawai Negeri Sipil, yang sering kita kenal dengan sebutan PNS.

Kamu pasti sudah tau jenjang karier seorang PNS. Selain mendapatkan gaji yang besar. Ia juga mendapatkan tunjangan dan dana pensiunan.

5. Staff Administrasi Di Perusahaan

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Administrasi Negara
ilustrasi freepik/@freepik

Selain di pemerintahan, peluang kerja jurusan Administrasi Negara juga berpotensi bekerja sebagai staff administrasi sebuah perusahaan. Kerjanya tak jauh beda dengan bekerja di instansi emerintahan. Yaitu mengurus terkait hal-hal yang sifatnya administratif.

Semisal pendataan karyawan, pembuatan surat menyurat, pengarsipan dokumen, atau melakukan pengarsipan terhadap dokumen-dokumen penting.

Menjadi seorang staff administrasi juga merupakan salah satu pekerjaan yang menjanjikan. Apalagi kamu bekerja di perusahaan yang sudah besar.

6. Staff Partai Politik

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Administrasi Negara
ilustrasi freepik/@tirachardz

Selanjutnya, seorang sarjana Administrasi Negara juga berpeluang merintis karier di Partai Politik. Kamu bisa menjadi staff administrasi partai politik.

Jangan ditanya, menjadi staff di partai politik juga merupakan pekerjaan yang menjanjikan lho. Kamu bisa dibayar besar, bahkan melebihi UMR. Ini tergantung kinerja yang kamu miliki, ya.

Baca juga: Peluang Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

7. Manajer Layanan Konsumen

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Administrasi Negara
ilustrasi freepik/@tirachardz

Terakhir, kamu bisa menjadi manajer layanan konsumen. Seorang manajer layanan konsumen tugas utamanya adalah melayani konsumen. Tapi, bukan melayani dalam artian seperti kasir, ya.

Maksudnya adalah membuat layanan-layanan yang bisa menarik konsumen. Sehingga konsumen betah menggunakan suatu produk. Intinya sih membuat terobosan-terobosan agar produk bisa diterima oleh konsumen atau masyarakat secara luas.

Nah, demikianlah pembahasan tentang 7 prospek kerja jurusan Administrasi Negara setelah lulus kuliah nati. Kira-kira kamu tertarik menjadi apa nih?

BERI KOMENTAR