6 Prospek Kerja Desain Komunikasi Visual dan Peluangnya

Prospek kerja desain komunikasi visual sangat terbuka lebar, kamu bisa memilih profesi yang strategis berikut ini.

Prospek Kerja Desain Komunikasi Visual
foto dari: unsplash/@headway

CEROBOH.COM – Di zaman yang serba digital seperti sekarang, profesi desainer menjadi profesi yang selalu dicari-cari oleh banyak perusahaan. Baik itu desain menggambar, desain untuk karakter atau desain dalam bidang lain.

Hal ini dikarenakan, desain yang menarik dan bisa memikat banyak orang juga menjadi salah satu hal yang menentukan gambaran besar perusahaan. Maka dari itu, tentu saja prospek kerja desain komunikasi visual juga menjadi jurusan yang sangat diminati.

Nah, sebetulnya bagaimana sih prospek kerja desain komunikasi visual di dunia kerja?

Berikut ini adalah beberapa prospek kerja yang bisa dijadikan patokan bagi kamu yang kuliah di jurusan DKV dan sedang mencari peluang:

1. Bekerja Sebagai Ilustrator

Profesi pertama yang mungkin bisa kamu ambil bagi kamu jurusan Desain Komunikasi Visual yaitu menjadi seorang illustrator. Menjadi illustrator tentunya pekerjaannya tidak jauh-jauh dari yang namanya menggambar dong ya.

Biasanya job desk dari seorang illustrator ini yaitu membuat ilustrasi yang bisa mewakilkan sebuah pesan atau sebuah cerita yang membuat orang-orang tertarik. Seperti contohnya ilustrasi poster, ilustrasi iklan, ilustrasi buku cerita dan masih banyak lagi.

Apalagi di zaman sekarang, mulai banyak yang tertarik dengan menggambar. Terlihat banyak yang menggunakan aplikasi feed instagram untuk membuat desain instan. Artinya sudah banyak yang minat dengan pekerjaan ini.

2. Menjadi Desainer Grafis

Profesi selanjutnya yang bisa ditempati para lulusan Desain Komunikasi Visual yaitu menjadi seorang desainer grafis atau Bahasa kerennya graphic designer. Biasanya, tugas dari seorang desainer grafis yaitu memadu-madankan gambar, warna dan lain sebagainya agar para pelanggan tertarik.

Di zaman digital seperti ini, barang pasti banyak sekali perusahaan-perusahaan yang mencari para desainer grafis untuk mendesain konten-konten mereka untuk promosi di sosial media.

3. Menjadi Art Director

Prospek kerja desain komunikasi visual berikutnya adalah menjadi seorang art director. Apa sih art director itu? lalu sebetulnya tugas art director apa? Siap menjadi art director artinya siap untuk mampu membuat desain visual dalam berbagai bentuk seperti video, foto dan lain-lain.

Sebab, tugas utama seorang art director yaitu bertanggung jawab aras desain-desain visual yang telah dibuat dalam film, majalah, televisi, koran dan di berbagai media lain.

Jika memang tertarik, tentunya kamu harus belajar mendalami dunia art director. Sebab, profesi ini butuh skill yang tidak main-main.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

4. Menjadi Desainer Web/Web Designer

Terjun di dunia desain komunikasi visual tidak akan jauh dari dunia desain web loh! Apalagi setiap agensi sekarang tentunya membutuhkan promosi digital melalui web. Di beberapa perusahaan, seorang lulusan desain komunikasi visual juga diharuskan untuk menguasai dunia perkodingan.

Jadi, tidak hanya handal dalam komunikasi visualnya, namun juga dunia perkodingannya. Bagi kamu lulusan DKV, boleh dicoba untuk terjuan ke dunia desain web juga!

5. Menjadi Seorang Video Editor

Tidak hanya menjadi seorang desainer grafis atau menjadi illustrator saja, prospek kerja desain komunikasi visual juga memiliki kesempatan untuk berkarier menjadi seorang video editor loh! Apalagi di zaman sekarang, konten-konten dalam bentuk video sangat marak dan dibutuhkan oleh berbagai perusahaan untuk promosi produk-produknya. Maka dari itu, tentunya dibutuhkan seorang ahli editing video.

Untuk menjadi seorang video editor, anak lulusan DKV setidaknya harus menguasai aplikasi video editing berupa Final Cut Pro ataupun Premier Pro.

Artikel lainnya: Peluang Kerja Jurusan Teknik Informatika

6. Menjadi Animator

Selain sebagai seorang illustrator, lulusan DKV juga memiliki kesempatan untuk menjadi seorang animator. Jika kamu menjadi seorang animator, kamu akan bekerja di industry perfilman, iklan, televisi dan lain sebagainya.

Oh iya, kamu bisa juga loh bekerja di perusahaan video game. Apakah kamu tertarik untuk bekerja sebagai animator?

Itulah beberapa prospek kerja desain komunikasi visual yang mungkin bisa kamu ketahui. Semoga bermanfaat ya!

BERI KOMENTAR