7 Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Kedokteran

Ada banyak prospek kerja jurusan kedokteran setela lulus kulia nanti. Berikut ini akan dijelaskan peluang kerja paling menjanjikan.

7 Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Kedokteran

CEROBOH – Menurut penelitian yang ada, jurusan kedokteran saat ini menjadi salah satu program studi yang banyak di minati oleh banyak orang.

Hal ini terlihat dari banyaknya yang mendaftarkan diri ke fakultas kedokteran. Baik di Universitas Negeri ataupun di Universitas swasta.

Tak aneh, jika demikian. Sebab, menjadi seorang dokter merupakan salah satu peluang kerja yang terlihat menjanjikan. Sehingga banyak orang berbondong-bondong mendaftarkan diri di fakultas kedokteran.

Peluang Kerja Jurusan Kedokteran

Namun sebenarnya, lulusan kedokteran tidak hanya berpeluang menjadi dokter. Namun, banyak peluang lain yang bisa kamu duduki.

Lalu, pasti kamu bertanya: apa saja peluang kerja jurusan kedokteran setelah lulus nanti?

Pada kesempatan ini saya akan membahas 7 prospek kerja jurusan kedokteran yang paling menjanjikan:

1. Menjadi Manajer Data Klinis

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Kedokteran

Di dunia kesehatan, tidak akan jauh juga dengan data-data. Seperti data-data kesehatan, data pasien atau data-data lain yang berhubungan dengan dunia kesehatan. Nah, data ini sering disebut dengan data klinis.

Untuk mengumpulkan dan menghimpun daat tersebut, diperlukan seorang yang bekerja di bidang data klinis. Nah, lulusan jurusan kedokteran sangat berpeluang untuk menjadi seorang data klinis. Lebih tepatnya menjadi manajer data klinis.

Menjadi manajer data klinis merupakan prospek kerja yang menjanjikan. Sebab gaji yang diperoleh lumayan besar.

2. Menjadi Tenaga Paramedis

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Kedokteran

Prospek kerja jurusan kedokteran berikutnya adalah menjadi tenaga paramedis.Tenaga paramedis merupakan tenaga kesehatan yang tugasnya menangani pasien yang memerlukan penanganan dengan cepat.

Misalnya, pasien karena kecelakaan, pasien yang cidera atau pasien-pasien yang datang dengan membutuhkan penanganan cepat.

Disinilah tugas paramedis untuk menangani pasien-pasien tersebut. Agar pasien bisa ditolong dan diselamatkan dengan cepat.

Menjadi tenaga paramedis haruslah teliti dan cekatan. Meski demikian, ini merupakan prospek kerja yang menjanjikan. Sebab, gaji seorang tenaga paramedit terbilang lumayan besar.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Hubungan Internasional

3. Menjadi Koordinator Riset Klinis

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Kedokteran

Jika seorang Manajer Data Klinis tugasnya menghimpun data klinis. Maka seorang kordinator riset klinis memiliki tugas mengkordinasikan data-data tersebut agar dapat diverifikasi kebenarannya. Dan tentu, memastikan bahwa pengambilan data tersebut sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Seorang koordinator data klinis biasanya bekerja di bawah lembaga pemerintahan. Dan artinya ia seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tugas utamanya mengawasi semua proyek penelitian di bidang klinis agar berjalan dengan lancar.

Karena pekerjaan ini merupakan PNS, maka bisa dikatakan menjadi seorang koordinator riset klinis merupakan pekerjaan yang menjanjikan.

4. Bekerja di Industri Farmasi

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Kedokteran

Prospek kerja jurusan kedokteran berikutnya adalah bekrja di industri Farmasi. Tentu, tunia farmasi juga membutuhkan seorang ahli yang tau tentang seluk beluk penyakit dan cara mengobatinya. Orang tersebut tidak lain adalah lulusan kedokteran.

Nah, setelah lulus nanti kamu juga bisa bekerja di perusahaan farmasi. Atau, jika tidak bekerja secara langsung. Maka kamu bisa bekerjasama dengan perusahaan farmasi untuk ikut andil mempromosikan produk obatnya kepada pasien.

Ini juga bisa menjadi peluang karier yang menjanjikan lho.

5. Menjadi Jurnalis Kesehatan

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Kedokteran

Saat ini, banyak media yang membahas seputar kesehatan. Ini menjadi peluang tersendiri bagi para lulusan kedokteran untuk bekerja di dunia jurnalis atau media.

Sebab, media yang bergerak di bidang kesehatan, tidak hanya membutuhkan orang yang jago menulis saja. Melainkan, mereka juga memerlukan orang yang benar-benar ahli dan memahami masalah kesehatan dan cara mengobatinya.

Setelah menjadi sarjana kedokteran nanti, kamu bisa bekerja di media atau startup di bidang kesehatan. Dan ini menjadi peluang karier yang sangat menjanjikan.

6. Menjadi Dokter Online

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Kedokteran

Selain menjadi jurnalis, prospek kerja jurusan kedokteran berikutnya adalah menjadi seorang dokter online.

Dokter online merupakan dokter yang bekerja di perusahaan startup yang produknya berupa aplikasi kesehatan. Atau bisa dibilang aplikasi konsultan kesehatan.

Nah, Startup seperti ini tentu sangat membutuhkan keahlian seorang dokter. Untuk menangani berbagai masalah dan keluhan pasien yang menggunakan aplikasi tersebut.

Menjadi dokter online juga bisa dikatakan peluang kerja yang menjanjikan di zaman sekarang ini. Bayarannya lumayan besar lho. Dan juga, kamu bisabekerja dari rumah.

7. Membuka Klinik Pengobatan

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Kedokteran

Terakhir, kamu bisa menjadi seorang pengusaha alias membuka klinik pengobatan sendiri. Membuka klinik pengobatan juga merupakan salah satu keahlian yang dapat menghasilkan penghasilan yang besar.

Selain itu, kamu juga sudah memberikan sumbangsih untuk membuka peluang kerja di dunia kesehatan. Sebab, ketika kamu membuka klinik sudah pasti memerlukan tenaga bantuan. Seperti perawat, atau seseorang yang ahli dibidang farmasi untuk menyiapkan obatnya.

Lihat juga: Prospek Kerja Jurusan Sastra Arab

Setelah Lulus Dari  Jurusan Kedokteran

Setelah lulus nanti, kamu bisa memilih profesi yang paling kamu minati. Ketujuh profesi yang disebutkan di atas, hanyalah sebagian kecil. Karena banyak profesi lainnya yang cocok dengan lulusan Kedokteran.

Nah, untuk kamu yang baru lulus SLTA, nggak usah ragu lagi untuk mengambil jurusan Kedokteran. Sebab, setelah lulus nanti peluang kerjanya sangat terbuka lebar.

Demikianlah pembahasan tentang 7 prospek kerja jurusan kedokteran setelah lulus nanti. Kira-kira kamu berminat menekuni profesi apa nih setelah menjadi sarjana kedokteran?

BERI KOMENTAR