7 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Politik Dan Peluang Kariernya

Ada banyak prospek kerja jurusan ilmu politik, diantaranya adalah menjadi penasehat negara, selain itu silahkan simak peluang kerja ilmu politik berikut.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Politik Dan Peluang Kariernya
ilustrasi freepik / @freepik

CEROBOH – Politik merupakan salah satu santapan sehari-hari bagi sebagian besar masyarakat. Namun minat terhadap dunia politik di kalangan anak muda seperti semakin menurun.

Terlihat, saat ini banyak anak muda yang mulai acuh dengan kondisi politik kekinian. Meski demikian, yang meminati jurusan ilmu politik selalu ada saja.

Bagi kamu yang baru lulus SLTA, jangan ragu untuk mengambil jurusan ilmu politik. Sebab, peluang kerja lulusan Ilmu Politik ternyata cukup menjanjikan loh.

Apa saja peluang kerja Ilmu Politik?

Inilah 7 prospek kerja jurusan ilmu politik yang paling menjanjikan setelah lulus kuliah:

1. Menjadi Pengamat Politik (Penasihat Negara)

Pertama, seorang lulusan Ilmu Politik bisa bekerja menjadi pengamat politk atau penasihat negara.

Pengamat politik tugasnya adalah mengamati keadaan politik di sebuah negara. Sehingga dengan hasil analisis, ia dapat memberikan masukan-masukan kebijakan politik yang taktis dan solutif.

Pengamat politik biasanya bekerja dibelakang presiden dan jajarannya. Iya bekerja di Kantor Stap Presidenan. Karena bekerja bersama presiden, tentu gaji yang diperoleh juga cukup menjanjikan dan terbilang sangat besar.

2. Menjadi Anggota Dewan

Seorang sarjana Ilmu Politik sangat kompeten jika menduduki jajaran anggota dewan. Sebab, setidaknya ketika masih menjadi mahasiswa Ilmu Politik ia sudah mempelajari politik secara luas.

Sehingga menjadi anggota dewan merupakan salah satu profesi yang cocok bagi lulusan Ilmu Politik.

Banyak pilihan untuk menjadi dewan. Kamu bisa menjadi dewan di wilayah, dewan tingkat provinsi atau dewan tingkat nasional.

Masalah gaji, jangan ditanya. Seorang gaji anggota dewan bisa terhitung besar. Sebab selain gaji, mereka juga mendapatkan berbagai fasilitas penunjang. Termasuk uang tunjangan.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Ilmu Perpustakaan

3. Menjadi Staf Pemerintahan

Seorang staf pemerintahan biasanya berstatus Pegawai Negeri Sipil. Setelah lulus nanti, kamu bisa bekerja di staf pemerintahan. Baik pemerintahan tingkat kabupaten, provinsi ataupun pemerintahan tingkat pusat.

Nah, jika kamu ingin menjadi PNS Staf Pemerintahan, maka jangan lewatkan ketika ada kesempatan untuk mendaftar CPNS.

Biasanya peluang untuk S1 Ilmu Politik sangat banyak lowongannya di pemerintahan. Termasuk menjadi pegawai kementrian.

Untuk gaji seorang PNS, pasti kamu sudah tau ya. Selain gaji ia juga mendapatkan dana pensiunan. Jadi nggak usah khawatir lagi ketika hari tua.

4. Menjadi Relawan LSM

Lembaga Swadaya Masyarakat atau LSM merupakan lembaga yang bergerak untuk melayani masyarakat. Lingkup kerja LSM bermacam-macam. Mulai ada yang bergerak di bidang sosial, politik, pers, buruh atau bidang lainnya.

Menjadi relawan di LSM juga bisa menjadi batu loncatan mencari karier yang ideal. Ketika bergabung di suatu LSM biasanya kamu akan bertemu dengan orang-orang hebat. Darisanalah kamu bisa mendapatkan banyak ilmu.

Manfaatkan rauang lingkup LSM untuk mencari relasi. Sehingga kamu bisa memilai membangun sebuah usaha atau bisnis.

5. Menjadi Pengurus Partai Politik

Peluang kerja jurusan Ilmu Politik yang berikutnya adalah menjadi pengurus Partai Politik. Nah, dengan bekal Ilmu Politik yang sudah kamu pelajari. Menjadi pengurus Partai Politik merupakan salah satu profesi yang menjanjikan.

Apalagi jika kamu menjadi pengurus di partai yang sudah besar. Pasti, peluang-peluang akan semakin terbuka lebar.

Saran dari saya, jika kamu akan terjun ke dunia Partai Politik, maka terjunlah di bagian hlunya. Di pengurus pusatnya. Jangan di tingkat daerah yang cakupannya kecil.

6. Menjadi Jurnalis Politik

Menjadi jurnalis politik juga ternyata gajinya lumayan besar. Kamu, lulusan Ilmu Politik bisa menjadi jurnalis politik baik di media online atau media cetak.

Menjadi jurnalis merupakan salah satu profesi yang menyenangkan. Apalagi bagi kamu yang gemar dunia tulis-menulis. Maka menjadi jurnalis adalah profesi yang cocok dan bisa kamu pilih.

Lihat juga: Peluang Kerja Jurusan Keperawatan

7. Menjadi Konsultan Politik

Konsultan politik biasanya banyak digunakan ketika pemilu sudah dekat. Baik pemeilihan bupati, gubernur, ataupun pemilu tingkat nasional.

Nah tugas konsultan politik adalah merancang strategi politik yang matang untuk para kandidat. Selain itu, konsultan politik juga harus bisa menganalisa isu-isu sosial kekinian.

Selain menjadi konsultan bagi para caleg. Seorang konsultan politik juga bisa bekerja di lembaga-lembaga survei. Biasanya mereka bertugas membuat rencana dan strategi untuk membuat sebuah survei politik.

Demikianlah pembahasan tentang prospek kerja jurusan ilmu politik setelah lulus kuliah nanti. Nah, jika kamu memilih jurusan Ilmu Politik, kira-kira kamu ingin menggeluti profesi apa?