7 Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Desain Produk

Ada beberapa prospek kerja jurusan desain produk yang bisa ditekuni setelah lulus nanti, berikut ini adalah peluang kerja paling menjanjikan.

Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Desain Produk
ilustrasi dari freepik/@stories

CEROBOH – Pernahkah kamu mendengar jurusan Desain Produk? Desain Produk atau biasa dikenal para mahasiswa dengan istilah Despro ini merupakan salah satu jurusan desain yang belajar mengenai hal-hal yang berkaitan dengan perencangan dan juga perencanaan produk. 

Tak sekadar belajar mengenai keindahan produk tertentu, jurusan Desain Produk juga harus bisa berpikir kreatif mengenai keefektifan dan kemaksimalan daya guna suatu produk. 

Banyak sekali hal-hal penting yang harus diperhatikan jika ingin masuk di jurusan Desain Produk. Termasuk mengetahui dengan detail mengenai masalah yang ada di masyarakat dengan menciptakan produk inovatif dan memiliki daya guna yang mampu memecahkan permasalahan masyarakat berkaitan dengan produk itu sendiri. 

Lantas, apa saja sih pekerjaan yang berpeluang untuk para lulusan Desain Produk? 

Yuk simak beberapa ulasan mengenai prospek kerja jurusan Desain Produk yang memiliki peluang tinggi untuk ditempati:

Menjadi Seorang Visual Merchandiser

Prospek kerja pertama yang memiliki peluang tinggi untuk ditempati para lulusan Desain Produk yaitu menjadi seorang visual merchandiser. 

Tugas dari seorang visual merchandiser ini adalah merancang layouting dan produk-produk toko agar terlihat menarik di mata para customer. 

Mengenai gaji, visual merchandiser bisa mendapat honor per bulan sekitar 4 hingga 6 juta rupiah. 

Menjadi Desainer Apparel

Prospek kerja selanjutnya untuk kamu para lulusan Desain Produk yaitu kamu berkesempatan melebarkan sayap kariermu untuk bekerja di bidang desain apparel. 

Desainer apparel dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam membuat desain suatu produk. Misalnya saja, untuk desain kaos, desainer apparel dituntut untuk mendesain karyanya sendiri. 

Yang selanjutnya karya tersebut akan diproduksi di garment-garment dan juga asesoris. Misalnya saja tas, kaos, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Kebidanan

Menjadi Konsultan Desain

Menjadi seorang konsultan desain juga termasuk profesi yang mungkin bisa digeluti oleh para lulusan Desain produk. 

Untuk menjadi konsultan, tentu kamu juga harus memiliki kemampuan berkomunikasi. Baik komunikasi tekstual, komunikasi verbal maupun komunikasi visual. Pula, ketelitian dan ketekunan harus selalu dilatih. 

Seorang konsultan desain juga harus memiliki keahlian dalam analisis dan pemikiran yang kritis. Dan yang paling penting adalah kreatif dan inovatif.

Bekerja Sebagai Desainer Furniture

Selain menjadi desainer apparel di perusahaan, lulusan Desain Produk juga berkesempatan mengembangkan keahliannya di bidang desainer furniture. 

Jadi, tugas seorang desainer furnitur adalah merencanakan dan merancang produk perabotan. Tak hanya memperhatikan estetikanya, namun juga memperhatikan fungsi dan inovasi. 

Apakah kamu termasuk lulusan Desain Produk yang tertarik menjadi desainer furniture? 

Menjadi Seorang Enterpreneur

Prospek kerja jurusan Desain Produk selanjutnya yaitu menjadi seorang enterpreneur. Sebenarnya tak hanya jurusan Desain Produk saja yang berkesempatan menjadi enterpreuner. Namun semua orang bisa menjadi enterpreneur. 

Mungkin kamu bisa menjadi enterpreneur di bidang bisnis kaos, misalnya. Kemudian untuk desain gambar kaosnya kamu kan, sudah punya keahliannya. Kamu. bisa memanfaatkan keahlian tersebut, bukan? 

Desainer Freelance

Di zaman yang semakin canggih, kini orang-orang banyak yang memilih bekerja freelance saja. Daripada bekerja di kantor yang harus berangkat pagi pulang sore dengan seragam yang terlalu ribet. 

Berbeda dengan freelance yang bekerja di rumah/work from home. Pakaian bebas dan bisa mengatur jam kerja semaunya sendiri.

Bagi kamu jurusan Desain Produk, kamu berkesempatan juga menjadi freelancer dengan menawarkan desain-desainmu yang mungkin bisa kamu pasang di marketplace penjualan desain.

Lihat juga: Peluang Kerja Jurusan Filsafat

Menjadi Pengajar di Kampus-kampus

Ternyata desainer juga bisa bekerja sebagai pengajar di kampus-kampus loh, menjadi seorang dosen. Namun tentu saja dengan syarat harus meneruskan pendidikan hingga master. 

Atau kalau memungkinkan bisa meneruskan hingga doktor. Gaji dosen pun lumayan. Berkisar antara 4-5 juta. Dan itu belum termasuk tunjangan lain. 

Demikian beberapa prospek kerja jurusan Desain Produk yang berpotensi cerah di masa depan. Jadi, udah memutuskan mau kerja di bidang apa?

BERI KOMENTAR