7 Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Arsitek

Ada banyak prospek kerja jurusan arsitek yang bisa dipilih setelah lulus kuliah. Berikut ini adalah peluang kerja yang paling menjanjikan.

7 Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Arsitek

CEROBOH– Sebagian besar dari kita pasti tak asing lagi dengan jurusan Arsitektur. Sama halnya dengan jurusan populer seperti jurusan Ekonomi, jurusan Kedokteran atau mungkin jurusan Bidan.

Jurusan Arsitek sendiri merupakan jurusan yang mempelajari mengenai desain bangunan.

Kalau kamu suka dunia hitung-menghitung dan juga menyukai dunia gambar menggambar, mungkin jurusan ini sangat cocok untuk kamu ambil.

Apalagi kamu yang tertarik dengan gambar desain-desain rumah dan bangunan.

Peluang Kerja Jurusan Arsitek

Jika ditelisik lebih dalam, banyak sekali peluang kerja yang bisa dijadikan peluang untuk anak arsitek terjun ke dalamnya.

Lantas, apa saja sih, peluang kerja dari jurusan Arsitek yang mungkin bisa dijadikan peluang untuk lulusan anak-anak arsitek?

Tanpa berlama-lama, langsung saja simak prospek kerja jurusan Arsitek yang cocok dan menjanjikan berikut ini:

1. Menjadi Surveyor

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Arsitek

Prospek kerja jurusan yang pertama buat kamu para lulusan arsitektur yaitu kamu berkesempatan menjadi seorang surveyor.

Surveyor sendiri memiliki tugas yaitu memeriksa proyek yang sedang berjalan. Arsitek juga harus memastikan bahwa proyeknya berjalan sesuai peraturan yang berlaku.

Gaji surveyor juga sangat besar. Ini tergantung juga dengan perusahaan dan proyek yang sedang diambil saat itu. Biasanya surveyor mendapat gaji perbulan hingga 7 juta rupiah.

2. Menjadi Pengajar/Dosen

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Arsitek

Buat kamu para lulusan mahasiswa Arsitektur, kamu juga memiliki kesempatan besar menjadi seorang pengajar di perguruan tinggi. Untuk jenjang pendidikan, tentu saja tergantung pada profesional apa yang kamu pilih.

Misalkamu ingin menjadi dosen, tentunya harus melanjutkan kuliah tingkat master terlebih dahulu. Gaji yang ditawarkan untuk dosen juga lumayan. Bisa mencapai 5 juta. Itupun belum termasuk tunjangan lain. Ini bisa menjadi alternatif prospek kerja jurusan arsitek yang bisa kamu pilih.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Teknik Elektro

3. Menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Arsitek

Instansi-instansi pemerintah juga membuka kesempatan untuk para lulusan Arsitektur melalui seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil. Kamu berkesempatan bekerja di Kementrian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat).

Namun untuk gaji, tentunya tergantung karir dan golongan yang kamu rintis di instansi tersebut. Semakin tinggi karirmu, makan semakin tinggi kelas dan gajimu.

4. Menjadi Seorang Drafter

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Arsitek

Prospek kerja jurusan Arsitek selanjutnya yang bisa ditempati oleh para lulusan Arsitektur yaitu menjadi seorang drafter. Biasanya tugas dari drafter yaitu menyusun gambar kerja dari sketsa dasar yang telag digambar oleh arsitek lain.

Untuk gaji seorang drafter, mungkin bisa mencapain 5 juta atau lebih per bulannya. Apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang drafter?

5. Menjadi Seorang Proyek Manager

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Arsitek

Apakah kamu lulusan Arsitektur yang tertarik menjadi seorang proyek manajer? Jika memang tertarik, nantinya tugas seorang proyek manajer biasanya mengatur proyek pembangunan yang sedang berjalan.

Untuk masalah gaji seorang manajer jangan tanya lagi ya. Bahkan gajinya bisa mencapai puluhan juga per bulannya. Lumayan besar kan?

6. Pelaksana Proyek Pembangunan

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Arsitek

Buat kamu para lulusan Arsitektur, profesi lain yang mungkin bisa kamu geluti adalah menjadi seorang pelaksana dalam proyek-proyek pembangunan. Ini juga merupakan prospek kerja jurusan arsitek yang menjanjikan.

Biasanya tugas dari pelaksana proyek pembangunan yaitu seperti mempersiapkan bahan bangunan yang berkualitas baik, persiapan fasilitas agar proyek terlaksana dengan lancar dan masih banyak lagi.

Untuk gaji, biasanya pelaksana proyek mendapatkan gaji mulai dari tujuh juta rupiah hingga dua belas juta rupiah loh! Bahkan bisa meningkat sewaktu-waktu, tergantung proyek yang dikerjakan.

7. Menjadi Perencana Struktur

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Arsitek

Peluang kerja jurusan Arsitek selanjutnya yaitu kamu bisa mendapatkan peluang menjadi sorang perencana struktur.

Biasanya tugas seorang perencana struktur adalah ia merencanakan mengenai struktur bangunan yang nantinya akan dibangun.

Sama seperti surveyor atau pelaksana proyek, gaji yang ditawarkan bisa mencapai tujuh juta rupiah loh. Besar kan?

Lihat juga: Peluang Kerja Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

Setelah Lulus Dari Jurusan Arsitek

Setelah lulus nanti, kamu bisa memilih beberapa profesi yang sudah dijelaskan tadi. Tapi, selain yang sudah dijelaskan, masih banyak lagi profesi yang bisa dijalani oleh seorang sarjana arsitektur.

Kemudian, untuk kamu yang baru lulus SLTA, tidak perlu ragu lagi untuk memilih jurusan arsitek. Sebab, jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang memiliki peluang karier yang terbuka lebar.

Nah, setelah mengetahui prospek kerja jurusan arsitek, kira-kira kamu tertarik menjadi apa nih?

BERI KOMENTAR