7 Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Dan Peluang Kariernya

Banyak prospek kerja jurusan ekonomi yang bisa kamu tekuni. Nah, pada artikel ini saya jelaskan 7 peluang kerja ilmu ekonomi paling menjanjikan.

Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Dan Peluang Kariernya
ilustrasi freepik / @katemangostar

CEROBOH – Jurusan ekonomi merupakan salah satu jurusan kuliah yang banyak peminatnya. Terlihat dari lulusan fakultas ekonomi yang selalu meluluskan banyak wisudawan baru.

Nah, bagi kamu yang menginginkan melanjutkan kuliah, mungkin bertanya-tanya: kenapa sih harus kuliah di jurusan ekonomi?

Sebelum memutuskan untuk kuliah di fakultas ekonomi. Tentu, salah satu pertimbangannya adalh peluang kerja setelah lulus.

Lalu, apa saja sih peluang kerja ilmu ekonomi setelah lulus kuliah nanti?

Berikut ini akan saya jelaskan 7 prospek kerja jurusan ekonomi yang paling menjanjikan:

1. Menjadi Pegawai Bank

Lulusan ilmu ekonomi tentu sangat berpeluang untuk bekerja di Bank. Baik itu bank swasta ataupun bank Negara.

Banyak pilihan posisi yang  bisa kamu pilih, mulai dari customer service atau menjadi teller Bank. Selain itu, kamu juga bisa menjadi analis keuangan yang bekerja di balik layar. Tidak berhadapan langsung dengan nasabah.

Menjadi pegawai bank merupakan profesi yang menjanjikan. Sebab, gaji yang diperoleh terhitung sangat besar.

2. Menjadi Analis Riset Operasional

Hampir setiap perusahaan besar, pasti memerlukan seorang analis riset operasional. Analis riset operasional tugasnya menganalisa kondisi keuangan yang ada di sebuah perusahaan, agar dapat digunakan seefektif mungkin. Termasuk salah satunya menentukan gaji pegawai.

Selain itu, analis riset operasional juga bertugas untuk menentukan biaya operasional yang harus dikeluarkan.

Menjadi seorang analis riset operasional merupakan peluang karier yang cukup menjanjikan. Sebab gaji yang didapat, lumayan besar.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Ilmu Politik

3. Menjadi Auditor Keuangan

Suatu lebaga, akan dibilang kreadibel atau profesional dapat terlihat dari hasil audit keuangan. Nah, yang bertugas mengaudit keuangan sebuah lembaga adalah lemabaga audit yang sudah resmi dan memiliki izin.

Nah, kamu bisa bekerja di lembaga auditor keuangan. Tugas dari seorang auditor adalah menganalisa keuangan sebuah lembaga atau perusahaan, apakah terlihat sehat atau terlihat janggal.

Hasil dari audit keuangan ini, nantinya akan diterbitkan, dan jika hasilnya bagus, akan dinyatakan kreadibel. Atau profesional

Saat ini sudah banyak lembaga audit keuangan swasta yang ada. Dan ini merupakan peluang besar bagi kamu yang baru lulus jurusan ekonomi.

4. Bekerja di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)

Badan Pemeriksa Keuangan merupakan lembaga pemerintah. Sehingga pegawai yang bekerja di sini bisa disebut Pegawai Negeri Sipil. Alias PNS. Dan ini bisa menjadi prospek kerja jurusan ekonomi.

BPK fungsinya hampir sama dengan auditor keuangan. Namun BPK lebih spesifik, karena yang diperiksanya adalah lembaga-lembaga pemerintah.

Intinya, BPK bertugas memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab terhadap keuangan negara.

Menjadi PNS di BPK merupakan peluang karier yang sangat menjanjikan. Selain mendapatkan gaji bulanan. Kamu juga akan mendapatkan dana pensiunan.

5. Bekerja di Otorisasi Jasa Keuangan

OJK atau Otorisasi Jasa Keuangan merupakan lebaga independen yang diciptakan oleh pemerintah. Fungsi utamanya adalah mengawasi, memerikasa dan melakukan penyidikan terhadap lembaga keuangan. Baik itu bank atau lembaga keuangan non bank.

Bekerja di Otorisasi Jasa Keuangan merupakan salah satu profesi yang bisa diandalkan. Dan lulusan ekonomi bisa bekerja di lembaga independen ini.

6. Bekerja di Kantor Pajak

Lulusan ekonomi juga bisa bekerja di Kantor pajak. Pegawai yang bekerja di kantor pajak juga merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Banyak posisi yang bisa kamu tempati di kantor pajak. Tugasnya, sudah pasti tak akan jauh dari perpajakan. Mulai dari menghitung pajak perorangan, hingga pajak perusahaan.

Selain itu, ada beberpa pegawai juga yang tugasnya mengurus dokumen-dokumen perpajakan.

Prospek kerja ilmu ekonomi di kantor pajak merupakan peluang karier yang menjajikan. Setelah lulus nanti, kamu bisa melamar di kantor pajak. Melalui tes CPNS.

Lihat juga: Peluang Kerja Jurusan Ilmu Perpustakaan

7. Menjadi Pakar Ekonom

Seorang pakar, biasanya lahir dari akademisi. Nah, untuk memulai karier kamu bisa memulai dari menjadi dosen. Kemudian melakukan berbagai penelitian di bidang ekonomi.

Kemudian, yang paling penting adalah meneruskan kuliah, S2, S3, hingga memiiki gelar profesor. Jangan ditanya, seorang profesor atau guru besar merupakan peluang kkarier yang sangat menjanjikan.

Itulah beberapa prospek kerja jurusan ekonomi yang bisa kamu tekuni setelah lulus kuliah S1. Nah, kira-kira kamu tertarik menjadi apa?

BERI KOMENTAR