7 Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Bimbingan Konseling

Ada beberapa prospek kerja jurusan bimbingan konseling yang bisa ditekuni setelah lulus nanti. Berikut ini peluang kerja paling menjanjikan.

7 Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Bimbingan Konseling

CEROBOH – Program studi Bimbingan Konseling merupakan salah satu cabang dari ilmu psikologi. Namun Jurusan Bimbingan Konseling lebih spesifik lagi, yaitu mempelajari terkait psikologi siswa ketika di sekolah.

Jurusan Bimbingan Konseling pada dasarnya mempelajari banyak hal, mulai dari pemahaman pentingnya pendidikan, cara belajar yang efektif dan pemahaman terhadap kareakterisrik siswa atau peserta didik.

Peluang Kerja Jurusan Bimbingan Konseling

Jurusan Bimbingan Konseling merupakan salah satu jurusan yang sedang banyak diminati, akhir-akhir ini. Mungkin karena disebabkan setiap sekolah diharuskan memiliki lulusan bimbingan konseling. Sebagai pelayanan terhadap keluhan siswa.

Maka dari itu, peluang kerja di jurusan Bimbingan Konseling sangat terbuka lebar buat kamu yang meminatinya.

Apa saja sih peluang kerja jurusan Bimbingan Konseling sesudah lulus kuliah nanti?

Berikut ini adalah pembahas terkait prospek kerja jurusan bimbingan konseling yang paling menjanjikan:

1. Menjadi Hipnoterapis

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Bimbingan Konseling

Setelah lulus dari Program Studi Bimbingan Konseling kamu bisa menjadi seorang hipnoterapis. Seorang hipnoterapis kerjanya adalah melayani pasien yang memiliki gangguan psikologi. Ayau gangguan mental lainnya.

Hipnoterapis merupakan salah satu ilmu terapi yang menggunakan metode hipnotis. Jika hipnotis terdengar buruk, maka pekerjaan hipnoterapis merupakan pekerjaan yang sangat membantu klien. Sebab, ia mengobati dengan cara menganalisa terlebih dahulu masalah yang ada pada diri klien. Tentu, dengan pendekatan personal.

Sekarang, menjadi ahli hipnoterapi merupakan salah satu profesi yang menjanjikan. Selain dapat penghasilan dari mengobati klien, ia juga bisa mendapatkan penghasilan dari mengadakan seminar-seminar hipnoterapis.

2. Menjadi Konselor Edukasi

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Bimbingan Konseling

Prospek kerja jurusan Bimbingan Konseling yang berikutnya adalah menjadi seorang konselor edukasi. Seorang konselor biasanya bertugas memberikan bimbingan atau edukasi terkait dunia pendidikan.

Jika di sederhanakan, maka sama dengan seorang konsultan, yang bertugas memberikan solusi dan bimbingan terhadap klien yang memiliki masalah di dunia edukasi.

Penghasilan konselor edukasi juga terbilang besar. Sehingga ini menjadi peluang kerja yang cukup menjanjikan.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Arkeologi

3. Menjadi Mediator Keluarga

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Bimbingan Konseling

Berikutnya, peluang kerja jurusan Bimbingan Konseling bisa menjadi mediator keluarga. Seorang mediator keluarga bekerja sebagai penengah dalam keluarga. Maksudnya menjadi penengah ketika ada konflik di suatu keluarga. Sehingga ada jalan tengah dari permasalahan tersebut.

Intinya seorang mediator keluarga yaitu menyelesaikan masalah keluarga. Agar keluarga klien tetap kembali menjadi utuh. Dan masalah keluarga dapat terselesaikan.

Jangan ditanya. Bayaran seorang mediator keluarga juga lumayan besar loh. Sehingga, ini merupakan peluang besar buat kamu yang berniat kuliah di jurusan Bimbingan Konseling.

4. Menjadi Spesialis Sumber Daya Manusia

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Bimbingan Konseling

Prospek kerja jurusan bimbingan konseling setelah lulus kuliah nanti, bisa menjadi spesialis sumber daya manusia. Profesi ini tugasnya adalah bertanggung jawab terhadap keberlangsungan sumber daya manusia di sebuah perusahaan.

Biasanya bertugas untuk mewawancara, merekrut, dan mencari tenaga kerja yang kompeten di bidangnya. Agar perusahaan memiliki karyawan yang ahli dalam menangani sebuah pekerjaan.

Seorang spesialis sumber daya manusia juga bertugas mencari solusi terhadap masalah yang berkaitan dengan ketenagakerjaan di sebuah perusahaan.

Nah, ini bisa menjadi peluang untukmu yang ingin bekerja di perusahaan, dengan spesifikasi jurusan Bimbingan Konseling.

5. Menjadi Loan Advisor

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Bimbingan Konseling

Mungkin kamu baru mendengar profesi Loan Advisor. Jadi, loan advisor adalah orang yang berprofesi sebagai konsultan nasabah/debitur yang ingin meminjam uang ke bank.

Nanti, loan advisor bertugas mengarahkan nasahab untuk memilihkan pinjaman yang tepat. Mulai dari bank, jenis pinjaman hingga angsurannya.

Menjadi loan advisor juga merupakan profesi yang menjanjikan. Sebab, seorang loan advisor biasa dibayar besar oleh nasabah. Ketika nasabah goal bisa menerima pinjaman bank.

6. Menjadi Psikolog

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Bimbingan Konseling

Sarjana lulusan Bimbingan Konseling tentu sangat berpotensi menjadi seorang Psikolog. Sebab, pada dasarnya Bimbingan Konseling adalah ilmu psikologi. Ini juga merupakan prospek kerja jurusan bimbingan konseling yang menjanjikan.

Namun, jurusan Bimbingan Konseling biasanya lebih sesifik menangani pasien yang masih pelajar. Atau para siswa yang memerlukan bantuan khusus terkait psikologinya.

7. Menjadi Guru BK di Sekolah

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Bimbingan Konseling

Terakhir, peluang kerja jurusan Bimbingan Konseling adalah menjadi seorang guru BK di sekolah SLTP ataupun SLTA.

Guru BK tugasnya adalah membimbing murid-murid yang memiliki masalah. Baik itu masalah di sekolah, ataupun masalah pada keluarganya. Untuk dicarikan solusi terbaik untuk siswa tersebut.

Menjadi guru BK juga merupakan peluang karier yang menjanjikan. Sebab, saat ini sekolah-sekolah diharuskan memiliki guru BK. Dan saat ini, masih banyak sekolah yang tidak memiliki guru BK.

Lihat juga: Peluang Kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat

Setelah Lulus Dari Jurusan Bimbingan Konseling

Setelah lulus nanti, dan menjadi sarjana Bimbingan Konseling, kamu bisa memilih profesi yang sudah dijelaskan di atas. Namun, selain itu kamu bisa menekuni profesi lainnya yang tidak dijelaskan sebelumnya. Sebab, masih banyak lagi profesi yang bisa ditekuni oleh lulusan Bimbingan Konseling.

Kemudian, bagi kamu yang baru lulus SLTA tidak usah ragu lagi untuk memilih jurusan ini ketika akan melanjutkan S1. Sebeb, setelah lulus nanti, peluang kerjanya sangat terbuka lebar.

Demikianlah pembahasan tentang prospek kerja jurusan bimbingan konseling setelah lulus nanti. Kira-kira kamu tertarik menjadi apa nih?

BERI KOMENTAR