6 Prospek Kerja Jurusan Geologi Setelah Lulus Kuliah

Ada banyak prospek kerja Geologi yang menjanjikan. Berikut ini saya rangkum menjadi enam prospek kerja jurusan Geologi pilihan terbaik.

Prospek Kerja Jurusan Geologi Setelah Lulus Kuliah
ilustrasi freepik/@macrovector

CEROBOH – Ada yang masih merasa asing kah dengan jurusan satu ini? Yups! Jurusan Geologi. Jadi di jurusan Geologi ini nantinya kamu akan mempelajari mengenai bumi.

Mulai dari sifat fisik bumi, apa saja komposisi bumi hingga sejarah yang berkaitan dengan asal usul dan proses pembentukan bumi itu sendiri.

Selain mempelajari bumi, anak Geologi juga dituntut ntuk memahami tentang ilmu kartografi, eksplorasi panas bumi, batubara hingga mitigasi bencana geologi.

Pokoknya, kalau sudah yakin memilih jurusan Geologi, kamu harus siap mempelajari banyak hal yang berkaitan dengan bumi beserta cabang-cabang ilmunya, deh!

Karena banyaknya ilmu-ilmu yang harus dipelajari, tentu prospek kerja yang akan didapatkan para lulusan Geologi ini juga bermacam-macam. Mulai dari menjadi seorang pengajar bidang Geologi hingga menjadi seorang pengembang pemukiman.

Lalu, apa saja ih pekerjaan yang cocok untuk kamu yang berkuliah di jurusan Geologi?

Inilah 6 prospek kerja geologi yang paling menjanjikan setelah lulus kuliah:

1. Menjadi Pengajar Geologi

Peluang kerja pertama yang kemungkinan besar bisa dimasuki oleh para lulusan Geologi adalah menjadi pengajar di bidang Geologi, terutama menjadi seorang dosen Geologi. Namun, tentu saja kamu harus meneruskan jenjang pendidikanmu sampai master bahkan doktor.

Tak bisa dipungkiri, gaji seorang dosen lumayan banyak. Mulai dari gaji pokok hingga sekitar 5 jutaan. Belum lagi gaji-gaji dalam bentuk lain seperti uang insentif atau tunjangan-tunjangan tertentu.

Asyik sekali bukan, mengajarkan hal-hal yang berkaitan dengan Geologi?

2. Bekerja Di Instansi Pemerintah

Selain menjadi dosen, para lulusan Geologi juga berpeluang besar untuk bekerja di instansi pemerintah. Bahkan pemerintah membuka lebar-lebar peluang anak Geologi untuk bekerja di berbagai instansi.

Seperti misal, bekerja di Kementrian Lingkungan Hidup, bekerja di BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi atau mungkin Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral. Kalau mengobrolkan soal gaji PNS, mungkin bisa mencapai 5 juta rupiah (tergantung golongan).

Tapi masih ada bentuk gaji lain untuk PNS. Mulai dari tunjangan jabatan, uang makan hingga honorarium.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Sosiologi

3. Bekerja di Perusahaan Pertambangan

Berikutnya buat kamu para lulusan Geologi, kamu bisa bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang bertambangan.

Biasanya ahli Geologi di pertambangan mempunyai tugas untuk melakukan pengamatan dan penelitian lebih dalam mengenai kawasan tertentu yang akan dijadikan lokasi pertambangan.

Untuk masalah gaji yang didapatkan seorang lulusan Geologi di perusahaan pertambangan bisa mencapai puluhan juta rupiah loh. Mantap bukan?

4. Menjadi Interpreter Seismik

Jangan salah baca ya. Peluang kerja lulusan Geologi selanjutnya yaitu menjadi seorang interpreter seismik. Bukan enterpreuner. Hehehe. Nah, pekerjaan ini bisa kamu dapatkan di perusahaan swasta ataupun perusahaan milik pemerintah.

Jadi tugas dari seorang interpreter seismik yaitu melakukan analisis secara mendalam mengenai jumlah minyak dan gas yang berada di dalam struktur bebatuan di lokasi-lokasi tertentu. Interpreter seismik juga berperan memastikan seberapa besar potensi bencana dalam proses ekstraksi suatu lokasi tempat pengambilan minyak dan gas.

Untuk masalah gaji yang didapatkan dari interpreter seismik ini berkisar hingga 8 juta rupiah. Namun ini hanya awal karir. Semakin lama kamu berkarir, tentu gaji akan semakin naik.

5. Menjadi Seorang Kontraktor

Selain lulusan Teknik Sipil, prospek kerja Geologi selanjutnya yaitu kamu bisa menjadi kontraktor. Biasanya tugas kontraktor yaitu melaksanakan pekerjaan konstrunsi sesuatu peraturan yang ada pada perjanjian, memberikan progress mengenai proyek dan masih banyak lagi.

Sepertinya untuk masalah gaji tak perlu bertanya-tanya. Sebab, gaji seorang kontraktor bisa mencapai puluhan juta bahna ratusan juta rupiah loh.

Lihat juga: Prospek Kerja Jurusan Biologi

6. Menjadi Pengembang Pemukiman

Peluang kerja selanjutnya yaitu kamu bisa menjadi pengembang pemukiman. Biasanya pengembang pemukiman ini bertugas, misalnya saja menangani kawasan kumuh di perkotaan, pengelolaan suatu kawasan lingkungan dan sebagainya.

Profesi pengembang pemukiman bisa mencapai puluhan juta loh. Ini tergantung pada karir yang kamu jalani.

Itulah 6 prospek kerja jurusan geologi setelah lulus kuliah. Kira-kirakamu berminat jadi apa nih?

BERI KOMENTAR