6 Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Kehutanan

Kini, prospek kerja kehutanan mulai terbuka lebar, kamu bisa memilih beberapa peluang kerja jurusan kehutanan yang paling recommended berikut!

Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan Kehutanan
ilustrasi freepik/@freepik

CEROBOH– Pernahkah kamu mendengar jurusan kuliah Kehutanan? Di beberapa universitas negeri di Indonesia seperti ITB, IPB, Unhas, Unram dan masih banyak lagi membuka jurusan Kehutanan loh!

Nah, jurusan Kehutanan sebenarnya mempelajari tentang apa, sih? Well, jurusan Kehutanan sendiri kita akan belajar mengenai manfaat dan juga penggunaan keanekaragaman hayati, teknologi hutan, ekosistem hutan dan juga hal-hal lain yang intinya berkaitan dengan hutan.

Kamu juga akan belajar untuk lebih bisa memanfaatkan hutan dengan baik. Buat kamu yang suka berpetualang di hutan, jurusan Kehutanan pokoknya klop banget deh! Cucok!

Lalu, kalau kita bicara tentang jurusan tentunya tak akan jauh-jauh dari kata pekerjaan ya. Sebenarnya jurusan Kehutanan ini prospek kerjanya tinggi. Namun kadang-kadang ada beberapa orang yang meremehkan, jurusan Kehutanan mau kerja apa?

Jadi, apa saja sebenarnya peluang kerja jurusan Kehutanan setelah lulus kuliah nanti?

Yuk langsung simak saja beberapa prospek kerja jurusan Kehutanan yang mungkin bisa kamu jadikan pedoman ketika kamu ingin mencari pengalaman kerja:

1. Menjadi Teknisi Konservasi Lingkungan

Buat kamu para lulusan Kehutanan, kamu berkesempatan untuk melebarkan kariermu menjadi seorang teknisi konservasi lingkungan. Nah, tugas utama teknisi konservasi ini yaitu melakukan pemantauan penuh dalam kemajuan dan perkembangan suatu lingkungan.

Selain itu, tugas lain seorang teknisi konservasi lingkungan adalah memberikan informasi dan sekaligus memberikan usulan atas solusi yang akan dilakukan ketika suatu lingkungan mengalami sebuah permasalahan.

Untuk menjadi teknisi konservasi, kamu dituntut untuk punya. pengetahuan lebih mengenai cara menjaga kesehatan lingkungan dengan baik. Serta mengelola limbah dengan baik.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Administrasi Negara

2. Menjadi Peneliti di Bidang Bioteknologi

Tahukah kamu bahwa kini bioteknologi. menjadi salah satu bidang yang diminati oleh perusahaan-perusahaan? Yups! Namanya juga peneliti, tentunya kamu akan dituntut untuk bisa menjalankan tugas yang berkaitan dengan penemuan di bidang bioteknologi.

Berkat para peneliti biotekologi, perusahaan menghasilkan produk-produk tanaman yamg unggul. Selain unggul, tentunya gizi yang terkandung di dalamnya baik untuk kesehatan–lebih sehat ketimbang produk makanan pada umumnya.

Untuk gaji seorang peneliti bioteknologi berkisar antara 5 juta hingga 7 juta rupiah. Apakah kamu tertarik?

3. Bekerja di Instansi Pemerintah

Tahukah kamu di beberapa instansi pemerintah seperti Kementerian Lingkungan Hidup juga memberikan kesempatan kepada para lulusan Kehutanan untuk menjadi seorang PNS (Pegawai Negeri Sipil).

Untuk gaji seorang PNS jangan ditanyakan lagi, ya. Gaji pokoknya saja bisa mencapai 4-5 juta rupiah. Dan itu belum termasuk tunjangan lain loh!

4. Bekerja Sebagai Pengrajin Mebel

Prospek kerja jurusan Kehutanan selanjutnya adalah ternyata kamu juga berkesempatan bekerja sebagai seorang pengrajin mebel.

Biasanya pengrajin mebel ini akan membuat furnitur dari kayu seperti rak, lemari, tempat tidur, meja kursi dan furnitur lain yang terbuat dari kayu. Tak hanya dari kayu saja sih. Ada pula yang membuat mebel dengan bahan dasar rotan.

Bagi kamu yang tertarik dengan profesi ini, gaji yang akan kamu dapatkan berkisar hingga 5 juta rupiah. Dan itu tergantung pemesanan dari orang-orang.

5. Berprofesi Sebagai Dosen

Tentu saja lulusan jurusan Kehutanan juga bisa melebarkan sayap kariernya di dunia pendidikan, dengan bekerja sebagai seorang pengajar/dosen di kampus-kampus.

Akan tetapi, syarat utama untuk menjadi seorang dosen adalah dengan melanjutkan kuliah studi S2 atau master. Atau jika memungkinkan, bisa melanjutkan pendidikan doktor atau S3.

Gaji dosen biasanya mulai 5 juta rupiah. Dan belum termasuk honor tambahan lain.

Lihat juga: Peluang Dan Prospek Kerja Jurusan PGSD

6. Bekerja di Perusahaan Tambang

Peluang kerja jurusan Kehutanan berikutnya yaitu bekerja di perusahaan tambang. Di perusahaan tambang, kamu akan bertugas untuk mengembalikan fungsi hutan ke default atau semula.

Jadi itu dilakukan ketika perusahaan tambang telah melakukan pertambangan di suatu daerah hutan.

Untuk gajinya bisa berkisar hingga 7 juta rupiah! Demikian beberapa prospek kerja jurusan Kehutanan yang mungkin bisa kamu jadikan pedoman ketika kamu ingin mencari pengalaman kerja baru. Jadi, udah memutuskan memilih profesi mana?

BERI KOMENTAR