7 Prospek Kerja Jurusan Kedokteran Hewan Dan Gajinya

Ada banayak prospek kerja jurusan kedokteran hewan, pada tulisan ini saya jelaskan beberapa peluang kerja kedokteran hewan yang paling menjanjikan.

Prospek Kerja Jurusan Kedokteran Hewan Dan Gajinya
ilustrasi freepik / @macrovector

CEROBOH – Kedokteran hewan mungkin memang tidak sepopuler dengan jurusan kedokteran umum. Namun, karena memang jarang yang minat kuliah di bidang kedokteran hewan, tentu ini menjadi peluang tersendiri.

Karena jarang, tentu pesaing di dunia kerjanya semakin besar. Terlihat dari jumlah dokter hewan yang ada di Indonesia. Minim sekali. Klinik hewan juga masih sedikit.

Sedangkan, saat ini peminat terhadap hewan peliharaan semakin meningkat. Ini merupakan potensi buat kamu yang hendak kuliah jurusan kedokteran hewan.

Apa saja sih peluang kerja jurusan kedokteran hewan?

Berikut ini adalah prospek kerja jurusan kedokteran hewan yang bisa kamu pilih untuk meniti karier:

1. Menjadi Dokter Hewan

Prospek kerja kedokteran hewan yang pertama adalah menjadi dokter hewan. Sudah jelas ya, lulusan kedokteran hewan sudah pasti bisa menjadi dokter hewan.

Kamu bisa menjadi dokter di lembaga pemerintahan atau menjadi dokter hewan mandiri. Yang membuka klinik sendiri.

Menjadi dokter hewan merupakanprofesi yang menjanjikan. Sebab, kamu bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan besar.

2. Menjadi Dosen Kedokteran Hewan

Nah, peluang kerja selanjutnya yang bisa digapai oleh para lulusan kedokteran hewan adalah menjadi dosen atau tenagapengajar di Universitas yang meneydiakan program studi kedokteran hewan.

Menjadi dosen merupakan profesi yang membanggakan. Karena kamu bisa mendidik mahasiswa, dan melahirkan dokter-dokter hewan baru.

Untuk menjadi dosen kedokteran hewan, setidaknya kamu harus menempu S2 bidang kedokteran hewan. Nah, jika sudah S2 maka peluang menjadi dosen, semakin besar.

Lihat juga: Prospek Kerja Jurusan Matematika

3. Menjadi Penyuluh Kesehatan Hewan

Selain ada penyuluh di bidang kesehatan manusia, ternyata ada loh profesi penyuluh terkait kesehatan hewan. Penyuluh ini biasanya pegawai negeri yang ditugaskan negara.

Jadi dengan menjadi penyuluh kesehatan hewan, kamu bisa berkontribusi kepada negara tercinta ini. Untuk membantu meningkatkan kesadaran terhadap kesehatan hewan. Baik itu hewan peliharaan ataupun hewan-hewan ternak.

Menjadi penyuluh kesehatan hewan bisa menjadi profesi yang menyenangkan. Karena kamu bisa bertemu dengan banyak orang. Dan bergaul dengan masyarakat.

4. Menjadi Ahli Peternakan Dan Penangkar Hewan

Lulusan kedokteran hewan bisa menjadi ahli peternakan. Kamu bisa mengembangbiakan hewan ternak dan membuka usaha peternakan.

Atau, seorang lulusan kedokteran hewan juga bisa membuka penangkawan hewan-hewan yang dilindungi. Ini juga merpakan prospek kerja yang baik. Sebab, kamu ikut serta melestarikan hewan-hewan yang sudah langka.

5. Menjadi Teknisi Quality Control

Peluang kerja jurusan kedokteran juga bisa menjadi Quality Control di perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang peternakan.

Saat ini dunia peternakan sedang naik daun. Sehinggapeluang menjadi quality control di perusahan peternakan sangat terbuka lebar.

Seorang quality control di perusahaan peternakan kerjanya adalah menjaga standar kualitas yang sudah ditentukan.

6. Menjadi Ahli Teknologi Kedokteran Hewan

Jika dokter hewan adalah eksekutor yang berperan langsung terhadap kesehatan hewan. Maka ahli teknologi kedokteran hewan adalah profesi yang mendukung dokter hewan.

Seorang ahli teknologi kedokteran hewan bekerja menciptakan teknologi-teknologi kekinian yang bisa membantu dunia kedokteran hewan.

Bagi kamu yang menyukai dunia teknologi dan kedokteran hewan, maka menjadi tenaga ahli teknologi kedokteran hewan merupakan pilihan yang baik.

Baca juga: Peluang Kerja Jurusan Geofisika

7. Menjadi Ahli Epidemiologi Hewan

Terakhir, seorang lulusan kedokteran hewan bisa menjadi ahli Epidemiologi Hewan.

Ahli Epidemiologi berperan terhadap virus, penyakit dan proses penyebarannya yang ada pada hewan.

Profesi ini memang banyak resikonya. Namun jangan disangka, gaji seorang ahli Epidemiologi sangat menjanjikan.

Itulah penjelasan tentang prospek kerja jurusan kedokteran hewan yang paling menjanikan. Setelah lulus kedokteran hewan, kamu bisa memilih salah satunya untuk dijadikan profesi yang kamu minati.

BERI KOMENTAR