7 Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Hukum

Mau tau bagaimana prospek kerja jurusan Hukum? atau Lulusan Fakultas Hukum bisa jadi apa? Mari lihat peluang kerja bagi lulusan Hukum.

Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Hukum

CEROBOH – Jurusan Hukum tentu sudah tidak asing lagi kan, terdengar di telinga kita? Nah, jika membicarakan mengenai prospek kerja jurusan satu ini, pasti tak jauh dengan profesi bernama pengacara atau lawyer.

Padahal banyak sekali profesi yang bisa digeluti oleh para lulusan Jurusan Hukum. Misalnya saja menjadi seorang notaris atau mungkin menjadi diplomat di luar negeri.

Lalu apa saja sih sebenarnya, peluang kerja jurusan Hukum yang menjanjikan di masa depan?

Berikut ini akan saya ulas beberapa prospek kerja Jurusan Hukum yang bisa digeluti oleh para lulusan Hukum:

1. Menjadi Seorang Konsultan Hukum

Peluang Kerja Jurusan Hukum

Prospek kerja pertama, yang bisa digeluti oleh lulusan Jurusan Hukum adalah dengan berkarier sebagai seorang konsultan di bidang hukum.

Sesuai dengan nama profesi ini, bahwa tugas seorang konsultan hukum adalah mengurus hal-hal yang berkaitan dengan hukum baik perseorangan, maupun urusan perusahaan. Seperti misal mengurus urusan dokumen pada lembaga atau perusahaan tertentu.

Jika kamu adalah mahasiswa hukum yang aktif, kamu berkesempatan besar menjadi seorang konsultan. Gajinya lumayan loh!

2 Menjadi Staf Legal Officer

Peluang Kerja Jurusan Hukum

Pernahkah kamu mendengar profesi satu ini? Jika belum, tahukah kamu bahwa lulusan Hukum di bidang profesi ini memiliki peluang yang cukup menjanjikan?

Biasanya legal officer bertugas mengurus segala dokumen-dokumen yang berkaitan mengenai kontrak kerja, surat perjanjian kerja, surat aset dan masih banyak lagi yang diurus oleh para petugas legal officer ini.

Tak hanya di perusahaan besar, kamu juga bisa menggeluti profesi legal officer di kantor-kantor startup dengan mengurus hal-hal yang berkaitan dengan hukum di dalamnya.

Dengan begitu, semua urusan hukum di perusahaan tak mengalami kendala. Untuk masalah gaji, staf legal biasanya berkisar antara 4-5 juta rupiah perbulannya.

Lihat juga: Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Seni Musik

3. Berkarier Sebagai Jaksa/Hakim

Peluang Kerja Jurusan Hukum

Selain sebagai pengacara, biasanya profesi yang populer dan dicita-citakan oleh banyak lulusan Hukum adalah dengan berkarier sebagai seorang jaksa atau seorang hakim.

Tugas seorang hakim di pengadilan yaitu memberitahukan mengenai tuntutan dalam pengadilan. Atau menyampaikan tentang dakwaan suatu perkara hukum.

Nah, untuk tugas seorang hakim, ia bertugas menentukan keadilan-keadilan untuk terdakwa. Jadi, bagi kamu para lulusan Hukum yang memutuskan menerjuni profesi ini, ada baiknya kamu berpikir matang. Sebab tanggung jawabnya teramat besar.

Oleh sebab tanggung jawabnya yang besar ini, tak heran jika gaji yang diberikan sangat besar dan menjanjikan.

4. Berkarier Sebagai Diplomat Luar Negeri

Prospek Kerja Jurusan Hukum

Prospek kerja Jurusan Hukum berikutnya yaitu kamu, para lulusan Hukum, berkesempatan berkarier sebagai seorang diplomat luar negeri. Jadi, buat kamu yang berpikir bahwa diplomat hanya bisa digeluti oleh lulusan Hubungan Internasional, kamu salah. Sebab, anak Hukum juga bisa berkecimpung di dalamnya.

Tugas diplomat luar negeri biasanya mengurus segala permasalahan hukum luar negeri yang berkaitan antara Indonesia dengan negara yang bersangkutan. Tentu saja tanggung jawabnya sangat besar karena berkaitan dengan negara lain.

Namun tentu saja gaji yang didapatkan juga tak kalah menjanjikan dong!

5. Bekerja Sebagai Notaris

Peluang Kerja Jurusan Hukum

Keberadaan profesi notaris yang teramat dibutuhkan masyarakat, menjadikan profesi sebagai seorang notaris sangat menjanjikan di tengah masyarakat.

Tugas seorang notaris sendiri yaitu notaris berwenang menulis sekaligus membuat dokumen atau akta mengenai perjanjian yang telah ditetapkan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Karena peran notaris sangat sentral, tentunya untuk menjadi notaris tidak mudah. At least, kamu sebaiknya meneruskan kuliahmy hingga S2. Atau semakin baik jika kamu teruskan hingga S3.

6. Menjadi Dosen Jurusan Hukum

Prospek Kerja Jurusan Hukum

Menjadi dosen jurusan Hukum nampaknya sangat cocok buat kamu yang suka mengajar. Kamu berkesempatan menjadi tenaga pengajar di perguruan tinggi yang membuka jurusan Hukum.

Namun untuk menjadi dosen tentunya kamu harus meneruskan studimu hingga S2. Jadi tam boleh hanya lulusan S1. Lebih-lebih kamu meneruskan pendidikanmu hingga S3.

Untuk gaji dosen, biasanya berkisar antara 4-5 juta rupiah. Namun itu baru gaji pokok.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Psikologi

7. Bekerja di Instansi Pemerintah

Prospek Kerja Jurusan Hukum

Peluang kerja Jurusan Hukum selanjutnya yaitu kamu bisa bekerja di instansi pemerintah loh. Melalui penyeleksian CPNS, beberapa instansi pemerintah, mulai dari kementrian atau kedinasan membuat lebar peluang untuk lulusan Hukum.

Untuk gaji PNS, ini tergantung golonganmu di instansi pemerintah yang kamu tempati.

Demikian beberapa ulasan mengenai prospek kerja jurusan Hukum yang mungkin bisa kamu tempati. Sebenarnya masih ada profesi lain untuk lulusan Hukum yang lain. Namun list di atas memang sangat berpeluang untuk digeluti. Semoga membantu mencerahkan, ya!

BERI KOMENTAR