8 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Tanah Setelah Lulus Kuliah

Prospek kerja Ilmu Tanah ternyata banyak juga peluangnya. Berikut ini saya rangkum menjadi 8 peluang kerja jurusan Ilmu Tanah paling menjanjikan.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Tanah Setelah Lulus Kuliah

CEROBOH – Kita tahu, setiap manusia di muka bumi ini tak pernah lepas dari yang namanya menginjak tanah. Tanah adalah bagian dari kehidupan untuk kelangsungan hidup makhluk hidup.

Agar tanah tetap terjaga dengan baik, tentunya harus ada yang memiliki ilmu yang mumpuni untuk pengelolaan tanah. Misalnya saja, pengelolaan mengenai bagaimana mengolah suatu lahan agar suatu tanaman bisa tumbuh subur di lahan tersebut.

Dengan demikian, kamu pasti bertanya-tanya:

Apa saja sih peluang kerja jurusan Ilmu Tanah?

Berikut ini adalah 8 prospek kerja Ilmu tanah yang cocok dan bisa ditekuni para lulusan Ilmu Tanah:

1. Menjadi Seorang Pengajar

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Tanah Setelah Lulus Kuliah
foto instagram/@sitibecik

Peluang kerja berikutnya buat para lulusan Ilmu tanah yaitu mereka juga mendapat kesempatan untuk menjadi seorang pengajar. Dalam hal ini, menjadi seorang dosen.

Namun untuk menjadi dosen, tingkat pendidikannya pun harus ditempuh hingga tingkat master. Bahkan tingkat doktor.

Untuk gaji dosen biasanya mencapai hingga 5 juta rupiah. Tapi itu belum termasuk tunjangan lain.

2. Menjadi Seorang Wirausaha

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Tanah Setelah Lulus Kuliah
foto instagram/@sitibecik

Tak menutup kemungkinan juga loh. Bahwa  lulusan Ilmu Tanah bisa menjadi seorang wirausaha sukses. Sebab, sejatinya semua orang memiliki kesempatan penuh bekerja sebagai wirausaha.

Jika kamu sudah menjadi wirausahawan terkenal, penghasilanmu bahkan bisa mencapai ratusan juta. Gimana? Tertarik juga menjadi lulusan Ilmu Tanah yang berwirausaha?

Lihat juga: Peluang Kerja Jurusan Teknik Elektro

3. Bekerja di Instansi Pemerintah

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Tanah Setelah Lulus Kuliah
foto instagram/@sitibecik

Selanjutnya, peluang kerja jurusan Ilmu Tanah adalah menjadi Pegawai Negeri Sipil atau PNS. Kini pemerintah juga membuka peluang besar pula untuk para lulusan Ilmu Tanah.

Biasanya instansi atau kantor pemerintab yang bisa dimasuki lulusan Ilmu Tanah di antaranya Badan Pertanahan Nasional (BNP), Departemen Pertanian, Departemen Perkebun Bappeda, badan-badan lingkungan hidup dan masih banyak lagi.

Untuk gaji seorang PNS tentunya tergantung golongan, ya. Ada pula tunjangan-tunjangan lain untuk PNS selain gaji pokok.

4. Menjadi Surveyor Tanah

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Tanah Setelah Lulus Kuliah
foto instagram/@sitibecik

Karier yang bisa ditekuni oleh lulusan Ilmu Tanah selanjutnya yaitu menjadi seorang surveyor tanah di perusahaan-perusahaan tertentu.

Menjadi surveyor tanah dituntut untuk memiliki kemampuan ilmu ukur tanah, handal dalam Matematika, hingga mengetahui metode pelaksanaan bangunan.

Gaji yang didapatkan bisa berkisar hingga 8 juta rupiah. Tergantung juga dengan kariermu di perusahaan yang kamu tempati.

5. Menjadi Teknisi Konservasi Lingkungan

Prospek Kerja Ilmu Tanah Setelah Lulus Kuliah
foto instagram/@sitibecik

Peluang kerja bagi lulusan Ilmu Tanah berikutnya yaitu menjadi teknisi konservasi lingkungan.

Tugas dari teknisi ini biasanya seputar merancang penyusunan program, melakukan pengendalian pencemaran lingkungan hingga bahkan memberikan solusi terhadap permasalahan lingkungan.

Ada beberapa jenjang karier untuk teknisi konservasi lingkungan. Di antaranya senior teknisi konservasi, junior teknisi konservasi hingga manajer konservasi sendiri.

6. Menjadi Penyuluh Pertanian

Peluang Kerja Jurusan Ilmu Tanah Setelah Lulus Kuliah
foto instagram/@sitibecik

Pekerjaan lain yang bisa ditekuni oleh para lulusan Ilmu Tanah yaitu menjadi seorang penyuluh pertanian. Hal ini dikarenakan, Ilmu Tanah sendiri di beberapa kampus masuk ke dalam Fakultas Pertanian.

Tugas dari seorang penyuluh pertanian di antaranya seputar melakukan pengunjungan kepada kelompok tani binaan, menawarkan solusi pada permasalahan mengenai peningkatan kerja dan produksi para petani dan masih banyak lagi.

7. Bekerja Di Perbankan

Peluang Kerja Jurusan Ilmu Tanah Setelah Lulus Kuliah
foto instagram/@sitibecik

Tahu nggak sih, prospek kerja jurusan ilmu tanah salah satunya bisa bekerja di perbankan? Hal ini dikarenakan, saat kuliah para lulusan Ilmu Tanah telah dibekali kemampuan dalam menganalisis sesuatu.

Selain memiliki kemampuan lebih dalam hal analisis, para lulusan Ilmu Tanah juga memiliki kelebihan di bidang eksakta.

Sehingga lulusan ilmu tanah bisa bekerja di perbankan. Biasanya menjadi konsultan atau analisator di bagian pertanahan. Sebab, saat ini banyak peminjam uang yang menggadaikan tanahnya. Nah, ini menjadi peluang besar.

Baca juga: Peluang Kerja Jurusan Kimia

8. Menjadi Analis Lab Tanah

Peluang Kerja Jurusan Ilmu Tanah Setelah Lulus Kuliah
foto instagram/@qoryhsb

Saat ini banyak Labolatorium Tanah yang kegiatan utamanya meneliti tanah. Baik dari segi unsur hara, aerase dan draenase tanah.

Nah, lulusan ilmu tanah tentu sangat berpotensi bekerja menjadi seorang analis di labolatorium tanah. Baik di lembaga swasta ataupun di lembaga pemerintahan. Menarik bukan?

Demikian penjelasan mengenai beberapa prospek kerja Ilmu Tanah yang bisa kamu tekuni. Jadi apakah kamu sudah memutuskan untuk memilih jenis pekerjaan yang mana?

BERI KOMENTAR