7 Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Hubungan Internasional

Ada beberapa prospek kerja jurusan Hubungan Internasional yang bisa dipilih setelah lulus kuliah. Berikut ini peluang kerja yang menjanjikan.

7 Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Hubungan Internasional

CEROBOH – Jurusan hubungan internasional merupakan program studi yang membahas hubungan politik secara luas.

Tidak hanya hubungan dengan antar negara saja. Namun mempelajari banyak: mulai dari hukum-hukum internasional, isu-isu glaobal, konflik internasional. Dan bahasan lain yang sifatnya umum.

Jurusan Hubungan Internasional juga merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati. Kendati, karena peluang kerja lulusan hubungan internasional sangat terbuka lebar. Dan juga sangat menjanjikan kesuksesan.

Peluang Kerja Jurusan Hubungan Internasional

Mungkin kamu bertanya: Apa saja sih peluang kerja jurusan hunungan internasional?

Berukut ini akan saya jelaskan 7 prospek kerja jurusan hubungan internasional setelah lulus kuliah nanti:

1. Menjadi Diplomat

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Hubungan Internasional

Diplomat merupakan seseorang yang memiliki tugas untuk melakukan diplomasi dengan negara luar. Di Indonesia, seorang diplomat merupakan Pegawai Negeri Sipil yang bekerja di bawah naungan Kementiran Luar Negeri.

Menjadi seorang diplomat merupakan peluang karier yang menjanjikan. Selain karena bekerja langsung di bawah naungan kementrian, seorang diplomat juga digaji dengan bayaran yang cukup besar.

Tak aneh sih, sebab menjadi diplomat mukanlah hal yang mudah. Kamu harus benar-benar memahami karakteristik sebuah bangsa.

Kemudian harus bisa melakukan negoisasi dengan bangsa tersebut. Jadi, wajar saja jika gajinya nggak nanggung-nanggung.

2. Menjadi Konsultan Imigrasi

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Hubungan Internasional

Lulusan hubungan internasional juga bisa menjadi seorang konsultan imigran. Konsultan imigran bertugas sebagai penasehat bagi orang-orang yang melakukan imigrasi.

Pekerjaan utamanya adalah memberikan solusi bagi imigran yang bermasalah. Atau memberikan usulan-usulan agar imigran tidak mendapatkan masalah ketika berpindah ke suatu negara baru.

Gaji seorang konsultan imigran juga terhitung lumayan besar. Sehingga profesi menjadi konsultan imigran bisa dikatakan salah satu prospek kerja jurusan hubungan internasional yang menjanjikan.

Lihat juga: Prospek Kerja Jurusan Farmasi

3. Menjadi Konsultan Politik

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Hubungan Internasional

Selain menjadi konsultan imigran, sarjana ilmu politik juga bisa menjadi konsultan politik. Konsultan politik biasanya banyak digunakan ketika musim pemilihan umum di laksanakan.

Konsultan politik bertugas membuat strategi politik untuk memenangkan kandidat politik yang diusungnya. Baik kandidat calon bupati, calon gubernur, ataupun calon presiden.

Selain itu, konsultan politik juga dibutuhkan oleh partai-partai politik. Biasanya mereka diberi tugas merancang strategi untuk meningkatkan elektabilitas sebuah bartai.

Menjadi konsutan politik juga merupakan peluang karier yang menjanjikan. Sebab bayaran untuk seorang konsultan politik tidaklah murah.

4. Menjadi Ahli Peneliti Politik

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Hubungan Internasional

Prospek kerja jurusan hubungan internasional berikutnya adalah menjadi ahli peneliti politik. Untuk menjadi peneliti politik kamu bisa memulainya dari dunia kademisi.

Yaitu bisa dengan memulai karier sebagai dosen. Namun perlu diketahui, syarat menjadi dosen adalah harus menempuh kuliah S2 terlebih dahulu.

Ketika menjadi dosen, kamu sangat berpeluang melakukan berbagai penelitian. Selain itu, dosen juga bisa melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Nah, semakin banyak penelitian yang dilaksanakan, maka akan semakin mudah menjadi peneliti ahli.

Dan di sini kamu sangat bisa berkarier menjadi ahli peneliti politik.

5. Menjadi Jurnalis

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Hubungan Internasional

Setelah lulus dari jurusan hubungan internasional, kamu juga bisa menjadi seorang jurnalis atau wartawan. Terlebih jika hobimu adalah di dunia kepenulisan. Maka menjadi jurnalis adalah profesi yang cocok.

Kamu bisa menjadi jurnalis politik yang spesifik membahas dunia politik. Oia, ketika menjadi jurnalis, kamu juga sangat berkesempatan untuk menerbitkan buku. Dan ini merupakankesempatan untuk menjadi penulis besar.

Menjadi jurnalis juga merupakan peluang karier yang menjanjikan. Sebab gaji seorang wartawan bisa terbilang lumayan besar.

6. Menjadi Penyiar Berita

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Hubungan Internasional

Selain jurnalis, prospek kerja jurusan hubungan internasional juga bisa menjadi penyiar berita. Kamu bisa menjadi penyiar berita yang berhubungan dengan dunia politik.

Nah, penyiar berita merupakan salah satu pekerjaan yang bayarannya besar. Apalagi ketika kamu menjadi penyiar berita di stasiun televisi yang sudah besar dan memiliki nama.

Jangan lewatkan kesempatan ini, maka dari itu nggak usah ragu lagi untuk berkuliah di jurursan ilmu politik.

7. Menjadi Politikus Atau Pegamat Politik

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Hubungan Internasional

Terakhir, seorang sarjana ilmu politik sangat berpeluang menjadi seorang politikus. Ketika di kampus, tentu kamuakan banyak mempelajari ilmu-ilmu politik. Baik politik dalam negri ataupun politik internasional.

Nah, ini merupakan sebuah kesempatan untuk berkarier di dunia politik dengan menjadi politikus. Atau kamu juga bisa menjadi pengamat politik.

Baca juga: Peluang Kerja Jurusan Arsitek

Setelah Lulus dari Jurusan Hubungan Internasional

Nah, jadi setelah menjadi sarjana Hubungan Internasional kamu bisa memilih beberapa profesi yang sudah dijelaskan di atas.

Kemudian, bagi kamu yang baru lulus SLTA—jangan ragu lagi ketika ingin mengambil kuliah jurusan Hubungan Internasional. Sebab, jurusan yang satu ini merupakan jurusan yang eluang kerjanya terbuka sangat lebar.

Demikianlah pembahasan tentang 7 prospek kerja jurusan hubungan internasional setelah lulus kuliah nanti. Kira-kira kamu tertarik menjadi apa ketika menjadi sarjana ilmu politik nanti?

BERI KOMENTAR