7 Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Arkeologi

Ada banyak prospek kerja jurusan Arkeologi yang bisa ditekuni setelah lulus kuliah nanti. Berikut ini adalah peluang kerja paling menjanjikan.

7 Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Arkeologi

CEROBOH – Arkeologi merupakan salah satu jurusan kuliah yang mempelajari tentang sejarah—lebih tepatnya benda-benda peninggalan sejarah.

Beberapa lulusan SLTA yang ingin belajar ke perguruan tinggi kadang-kadang bertanya-tanya. Memangnya jurusan Arkeologi ini peluang memiliki peluang kerja apa saja?

Peluang Kerja Jurusan Arkeologi

Sebenarnya jika ditelisik lebih dalam, Arkeologi memiliki peluang kerja yang banyak. Mulai dari bekerja sebagai seorang Arkeolog hingga bekerja di Lembaga Penelitian Nasional.

Bahkan jika menggeluti profesi mengoleksi barang antik, lulusan Arkeologi juga bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan loh!

Lalu apa saja sih, peluang kerja lulusan Arkeologi setelah lulus kuliah nanti?

Langsung saja yuk, simak prospek kerja jurusan Arkeologi yang mungkin cocok untuk kamu tempati:

1. Bekerja Sebagai Seorang Arkeolog

7 Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Arkeologi

Peluang kerja lulusan Arkeologi pertama yang munkgin cocok untuk ditempati adalah menjadi seorang Arkeolog. Apalagi kamu yang suka penasaran dengan benda-benda bersejarah. Pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu tempati.

Bahkan jika kamu bersedia berkecimpung di dunia arkeolog seperti ini, kamu akan mendapatkan gaji hingga mencapai ratusan juta rupiah loh! Apakah kamu tertarik menjadi seorang Arkeolog?

2. Bekerja di Instansi Pemerintah

7 Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Arkeologi

Peluang kerja buat kamu para lulusan Arkeologi selanjutnya yaitu kamu berkesempatan bekerja di instansi pemerintah. Biasanya lulusan Arkeologi diberi kesempatan di dinas-dinas seperti Dinas Pariwisata dan beberapa kedinasan lain.

Untuk gaji seorang PNS biasanya sekitar 3 juta hingga 5 juta rupiah, tergantung golongan. Namun kelebihannya yaitu, kamu bisa bekerja sembari jalan-jalan meneliti benda-benda sejarah di seluruh pelosok tanah air bukan?

Lihat juga: Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat

3. Menjadi Jurnalis Arkeologi

7 Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Arkeologi

Prospek kerja jurusan arkeologi berikutnya adalah menjadi jurnalis Arkeologi. Apa sih kerjaan jurnalis Arkeologi? Nah, biasanya jurnalis seperti ini menjadi penulis atas hal-hal yang ada kaitannya dengan Arkeologi.

Buat kamu yang hobi nulis sekaligus penasaran dengan benda-benda sejarah, profesi ini seperti cocok untuk kamu tempati. Banyak sekali media-media yang membahas mengenai Arkeologi. Gaji jangan ditanya, ya. Bahkan kamu bisa mendapatkan penghasilan hingga ratusan juta rupiah.

4. Menjadi Dosen Arkeologi

7 Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Arkeologi

Bagi kamu mahasiswa lulusan Arkeologi, kamu juga berkesempatan untuk menjadi seorang dosen di kampus-kampus. Namun tentu saja kamu harus melanjutkan pendidikan hingga master atau bahkan doktor.

Untuk gaji yang ditawarkan seorang dosen bisa mendapatkan penghasilan hingga 5 juta rupiah. Namun ini belum termasuk tunjangan dosen yang lain.

5. Bekerja di Lembaga Penelitian Nasional

7 Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Arkeologi

Bisa nggak sih, jurusan Arkeologi bekerja di Lembaga Penelitian Nasional? Bisa dong! Kamu bisa bekerja di LIPI, misalnya. Sebenarnya pekerjaan di lembaga seperti ini tak jauh berbeda dengan pekerjaan sebagai seorang Arkeolog. Hanya saja, skala yang dibutuhkan lebih kecil.

Untuk gaji, tak jauh berbeda dengan para lulusan Arkeologi yang bekerja di instansi pemerintah atau menjadi tenaga pengajar. Gajinya mencapai 4 jutaan rupiah. Buat kamu yang suka meneliti, mungkin profesi satu ini bisa kamu coba!

6. Menjadi Pemandu Wisata

7 Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Arkeologi

Kamu suka travelling? Atau kamu bahkan menyukai wisata sejarah? Nah, pekerjaan sebagai seorang pemandu wisata sejarah mungkin bisa kamu coba. Apalagi nanti kamu mungkin akan bertemu dengan wisatawan dari berbagai negara.

Bisa menambah wawasan dan pengalaman kamu kan? Nah, gaji seorang pemandu wisata pun lumayan.

7. Menjadi Pengelola Museum

7 Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Arkeologi

Prospek kerja jurusan Arkeologi selanjutnya adalah kamu bisa menjadi seorang pengelola sebuah museum. Meski gajinya tak sebesar menjadi seorang Arkeolog, namun tetap seru, kok.

Nah, mungkin kamu bisa mencobanya. Apakah kamu tertarik dengan pekerjaan sebagai pengelola museum?

Baca juga: Peluang Kerja Jurusan Sastra Inggris

Setelah Lulus Dari Jurusan Arkeologi

Sebenarnya masih banyak peluang kerja lain yang bisa ditempati.  Namun pekerjaan-pekerjaan di atas memang sangat berpeluang besar untuk lulusan Arkeologi. Nah, setelah lulus nanti kamu bisa memilih salah satu profesi tersebut.

Bagi lulusan SLTA yang akan meneruskan kuliah S1, mulai saat ini tidak perlu ragu lagi untuk memilih jurusan Arkeologi. Sebab, jurusan ini memiliki peluang kerja yang menjanjikan.

Itulah beberapa prospek kerja jurusan Arkeologi yang mungkin cocok untuk diterjuni. Setelah lulus nanti, kira-kira profesi apa yang ingin kamu tekuni?

BERI KOMENTAR