7 Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Kebidanan

Prospek kerja jurusan kebidanan sangat terbuka lebar. Berikut ini akan dijelaskan peluang kerja jurusan kebidanan yang paling menjanjikan

7 Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Kebidanan
ilustrasi dari freepik/@macrovector

CEROBOH – Seperti jurusan-jurusan kesehatan lain, jurusan Kebidanan juga termasuk jurusan yang sangat populer di kalangan masyarakat. Jurusan Kebidanan memiliki jobdesk yaitu membantu persalinan kelahiran bayi. 

Selain itu, bidan juga mengontrol dan mendampingi para ibu hamil sejak pertama hamil. Mulai dari memberikan vitamin, konsultasi mengenai kehamilan dan sebagainya.

Mendampingi ibu menyusui, ikut merawat tumbut kembang bayi hingga program KB juga menjadi bagian dari pekerjaan seorang bidan.

Nah, membicarakan mengenai jurusan kuliah, tentunya pembahasannya tidak akan jauh-jauh dengan yang namanya prospek kerja. Sebenarnya, tak hanya menjadi bidan saja. Namun masih ada banyak kesempatan untuk mengembangkan karier di profesi lain. 

Lalu apa saja peluang kerja jurusan Kebidanan setelah lulus nanti? 

Yuk simak beberapa prospek kerja jurusan Kebidanan yang bisa kamu jadikan peluang bagi kamu para lulusan Kebidanan:

1. Menjadi Seorang Bidan

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Kebidanan

Pekerjaan pertama yang tentu saja bisa menjadi peluang untuk para lulusan Kebidanan adalah menjadi seorang bidan. Bisa bidan di Rumah Sakit, bidan di Puskesmas dan mungkin bidan yang ditugaskan di daerah-daerah pelosok. 

Selain tugas bidan membantu kelahiran, tugas lain yaitu mendampingi para ibu hamil dan para ibu menyusui agar tetap terjaga, teratur dan memberi konsultasi mengenai terpenuhinya gizi dengan baik. Baik untuk bumil ataupun untuk bayinya sendiri.

2. Penyuluh Kesehatan Masyarakat

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Kebidanan

Profesi selanjutnya untuk para lulusan Bidan adalah menjadi Penyuluh Kesehatan Pertanian atau biasa disebut Petugas PKM. Tugas utama seorang PKM adalah melakukan penyuluhan kesehatan di daerah tertentu sekaligus mempromosikan hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat.

Intinya,PKM ini memiliki tanggung jawab mengenai hal yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat guna meningkatkan keahlian dan kemampuan masyarakat mengenai kesehatannya.

Selain menjadi penyuluh atau promosi kesehatan, tugas lain PKM yaitu menjadi konsultan, peneliti dan beberapa tugas lainnya.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Filsafat

3. Dosen Kebidanan

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Kebidanan

Tentu saja seorang lulusan Bidan juga berkesempatan berkecimpung di dunia pendidikan. Yaitu menjadi seorang dosen di jurusan Kebidanan. Ini juga merupakan prospek kerja jurusan kebidanan.

Gaji yang diperoleh jika berprofesi menjadi dosen adalah sekitar 4 juta hingga 5 juta rupiah loh. Namun ini belum termasuk tunjangan lain. Jadi mungkin banget lebih dari gaji pokok per bulannya. 

Untuk menjadi dosen, kamu harus meneruskan pendidikanmu hingga jenjang master. Atau mungkin hingga doktor. 

4. Pekerja Sosial Medis

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Kebidanan

Pernahkah kamu mendengar profesi satu ini? Jadi, tugas seorang pekerja sosial medis adalah menjadi konsultan, mendampingi pasien, dan mungkin menjadi orang yang bisa memberikan dukungan moril agar seorang pasien mampu menyelesaikan permasalahan pengobatannya. 

Sebagai konsultan medis, tentunya petugas sosial medis ini juga menampung segala problema pasian baik pasien jalan atau rawat inap. Untuk bisa memberikan saran dan masukan demi kelancaran pengobatannya. 

5. Perawat Baby/Anak-anak

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Kebidanan

Para lulusan Bidan tak menutup kemungkinan untuk berprofesi sebagai pengasuh bayi atau pengasuh anak-anak. Profesi ini cocok sekali bagi kamu yang suka dengan anak-anak. 

Biasanya anak-anak yang dititipkan ke pengasuh ini, orangtuanya sibuk bekerja. Nah, agar tumbuh kembang anak tetap terpantau, baik jasmaniah ataupun rohaniahnya. Para orang tua sengaja mempekerjakan pengasuh untuk menjaga anak-anak mereka. 

Selain itu, pengasuh juga harus memberikan edukasi penuh kepada para orangtua mengenai pengasuhan baby dan anak yang baik. 

6. Bekerja di Klinik Pribadi

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Kebidanan

Prospek kerja jurusan Kebidanan selanjutnya yaitu kamu berkesempatan bekerja di klinik pribadi. Namun untuk membuka klinik, tentunya kamu harus meneruskan pendidikan profesi terlebih dahulu. 

Untuk honor bidan di klinik pribadi tentu saja kamu akan mendapatkan jutaan rupiah. Sebab pasti ada saja kan, ibu hamil atau ibu yang baru melahirkan? 

Apakah kamu lulusan bidan yang tertarik untuk membuka klinik pribadi?

Lihat juga: Peluang Kerja Jurusan Fisika

7. Membuka Pelatihan Senam Persalinan

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Kebidanan

Nah, profesi satu ini sangat cocok buat para lulusan bidan yang hobi berolahraga. Yaitu membuka pelatihan senam persalinan untuk ibu-ibu hamil agar kelak persalinannya lancar. 

Untuk honor seorang pelatih senam ibu hamil, tergantung dengan biaya yang kamu tentukan sendiri. 

Demikian beberapa prospek kerja jurusan Kebidanan yang mungkin bisa kamu jadikan pedoman ketika kamu ingin mencari pengalaman kerja. Semoga membantu dan bermanfaat, ya.

BERI KOMENTAR