8 Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Setelah Lulus Kuliah

Prospek kerja Ekonomi banyak sekali pilihannya. Berikut ini saya rangkum menjadi delapan prospek kerja jurusan ekonomi paling menjanjikan.

8 Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Setelah Lulus Kuliah
ilustrasi freepik/@pikisuperstar

CEROBOH – Tahu nggak sih? Kalau jurusan Ekonomi merupakan jurusan tertua di dunia? Jurusan Ekonomi mempelajari mengenai isu-isu sosial ekonomi serta alokasi sumber daya dengan semaksimal mungkin.

Jurusan Ekonomi sangat direkomendasikan bagi kamu yang kritis, teliti dan penasaran akan pemecahan suatu permasalahan. Mungkin bagi sebagian orang, jurusan Ekonomi itu sulit. Tapi ternyata tidak juga. Karena ketika hitung menghitung, tentunya diperbolehkan menggunakan kalkulator.

Nah, buat kamu lulusan SMA yang masih bingung dan belum yakin akan memilih jurusan apa ketika kuliah, atau mungkin buat kamu lulusan Ekonomi yang bingung ingin mencari jenis pekerjaan seperti apa, tenang saja. Saya akan mencoba menjelaskan mengenai prospek kerjanya.

Hayooo sudah penasaran kan, apa saja prospek kerja jurusan Ekonomi setelah lulus nanti?

Berikut ini adalah 8 pilihan prospek kerja Ekonomi yang cocok untuk kamu tempati:

1. Menjadi Seorang Akuntan

8 Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Setelah Lulus Kuliah

Pekerjaan yang cocok buat kamu yang memilih jurusan Ekonomi adalah kamu bisa menjadi seorang akuntan. Hal ini dikarenakan, Akuntansi sendiri merupakan salah satu cabang ilmu yang ada pada Ekonomi.

Biasanya seorang akuntan bertugas meneliti dan menganalisa atas semua informasi keuangan yang masuk dalam suatu perusahaan dan selanjutnya membuat laporan keuangan.

Nah, peluang lulusan Ekonomi bekerja sebagai seorang akuntan ini sangatlah besar.Sebab, di zaman sekarang mana sih sektor atau perusahaan yang tidak membutuhkan ahli keuangan layaknya lulusan Ekonomi ini?

2. Menjadi Pemeriksa Keuangan

8 Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Setelah Lulus Kuliah

Selain menjadi seorang akuntan, peluang kerja untuk jurusan Ekonomi selanjutnya yaitu menjadi pemeriksa keuangan. Asal kamu tahu saja, ya. Pemeriksa keuangan dan seorang akuntan tentu saja berbeda.

Jika pemeriksa keuangan bertugas memeriksa keuangan sesuai peraturan hokum yang berlaku, maka tugas seorang akuntan adalah bagian membuat laporan keuangannya. Paham kan, ya perbedaannya?

Menjadi seorang pemeriksa keuangan tak kecil kemungkinan mendapat gaji yang besar. Bahkan kamu bisa mendapatkan gaji hingga sekitar 7 juta per bulannya. Untuk seorang pemeriksa keuangan tentunya ini adalah nominal yang besar, bukan?

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Geologi

3. Menjadi Pegawai Pajak

8 Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Setelah Lulus Kuliah

Kalau para lulusan Statistika bekerja di instansi pemerintah bernama Badan Pusat Statistik, maka lulusan Ekonomi juga berkesempatan bekerja di instansi pemerintah seperti Kantor Keuangan dan Kantor Pajak.

Tugas seorang pegawai pajak yaitu mengurus seluruh hal yang memiliki keterkaitan dengan pajak. Misalnya saja menghitung besaran pajak, memastikan data-data dengan benar, melayani pembayaran pajak dan sebagainya.

Jika kamu tertarik dengan pekerjaan ini dan bertanya mengenai gaji, jangan khawatir. Gaji yang kamu peroleh bisa mencapai 7 juta lebih!

4. Menjadi Seorang Ekonom

8 Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Setelah Lulus Kuliah

Jurusan Ekonomi, barang pasti salah satu pekerjaan yang layak dan cocok ya menjadi seorang ekonom dong! Nah, di awal sudah dibahas mengenai orang-orang yang coco dengan jurusan Ekonomi ya, yang kritis dan penuh ketelitian.

