7 Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat

Ada beberapa prospek kerja jurusan kesehatan masyarakat setelah lulus kuliah, berikut ini adalah peluang kerja yang paling menjanjikan.

Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat

CEROBOH – Seperti halnya jurusan Kebidanan atau jurusan Perawat, jurusan Kesehatan Masyarakat juga termasuk jurusan yang banyak diminati jika ingin berkuliah di bidang kesehatan.

Jurusan Kesehatan Masyarakat sendiri mempelajari mengenai hubungan antara lingkungan dan manusia dalam hal pencegahan penyakit. Kesmas juga mempelajari tentang kesehatan lingkungan kerja atau suatu kawasan tertentu.

Peluang Kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat

Berbicara mengenai jurusan kuliah, tentunya juga tak jauh dengan pembicaraan mengenai prospek atau peluang kerja. Termasuk mengenai peluang kerja Kesehatan Masyarakat.

Apa saja sih peluang kerja jurusan Kesehatan Masyarakat yang memiliki potensi sukses di masa depan?

Yuk simak beberapa prospek kerja jurusan Kesehatan Masyarakat yang memiliki potensi sukses di masa depan:

1. Menjadi Penyuluh Kesehatan Masyarakat (PKM)

Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat

Prospek kerja pertama yang mungkin bisa digeluti oleh para lulusan Kesmas adalah menjadi penyuluh kesehatan masyarakat.

Jadi, nanti anak Kesmas Bertugas melakukan. penyuluhan kesehatan sekaligus melakukan promosi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan kepada masyarakat.

Tak hanya itu, petugas PKM juga berperan menjadi konsultan kesehatan, menjadi peneliti kesehatan hingga promosi kesehatan di masyarakat.

2. Pengendali Mutu Produk Kesehatan

Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat

Prospek kerja jurusan kesehatan masyarakat selanjutnya untuk jurusan Kesehatan Masyarakat yaitu bekerja di bagian pengendalian mutu suatu produk kesehatan di perusahaan.

Jadi, dalam berbisnis produk-produk kesehatan, perusahaan membutuhkan seorang petugas yang memantau dan mengendalikan produk tersebut agar sesuai standar kesehatan yang telah ditentukan. Mulai dari kualitas bahan baku, hingga menjadi produk yang sudah jadi.

Buat para lulusan Kesmas, apakah kamu tertarik untuk bekerja di bagian pengendalian mutu produk kesehatan?

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Sastra Inggris

3. Staf Gizi Kesehatan Masyarakat

Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat

Prospek kerja selanjutnya untuk kamu para lulusan Kesehatan Masyarakat yaitu menjadi ataf gizi kesehatan masyarakat. Tugasnya adalah melakukan peningkatan kualitas gizi di masyarakat.

Untuk masalah gaji, biasanya staf gizi digaji kisaran 3 juta rupiah.

4. Menjadi Pekerja Sosial (Social Worker)

Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat

Seperti nama jurusannya yaitu Kesehatan Masyarakat, lulusan Kesmas ini juga sangat mungkin banget berkarier menjadi pekerja sosial. Ini merupakan prospek kerja jurusan kesehatan masyarakat terbilang cukup menjanjikan.

Pekerja sosial untuk Kesmas sendiri bisa bekerja dengan melakukan pelayanan kesehatan di suatu kelompok masyarakat tertentu.

5. Administrator Layanan Kesehatan

Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat

Buat kamu para lulusan Kesehatan Masyarakat, prospek kerja yang mungkin bisa kamu geluti yaitu menjadi administrator layanan kesehatan di suatu instansi yang bergerak di bidang kesehatan.

Tak jauh berbeda dengan seorang PKM, gaji yang kamu dapatkan berkisar 3 juta rupiah per bulannya.

6. Menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat

Apakah kamu lulusan Kesehatan Masyarakat dan ingin mendapat uang pensiun ketika tua nanti? Nah, menjadi PNS adalah hal yang tepat untuk dipilih. Sudah gajinya terjamin, mendapat uang pensiun, belum lagi tunjangan-tunjangan lain.

Biasanya untuk masalah gaji per bulannya, seorang Pegawai Negeri Sipil berkisar antara 3-5 juta rupiah. Namun tetap tergantung dengan golongan yang ditempati.

Apakah kamu tertarik bekerja di instansi pemerintah?

7. Menjadi Dosen Jurusan Kesmas

Peluang dan Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat

Peluang kerja jurusan Kesehatan Masyarakat selanjutnya adalah anak Kesmas berkesempatan berkarier menjadi seorang dosen.

Namun tentunya juga harus meneruskan pendidikan hingga master. Atau mungkin hingga doktor.

Biasanya gaji seorang dosen berkisar antara. 4 juta sampai 5 juta rupiah. Namun itu belum termasuk tunjangan lain, ya.

Lihat juga: Peluang Kerja Jurusan Sastra Jepang

Setelah Lulus Jurusan Kesehatan Masyarakat

Setelah menjadi sarjana Kesehatan Masyarakat, kamu bisa memilih profesi yang sudah dijelaskan di atas. Namun, masih banyak lagi profesi lain yang bisa ditekuni oleh sarjana Kesehatan Masyarakat.

Kemudian, bagi kalian yang baru lulus SLTA, mulai saat ini tidaj usah ragu lagi untuk mengambil kuliah jurusan Kesehatan Masyarakat. Sebab, lulusan Kesehatan Masyarakat memiliki peluang kerja yang begitu luas.

Demikian beberapa prospek kerja jurusan Kesehatan Masyarakat yang mungkin bisa kamu tempati dan berpotensi menjanjikan di masa depan. Kira-kira setelah lulus nanti, kira-kira kamu ingin menekuni profesi apa nih?

BERI KOMENTAR