7 Prospek Kerja Jurusan Geofisika Dan Gajinya

Ada banyak prospek kerja jurusan geofisika, untuk lebih jelasnya saya rangkum menjadi tujuh peluang kerja jurusan geofisika paling menjanjikan.

Prospek Kerja Jurusan Geofisika Dan Peluang Kerjanya
ilustrasi freepik/@freepik

CEROBOH – Jurusan Geofisika mungkin saja merupakanjurusan yang masih terdengar asing bagi sebagian orang. Terutama untuk kamu yang baru lulus dari SLTA.

Namun perlu diketahui, meski sedikit peminatnya jurusan geofisika merupakan slah satu jurusan yang tinggat penganggurannya mencapai angka 0%. Artinya, lulusan geofisika selalu dibutuhkan di dunia kerja.

Betul sekali, hal ini terlihat karena lulusan geofisika sangat berperan dalam dunia eksplorasi alam. Eksplorasi Sumber Daya Alam (SDA) ini tidak akan berjalan dengan mulus, tanpa adanya ahli geofisika atau lulusan geofisika.

Sehingga lulusan geofisika sangat dibutuhkan untuk menempati posisi kerja di bidang tersebut.

Apa saja peluang kerja jurusan geofisika yang paling menjanjikan?

Berikut ini adalah 7 prospek kerja geofisika yang bisa kamu tekuni setelah lulus kuliah:

1. Bekerja di Perusahaan Tambang Minyak

Prospek kerja jurusan geofisika yang pertama adalah bekerja di perusahaan tambang minyak seperti Pertamina.

Saat ini tambang minyak merupakan perusahaan yang sangat menjanjikan. Sebab kebutuhan akan minyak bumi semakin meningkat dengan banyaknya kendaraan.

Bagi lulusan geofisika bisa bekerja sebagai tenagaahli yang menentukan lokasi tambang gas dan minyak bumi.

Saat ini banyak sekali perusahaan tambang minyak yang ada. Setelah lulus dari kampus, kamu bisa memilih salahsatunya.

2. Bekerja di Perusahaan Mineral Bumi

Tahukah anda bahwa emas, intan dan nikel merupakan salah satu hasil dari mineral bumi? Nah, saat ini perusahaan yang sedang gencar salah satunya adalah perusaan mineral yang bergerak dibidang tambang emas, intan dan nikel.

Bagi lulusan Teknik Geofisika, kamu bisa bekerja di beberapa perusahaan mineral ini. Bisa menjadi tenaga ahli atau peneliti ahli. Adapun bebrapa perusahaan tersebut diantaranya:

  • PT Kasongan Bumi Kencana
  • PT Galuh Cempaka
  • PT Vale Indonesia
  • PT Natarang Mining
  • PT Ensbury Kalteng Mining

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Perikanan

3. Bekerja di Perusahaan Geothermal

Panas bumi atau Geothermal meruapak salah satu sumber energi yang sedang menjadi prioritas untuk menjadi energi alternatif. Tak aneh saat ini banyak perusahaan Geothermal yang sedang naik daun.

Ini merupakan peluang besar bagi para sarjanan lulusan Teknik Geofisika untuk bekerja di perusahaan Geothermal. Sebab, gaji di perusahaan geo termal terhitung sangat menjanjikan.

Jika kamu berminat, berikut ini beberapa perusahaan Geothermal yang ada di Indonesia:

  • PT Hitay Group
  • PT Bumi Lesugolo
  • PT Energy Kinan Internasional

4. Bekerja di Dinas Pemerintahan (Sebagai PNS)

Peluang kerja jurusan teknik Geofisika juga sangat berpeluang untuk bekerja di kedinasan menjadi Pegawai Negeri Sipil atau seirng dikenal PNS.

Banyak dinas-dinas atau lembaga negara yang membutuhkan lulusan teknik Geofisika. Diantaranya adalah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM), Dinas Pertambangan (PEMDA), Lemigas dan lain lain.

Sudah tidak usah ditanyakan lagi, berapa gaji sebagai PNS? Selain mendapat gaji pokok, PNS juga mendapatkan banyak tunjangan dan gaji pensiunan.

5. Bekerja Menjadi Tenaga Pendidik

Sudah pasti, lulusan Geofisika juga bisa menjadi tenaga pendidik di Universitas-universitas yang ada jurusan Geofisikanya.

Meniti karier sebagai tenaga pengajar atau dosen juga merupakan peluang kerja yang cukup menjanjikan. Selain itu kamu juga bisa mengabdikan diri untuk mendidik mahasiswa.

Namun, untuk menjadi dosen Teknik Geosisika minimal kamu harus kuliah hingga S2 terlebih dahulu.

Bagaimana, minat?

6. Bekerja Sebagai Peneliti

Perusahaan-perusahaan yang sudah dijelaskan di awal, yang bergerak di bidang tambang minyak, mineral bumi dan geothermal. Tentu saja mereka memerlukan peneliti ahli lulusan Geofisika.

Nah, kamu bisa bekerja di lembaga-lembaga penelitaian baik swasta atau milik pemerintah. Menjati peneliti tentu sesuatu yang membanggakan.

Meski bekerja di balik layar, namun sangat membantu orang-orang yang bekerja di lapangan. Nah, jika kamu minat, maka kamu bisa menjadi peneliti.

Gaji peneliti ahli Geofisika sangat menjanjikan loh.

Lihat juga: Prospek Kerja Jurusan Ilmu Tanah

7. Menjadi Konsultan Ahli

Selain peneliti, perusahaan juga kadang memerlukan konsultan ahli. Nah, ini juga menjadi peluang sangat besar bagi para sarjana Geofisika untuk bekerja menjadi konsultan ahli di bidang Geofisika.

Beberapa perusahaan besar, ketika mengerjakan proyek. Biasanya memerlukan konsultan ahli untuk mengeksekusi proyek tersebut.

Untuk gaji, jangan ditanya. Konsultan merupakan salah satu pekerjaan yang gajinya sangat besar. Sehingga sangat menjanjikan. Gimana, tertarik?

Demikianlah pembahasan tentang prospek kerja jurusan geofisika setelah lulus kuliah. Jika kamu nanti lulus sebagai sarjana Teknik Geofisika, kira-kira kamu berminat menjadi apa nih?

BERI KOMENTAR