Sebab, pekerjaan seorang Ekonom ini yaitu meneliti serta memecahkan permasalahan ekonomi dilihat dari berbagai sudut pandang.

Nah, ika kamu ingin menjadi seorang ekonom besar, kamu bisa melanjutkan studimu hingga master bahkan meneruskan hingga S3. Gaji seorang pakar ekonomi bisa sampai ratusan juta loh. Mantap kan!

5. Menjadi Seorang Auditor

8 Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Setelah Lulus Kuliah

Prospek kerja Ekonomi berikutnya buat kamu lulusan Ekonomi yaitu kamu bisa menjadi seorang auditor. Tugas seorang auditor adalah mencatat semua hal yang berkaitan dengan keluar dan masuknya uang dalam perusahaan.

Jadi, kalau kamu ingin menjadi auditor, kamu harus sangat teliti dan kritis. Ibaratnya, dengan mengendus lewat hidung saja, kamu sudah bisa mendeteksi uang yang salah masuk atau mungkin hilang entah ke mana. Hehe.

Jadi kalau keuangan di suatu perusahaan sudah terdeteksi oleh seorang auditor, akan diketahui bahwa keuangan di perusahaan tersebut wajar atau tidak. Jangan tanya masalah gaji.

Bahkan kamu bisa mendapatkan gaji hingga 90 juta per bulan jika kamum menjabat sebagai Direktur Audit Internal. Mantap jiwa!

6. Menjadi Pengajar Ekonomi

8 Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Setelah Lulus Kuliah

Menjadi pengajar sepertinya bisa didapatkan oleh hampir semua jurusan pendidikan tinggi. Tak terkecuali jurusan Ekonomi. Nah, jika kamu lulusan Ekonomi namun bercita-cita ingin mengajar, kamu bisa menjadi pengajar di bidang bisnis.

Kamu bisa mendaftar menjadi pengajar di universitas atau mungkin di sekolah-sekolah menjadi guru ekonomi. Namun tempatmu mengajar tentu saja tergantung tingkat pendidikan yang kamu ambil. Misal ingin menjadi dosen, ya kamu harus meneruskan hingga master bahkan doktor.

Gaji pengajar juga tak kalah dengan profesi lain. Mulai dari gaji pokok yang berkisar 5 jutaan hingga gaji-gaji lain seperti uang insentif dan tunjangan tambahan lainnya.

7. Menjadi Analis Riset Pasar

8 Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Setelah Lulus Kuliah

Prospek kerja jurusan Ekonomi selanjutnya yaitu menjadi seorang analis riset pasar. Tugas dari seorang analis riset pasar yaitu  memastikan sebuah produk dalam suatu perusahaan berjalan sesuai dengan kondisi ekonomi yang sedang berjalan.

Namun untuk menjadi seorang analis riset pasar, kamu harus memiliki beberapa keahlian seperti terampil menulis, terampil menggunakan perangkat lunak hingga bahkan harus pandai dalam bidang statistik.

Analis riset pasar juga harus memilik jiwa kritis guna memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan pemasaran produk.

Lihat juga: Prospek Kerja Jurusan Sosiologi

8. Menjadi Seorang Aktuaris

8 Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Setelah Lulus Kuliah

Mungkin beberapa orang masih asing dengan pekerjaan satu ini. Yaitu menjadi seorang aktuaris. Nah, tugas aktuaris ini berkaitan dengan pelayanan asuransi-asuransi. Misalnya saja menganalisis asuransi mengenai kecelakaan, kematian, penyakit hingga bahkan kegagalan bisnis.

Seorang aktuaris akan meneliti dan menganalisis risiko mengenai polis asuransi. Setelah itu melakukan pertimbangan dengan beberapa variabel. Aktuaris dibutuhkan dalam perusahaan-perusahaan asuransi.

Itulah beberapa prospek kerja Ekonomi yang cocok untuk para lulusan Ekonomi. Sebenarnya masih banyak peluang kerja lain untuk kamu para lulusan Ekonomi.  Namun pekerjaan-pekerjaan di atas memang sangat berpeluang untuk ditekuni oleh para lulusan Ekonomi. Semoga membantu, ya.