7 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Perpustakaan Serta Gajinya

Ternyata ada banyak prospek kerja jurusan ilmu perpustakaan setelah lulus kuliah. Berikut ini peluang kerja Ilmu Perpustakaan yang paling banyak diminati.

7 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Perpustakaan Serta Gajinya
ilustrasi freepik / @macrovector

CEROBOH – Bagi kamu yang baru lulus SLTA mungkin baru mendengar bahwa ada jurusan ilmu perpustakaan. Dan bertanya-tanya, nantinya bakal kerja di mana?

Tak aneh, jika kamu bertanya-tanya demikian. Sebab jurusan Ilmu Perpustakaan merupakan jurusan yang sedikit peminatnya. Sehingga kurang populer dan jarang ada yang mengetahui.

Namun, karena demikian maka lulusan ilmu perpustakaan merupakan lulusan yang sedikit pesaingnya. Sehingga sangat terbuka lebar peluang pekerjaannya. Di lain sisi kamu juga bisa dengan mudah masuk ke perguruan tinggi negeri, jika mengambil jurusan Ilmu Perpustakaan.

Apa saja peluang kerja jurusan ilmu perpustakaan setelah lulus nanti?

Berikut ini adalah 7 prospek kerja jurusan ilmu perpustakaan yang paling menjanjikan:

1. Menjadi Pustakawan Di Pemerintahan

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Perpustakaan Serta Gajinya
foto instagram/@archdesign00

Seorang lulusan Ilmu Perpustakaan tentu sangat berpotensi menjadi pustakawan di Pemerintahan. Coba kamu lihat, saat ini tiap daerah memiliki “perpustakaan daerah”.

Kemudian di tingkat Provinsi juga demikian, selalu ada “Perpustakaan Provinsi”. Setelah lulus kuliah nanti kamu bisa menjadi pustakawan li perpustakaan-perpustakaan milik pemerintah tersebut.

Tentu profesi sebagai pegawai negara merupakan profesi yang menyenangkan, bukan? Selain gaji yang mencukupi. Tentu kamu akan mendapatkan tunjangan dan dana pensiun.

2. Menjadi Pustakawan Di Universitas

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Perpustakaan Serta Gajinya
foto instagram/@love_travelling_blog

Seperti yang kamu ketahui, bahwa setiap perpustakaan pasti ada perpustakaannya, bukan? Nah, ini merupakan prospek kerja yang terbuka lebar bagi para lulusan Ilmu Perpustakaan untuk bekerja di perpustakaan Kampus.

Kamu bisa bekerja di Universitas Negeri, atau Universitas Negara. Saat ini banyak lowongan loh, untuk para lulusan Ilmu Perpustakaan.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Keperawatan

3. Menjadi Dosen Pengampu

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Perpustakaan Serta Gajinya
foto instagram/@o.kaymakci

Selanjutnya lulusan Ilmu Perpustakaan juga sudah pasti bisa menjadi Dosen. Kamu bisa menjadi dosen di Universitas yang membuka program studi Ilmu Perpustakaan.

Namun, setelah lulus S1 kamu harus melanjutkan jenjang yang lebih tinggi. Yaitu melanjutkan S2, agar kamu bisa menjadi dosen.

Sebab, biasanya dosen diwajibkan lulusan S2.

4. Menjadi Arsiparis Perusahaan/Lembaga

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Perpustakaan Serta Gajinya
foto instagram/@neo.april.es

Sebuah lembaga atau perusahaan tentu selalu bergelut dengan arsip-arsip. Data-data yang sudah dibuat atau digunakan harus diarsipkan dengan baik.

Nah, orang yang mengelola terkait kearsipan ini sering disebut Arsiparis. Bagi kamu lulusan Ilmu Perpustakaan tentu memiliki peluang yang besar untuk menjadi Arsiparis.

Namun perlu diketahui, untuk menjadi arsiparis dibutuhkan ekstra ketelitian. Jadi jika kamu mengambil jurusan Ilmu Perpustakaan, kemudian bercita-cita menjadi arsiparis. Maka harus belajar mengasah ketelitian ketika masih menjadi mahasiswa.

5. Menjadi Konsultan Perpustakaan

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Perpustakaan Serta Gajinya
foto instagram/@bibfortpienc

Bagi perpustakaan yang baru berdiri atau perpustakaan yang akan di akreditasi. Biasanya mereka memerlukan standarisasi perpustakaan yang berkualitas. Sehingga ketika proses penilaian mendapatkan nilai yang memuaskan.

Nah, menata perpustakaan menjadi terkonsep dan berkualitas adalah tugasnya seorang konsultan. Seorang konsultan tugasnya memberikan arahan dan masukan kepada pengelola perpustakaan. Agar perpustakaan tersebut bisa dikelola dengan baik.

Menjadi konsultan perpustakaan merupakan pekerjaan yang menjanjikan. Sebab gaji yang diperoleh lumayan menggiurkan.

6. Menjadi Pegawai Negeri Sipil

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Perpustakaan Serta Gajinya
foto instagram/@picasso_kocholo

Peluang kerja Ilmu Perpustakaan yang berikutnya adalah menjadi PNS alias Pegawai Negeri Sipil. Menjadi seorang PNS merupakan keinginan banyak orang. Terutama para orang tua yang bangga dengan anaknya yang bekerja sebagai PNS.

Nah, jika kamu menjadi sarjana Ilmu Perpustakaan, tentu nantinya sangat berpotensi menjadi PNS.

Terlihat ketika pendaftaran CPNS dibuka, lembaga pemerintahan banyak membutuhkan para lulusan Ilmu Perpustakaan. Dan ini kuotanya lumanyan banyak, sedangakan lulusan Ilmu Perpustakaan terbilang sedikit.

Baca juga: Peluang Kerja Jurusan Kedokteran Hewan

7. Menjadi Sekretaris

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Perpustakaan Serta Gajinya
foto instagram/@snakozan

Sarjana Ilmu Perpustakaan juga sangat bisa menjadi Sekretaris. Baik sekretaris di perusahaan swasta ataupun sekretaris di lembaga pemerintahan.

Pelajaran-pelajaran Ilmu Perpustakaan yang sudah diajarkan ini juga sangat berguna ketika menjadi sekretaris. Sebab, sekretaris pekerjaannya tak jauh dari tulis menulis dan pengarsipan dokumen.

Nah, sehingga menjadi sekretaris juga merupakan prospek yang terhitung menjanjikan. Apalagi jika kamu menjadi sekretaris perusahaan besar. Sudah pasti gaji yang didapatkan juga nominalnya besar. Apalagi jika kamu sudah berpengalaman.

Bagaimana, menarik bukan?

Demikianlah pembahasan tentang prospek kerja jurusan ilmu perpustakaan setelah lulus kuliah. Ngomong-ngomong, jika kamu menjadi sarjana Ilmu Perpustakaan, kira-kira berminat jadi apa, nih?

BERI KOMENTAR