7 Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Antropologi Sosial

Ada banyak prospek kerja jurusan antropologi sosial yang bisa kamu pilih setelah lulus nanti. Kamu bisa memilihnya yang paling diminati.

7 Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Antropologi Sosial
ilustrasi freepik/@stories

CEROBOH Mungkin kamu baru mendengar ada jurusan “antropologi sosial”. Bagi yang baru lulus SLTA, wajar saja jika baru mendengarnya.

Antropologi Sosial adalah cabang dari ilmu antropologi yang lebih spesifik mempelajari tentang hubungan antar manusia. Baik sesama individu, individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok.

Intinya jurusan ini akan mempelajari tentang hubungan sosial antar manusia. Baik dari segi kebudayaan, kebiasaan dan karakteristik manusia di sebuah wilayah.

Peluang Kerja Jurusan Antropologi Sosial

Jurusan Antropologi Sosial memang terlihat kurang populer jika dibandingan dengan jurusan lainnya. Namun jurusan ini ternyata memiliki peluang karier yang cukup menjanjikan.

Lantas, apa saja peluang kerja jurusan Antropologi Sosial yang paling menjanjikan?

Berikut ini adalah 7 prospek kerja jurusan Antropologi Sosial setelah lulus kuliah:

1. Menjadi Pakar Antropolog

Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Antropologi Sosial

Peluang karier yang bisa kamu pilih adalah menjadi seorang pakar Antropolog. Seorang antropolog merupakan seorang pakar di bidangnya.

Bisa dikatan, pakar antropolog terlahir kebanyakan dari dunia akademisi. Maka dari itu, untuk menjadi Pakar Antropolog kamu harus terus upgrade strata pendidikanmu. Dan bisa memulai karier jadi seorang dosen.

Tugas pakar antropolog adalah Meneliti dan menciptakan kebijakan publik terkait asal usul manusia. Baik secara sosial, fisik, budaya dan bahasanya.

2. Menjadi Ahli Pemasaran

Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Antropologi Sosial

Dengan berbekal ilmu sosial dan hubungan antar manusia, tentu seorang lulusan antropologi sosial bisa menjadi ahli pemasaran.

Ahli pemasaran tugasnya adalah menyusun strategi pemasaran yang paling jitu. Untuk sebuah perusahaan atau lembaga pemerintahan.

Menjadi ahli pemasaran di sebuah perusahaan juga merupakan karier yang menjanjikan. Sebab, seorang ahli pemasaran merupakan ujung tombak keberhasilan pemasaran sebuah produk.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Transportasi Laut

3. Menjadi Juru Arsip

Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Antropologi Sosial

Menjadi juru arsip merupakan salah satu prospek kerja jurusan antropologi sosial. Kamu bisa menjadi juru arsip di lembaga arsip Negara. Atau lebaga-lembaga lain yang menyimpan dokumen penting, dan memerlukan pengarsipan dokumen.

Banyak posisi yang bisa kamu pilih dari profesi juru arsip.Mulai dari menjadi direktur arsip, kurator naskah, petugas catatan arsip, bahkan bisa juga menjadi juru arsip di sebuah Universitas.

Tugas dari juru arsip diantaranya adalah mengamankan arsip penting, menyusun arsip berdasarkan waktu. Hingga menciptakan sistem pengelompokan dokumen agar arsip mudah dicari dan tidak hilang.

Untuk gaji, tentu seorang juru arsip bisa mendapatkan gaji yang besar. Dan menjanjikan.

4. Menjadi Teknisi Museum

Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Antropologi Sosial

Prospek kerja jurusan Antropologi berikutnya adalah menjadi teknisi Museum. Teknisi museum merupakan profesi yang lumayan menjanjikan. Sebab, museum rata-rate kebanyakan dikelola oleh pemerintah.

Dan artinya, orang yang bekerja di museum merupakan seorang Pegawai Negeri Sipil atau PNS. Kamu sudah tau kan, bagaimana jenjang karier seorang PNS? Pasti banyak yang mengincranya.

Ada beberapa jabatan yang bisa kamu pilih, seperti menjadi teknisi konservasi, manager koleksi, atau menjadi teknisi pencatatan sejarah dan asal usul sebuah benda bersejarah. Ini bisa menjadi prospek kerja jurusan antropologi sosial yang menjanjikan.

5. Menjadi Ahli Sosiolog

Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Antropologi Sosial

Tugas utama dari seorang sosiolog adalah mempelajari prilaku masyarakat secara luas. Dengan cara meneliti kelompok dan lembaga-lembaga sosial yang dibentuk oleh kumpulan orang. Sehingga dapat diketahui karakteristiknya baik dari segi sosial, agama ataupun segi bisnisnya.

Seorang ahli sosiolog biasanya banyak melakukan penelitian di masyarakat. Sehingga dapat melahirkan konsep-konsep sosial terbaharukan.

Nah, untuk menjadi ahli sosiolog, tentu kamu harus kuliah yang tinggi. Mulai dari S1, S2 hingga S3. Bahkan hingga menjadi seorang Profesor.

Di lingkungan bernegara, seorang ahlo sosiolog sangat dibutuhkan perannya. Sehingga tak aneh, jika mereka dibayar besar.

6. Menjadi Dosen Ilmu Sosial

Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Antropologi Sosial

Menjadi dosen atau pengajar juga merupakan sebuah profesi yang mulia. Untuk memulai karier menjadi dosen, setidaknya harus lulus S2 terlebih dahulu. Ini bisa menjadi prospek kerja jurusan antropologi sosial yang menjanjikan.

Kamu bisa menjadi dosen yang berkaitan dengan Antropologi dan Ilmu Sosial.

Selain mengajar, banyak yang bisa kamu lakukan ketika menjadi seorang dosen. Mulai dari melakukan riset, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kamu juga bisa menulis jurnal ilmiah. Dan menciptakan metode-metode baru yang bisa diterima masyarakat.

Lihat juga: Prospek Kerja Jurusan Ekonomi

7. Menjadi Relawan Kemanusiaan

Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Antropologi Sosial

Saat ini banyak lebaga-lembaga atau lembaga kemasyarakatan yang bergerak di bidang sosial. Nah, setelah lulus, kamu bisa memulai menjadi relawan kemanusiaan.

Memang sih, jika di lihat dari gaji tidak seberapa. Namun dengan menjadi seorang relawan kamu akan mendapatkan banyak relasi. Darisinilah kamu bisa memulai kariermu.

Setelah Lulus dari Jurusan Antropologi Sosial

Itulah pembahasan tentang prospek kerja jurusan antropologi sosial dan peluang kariernya. Setelah lulus nanti, kira-kira kamu tertarik menjadi apa nih?

Kamu bisa memilih salah satunya. Saran dari saya, pilihlah pekerjaan yang paling diminati. Nggak usah pikirkan berapa besar gajinya dulu.

Sebab, segala pekerjaanmu, jika dikerjakan secara maksimal. Maka akan menghasilkan pendapatan yang maksimal pula.

Nah, kira-kira setelah lulus nanti kamu mau menjadi apa nih?

BERI KOMENTAR